Adira Finance Melakukan Kerjasama Pembiayaan Fasilitas Bersama dengan Bank Commonwealth

Adira Finance Melakukan Kerjasama Pembiayaan Fasilitas Bersama dengan Bank Commonwealth
11 Sep 2014

Pada hari Rabu, 10 September 2014, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (“Adira Finance” atau “Perusahaan”) telah menandatangani perjanjian kerjasama pembiayaan fasilitas bersama dengan PT Bank Commonwealth (“Bank Commonwealth”), anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia yang berbasis di Sydney dan merupakan penyedia jasa keuangan terpadu terbesar di Australia. Selama ini, Perusahaan telah memiliki kerjasama pembiayaan bersama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Melihat adanya peluang ini, Perusahaan pun melakukan kerjasama pembiayaan fasilitas bersama (joint-financing) dengan Bank Commonwealth dengan skema maksimal sebesar 99% dibiayai oleh Bank Commonwealth dan sisanya oleh Perusahaan. Kerjasama ini akan dilakukan selama 2 tahun dengan tersedianya total fasilitas sebesar Rp2 triliun. Adapun tujuan dari pemberian fasilitas pembiayaan bersama adalah untuk mendukung penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor Adira Finance.

“Walaupun kondisi perekonomian belum sepenuhnya kondusif saat ini dan masih adanya bayangan ketidakpastian untuk kedepannya, namun kami yakin bahwa potensi pembiayaan kendaraan bermotor di Indonesia masih menjanjikan sehingga kami tetap berkomitmen dalam mendukung kebutuhan akan pembiayaan kendaraan bermotor bagi konsumen kami. Kami menyambut baik adanya kerjasama ini sehingga ketersediaan pendanaan untuk pembiayaan kami bertambah di tengah ketatnya likuiditas di pasar domestik. Hal ini juga menunjukkan tingkat kepercayaaan yang tinggi kepada Perusahaan di mata komunitas perbankan baik di domestik maupun internasional,” jelas Bapak Willy Suwandi Dharma, Direktur Utama Adira Finance. Adapun, hingga akhir bulan Agustus 2014, Perusahaan telah menyalurkan lebih dari Rp22 triliun pembiayaan baru atas kendaraan bermotor.

“Kerjasama dengan Bank Commonwealth ini merupakan salah satu upaya kami dalam melakukan diversifikasi sumber pendanaan Perusahaan. Tujuannya adalah untuk memperoleh struktur pendanaan yang optimal dan kompetitif. Selama ini, selain pembiayaan bersama dengan Bank Danamon, kami pun memiliki beberapa sumber pendanaan, antara lain pinjaman sindikasi dari perbankan luar negeri, penerbitan obligasi di pasar modal dan pinjaman perbankan lokal. Hingga akhir Semester I-2014, pembiayaan bersama memberikan kontribusi sebesar 37% terhadap piutang pembiayaan yang dikelola Adira Finance, sementara sisanya adalah porsi piutang pembiayaan yang didanai sendiri oleh Perusahaan,” papar Bapak I Dewa Made Susila, Direktur Keuangan Perusahaan.