Ada Lawan Baru Carry dari China, Suzuki Tidak Gentar

Ada Lawan Baru Carry dari China, Suzuki Tidak Gentar
24 Dec 2017

SURABAYA – Pabrikan China tidak hanya telah meramaikan pasar kendaraan penumpang di Indonesia, tetapi juga kendaraan komersial. Namun Suzuki sebagai salah satu pemain terbesar di segmen ini tidak gentar hadapi persaingan dari pabrikan baru tersebut.

Pabrikan dimaksud adalah Sokonindo Automobile yang pada tahun ini memasarkan model pick up Sokonindo SuperCab, menjadi pesaing baru bagi Suzuki Carry. Memanfaatkan produksi dalam negeri, SuperCab pun tentu menawarkan harga kompetitif bagi konsumen.

Namun bagi United Motor Center (UMC), salah satu dealer utama Suzuki di Jawa Timur, kehadiran Sokonindo tidak akan menjadi ancaman baru Carry yang telah puluhan tahun dipercaya menjadi andalan di Indonesia. Apalagi, pabrikan China dianggap belum cukup terbukti kualitasnya.

“Aku rasa Jepang berkiprah sudah puluhan tahun untuk diganggu dengan mobil-mobil dari China tidak semudah itu,” kata Prabowo Liga Saputro, Operation Director UMC, saat hadiri Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki di Surabaya, Sabtu (16/12).

“Karena kita ngomong jujur dari mulai awal mereka kan gagal, cuma yang terakhir ini mereka berani investasi, ya mungkin akan tumbuh.

“Kayak contohnya minuman, orang tahunya (merek) Aqua sudah jadi brand image, sudah muncul yang lain Aqua juga jualannya nggak turun, naik terus.”

Selain SuperCab, Carry dalam beberapa tahun ini juga telah kedatangan competitor baru seperti Tata Super Ace dan Daihatsu Hi-Max. tetapi, posisi Carry sebagai pemimpin pasar tidak goyah dengan market share nasional sebanyak 40 persen lebih.

Suzuki rencananya akan meluncurkan versi terbaru untuk Carry pada tahun depan, yang dikatakan memiliki jenis dan konfigurasi posisi mesin baru.