Baca Rincian Wuling Cortez VS All New Innova, Pilih Kemudian!

Baca Rincian Wuling Cortez VS All New Innova, Pilih Kemudian!
24 Dec 2017

JAKARTA – Memposisikan diri di segmen satu tingkat lebih tinggi dari Confero series, Wuling Cortez memang digadang untuk bertarung dengan pemain lama sekaligus penguasa di segmennya (medium MPV) secara bertahun-tahun, All New Toyota Innova.

Kendati harga jual Cortez belum dirilis, MPV China terbaru ini secara spesifikasi akan langsung menghantam Innova. Namun, jika harganya terpaut jauh lebih murah dari Innova yang berbanderol mulai Rp 402 juta, maka segmen di bawahnya pun bakal kena gerus.

Dalam perkenalannya, Wuling tidak mau tanggung-tanggung melengkapi Cortez saat waktunya nanti siap bertarung. Beragam fitur yang tidak disediakan oleh rivalnya, Wuling secara sigap memberikan tawaran tersebut di Cortez.

Eksterior
Bicara desain memang sangat relatif karena semua orang punya selera masing-masing. Generasi terbaru Innova memang lebih menonjolkan garis-garis tegas dari sebelumnya, juga lebih elegan dengan aksen krom.

Sementara Cortez tampak lebih dinamis, dengan tarikan lancip dan garis “motion” di kedua sisi. Bedanya, Cortez sudah di pasangkan roof rail, dan seluruh pencahayaan pakai lampu LED ditambah rear fog lamp (di bagian bawah bumper) bisa berganti posisi dengan yang ada di pintu bagasi saat dibuka. Innova lampu utamanya masih proyektor.

Bagian kaki-kaki, Innova memberikan pilihan pelek 16 inchi dan tipe tinggi tersemat pelek alloy 17 inci. Cortez hanya memakai pelek berukuran 16 inci, hanya saja semua roda sudah dipasangkan pengereman cakram berventilasi dan Innova untuk roda belakang masih tromol.

Interior
Masuk ke kabin, MPV yang sama-sama berkonfigurasi 7-penumpang ini juga memiliki perbedaan antara keduanya. Desain dasbor sama-sama menganut aura mewah dengan tambahan unsur kayu di sejumlah bagian. Bedanya, Cortez menambahkan ambient light di bagian kolong kabin, sementara Innova menyematkannya di langit-langit.

Audio entertainment touchscreen sama-sama berukuran 8 inchi dengan konektivitas ke smartphone dan kompatibel ke berbagai gadget modern. Pada desain konsol tengah, Cortez terbilang lebih konsistem menjaga kesan mewahnya, aksen kayu dan bentukan bak mobil berkelas serta tambahan ambient light di cup holder dan menghilangkan tuas rem tangan dan menggantinya dengan sistem elektrik (EPB).

Jok baris kedua desain captain seat sudah ditawarkan oleh keduanya, hanya saja Cortez memberikan aksen desain jok yang lebih inovatif. Ditambah pula sunroof, pengaturan elektrik untuk kedua jok depan, lampu khusus bagasi dan USB port hingga baris ketiga, sedangkan Innova tidak ada.

Bicara dimensi, Cortez hanya unggul lebih panjang 45mm (4.780mm vs 4.735mm – Innova), sedangkan lebar dan tinggi masih unggul tipis Innova, lebih lebar 14mm dan tinggi 40mm.

Fitur
Soal keselamatan, keduanya sudah sangat mumpuni dalam meminimalisir cedera pengendara dan penumpang, serta menjamin kenyamanan saat berkendara. Seperti dual SRS airbag, ISOFIX, ABS-EBD, dan brake assist. Juga VSC dan HAC. Termasuk kamera dan sensor parkir.

Bedanya, Innova sudah mengaplikasikan Start/stop engine. Sementara Cortez menambahkan Automatic vehicle holding membantu pengereman otomatis saat menanjak atau menurun.

Powertrain
Untuk performa, Innova jelas lebih unggul karena mengusung dua pilihan mesin bensin 2.0L dual VVT-i dan diesel 2.4L VNTurbo yang dikawinkan transmisi otomatis dengan aksen automatic sport squential shift matic dan manual 5-percepatan. Untuk bensin, tenga yang dihasilkan mencapai 147 Hp dengan torsi 360 Nm yang terselarurkan ke sistem penggerak roda belakang.

Sedangkan Cortez didukung mesin bensin 1.8L VVT-i bertenaga 129 Hp dan torsi 174 Nm dan didistribusikan dari pilihan sistem transmisi intellegent-AMT dan manual 5-percepatan ke roda penggerak depan. Pada kombinasi ini, efisiensi bahan bakar akan lebih baik didapat oleh Cortez, namun ini hanya dalam perhitungan di atas kertas.