Butuh Dana? Pakai Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Saja

Butuh Dana? Pakai Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Saja
18 Sep 2020

Sahabat yang saat ini membutuhkan dana tunai yang cepat, sepertinya bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pinjaman online bunga rendah. Apalagi di tengah meningkatnya korban Covid-19 di Indonesia, tetap berada di rumah merupakan hal paling baik yang bisa dilakukan untuk menekan laju penyebaran virus. Untuk memenuhi kebutuhan finansial, Sahabat bisa menggunakan aplikasi pinjaman online.

Hingga saat ini, terdapat ratusan lembaga finansial teknologi atau Fintech yang resmi menancapkan bisnisnya di Indonesia. Ada yang berasal dari luar negeri dan banyak pula yang berasal dari dalam negeri. Sahabat tinggal pilih, mau menggunakan aplikasi pinjaman online bunga rendah yang mana.

Masifnya pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia menjadi salah satu katalis positif dalam pertumbuhan bisnis pinjaman online. Hingga saat ini terdapat 161 lembaga Fintech yang sudah resmi terdaftar di OJK.

Diluar itu, juga terdapat lembaga keuangan lainnya yang sudah mengantongi izin untuk menyalurkan kredit lewat aplikasi pinjaman online bunga rendah. Hal itu sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 77.

Peraturan tersebut menjadi dasar hukum bagi lembaga keuangan bisa menjalankan bisnisnya secara online. Mulai dari tata cara, hingga pedoman pelaksanaan bisnisnya diatur dalam POJK tersebut. Nah selain itu, OJK juga sudah memberikan batasan suku bunga yang bisa didapatkan oleh Sahabat selaku nasabah.

Suku bunga yang diizinkan oleh OJK bagi para lembaga keuangan digital itu, maksimum 0,8% per hari. Sahabat bisa hitung sendiri total bunganya per bulan ya. Tetapi melihat kemudahan yang diberikan, fasilitas aplikasi pinjaman online bunga rendah ini tetap menjadi primadona bagi banyak kalangan.

Apalagi yang membutuhkan dana tunai dengan cepat, hadirnya fasilitas itu akan sangat membantu keuangannya. Nah berikut merupakan 5 manfaat yang bisa Sahabat dapatkan dengan menggunakan aplikasi pinjaman online bunga rendah.

1. Proses yang mudah

Sesuai dengan namanya, aplikasi pinjaman online bunga rendah, Sahabat bisa mendapatkan fasilitas kredit tanpa hanya dengan mengaksesnya melalui ponsel pintar. Sebelumnya tentu Sahabat harus mengunduh aplikasi dari lembaga keuangan yang dipercayai.

Setelah itu, proses yang biasanya harus dijalani secara tatap muka, tidak lagi dilakukan. Sahabat bisa langsung mengisi data diri, mengunggah foto pendukung. Biasanya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Keluarga (KK) dan juga slip gaji selama 3 bulan terakhir.

Umumnya, Sahabat juga akan diminta memberikan foto diri sambil memegang KTP. Tujuannya adalah untuk memverifikasi kesamaan data yang dilampirkan dengan Sahabat sebagai calon debitur.

Sahabat tidak perlu lagi menerobos macetnya jalanan demi mendapatkan layanan keuangan. Selain itu, suku bunga yang ditawarkan juga langsung bisa dibandingkan dengan lembaga keuangan yang lain.

Saat ini terdapat beberapa layanan keuangan yang menyediakan jasa itu secara gratis. Sahabat hanya perlu mengaksesnya di website ataupun melalui aplikasi.
Selain itu Sahabat juga bisa langsung melakukan simulasi kredit. Jadi langsung terlihat berapa cicilan Sahabat per bulannya dari total dana yang diajukan.

2. Pencairan lebih cepat

Karena sudah menggunakan sistem secara digital. Proses verifikasi dokumen juga sudah dilakukan secara online. Meskipun begitu, tenaga orang masih diperlukan untuk melakukan identifikasi dari sisi hubungan manusianya.

Karena sebagian proses sudah mengalami otomasi, alhasil proses pencairan bisa menjadi lebih cepat. Rata-rata waktu pencairan kredit melalui aplikasi pinjaman online bunga rendah sekitar 1 hingga 3 hari. Dana kredit yang Sahabat inginkan juga akan langsung masuk ke rekening yang ditunjuk.

Jadi Sahabat tidak perlu membawa uang tunai untuk kemudian menaruhnya di bank. Hal itu akan memperkecil risiko keamanan yang harus dihadapi oleh Sahabat.

3. Praktis

Dalam proses pengajuan pinjaman lewat aplikasi pinjaman online bunga rendah, Sahabat bisa dengan mudah mengunggah data yang kurang. Biasanya, customer service dari lembaga keuangan yang dipercaya akan langsung menghubungi Sahabat langsung.

Proses pengiriman dokumennya juga bisa dilakukan melalui platform jejaring sosial. Sahabat hanya tinggal klik, klik dan send, semua dokumen yang dibutuhkan bisa langsung diterima dan diverifikasi oleh tim yang berwenang.

Sehingga Sahabat dapat dengan mudah mengajukan pinjaman di tengah aktivitas yang padat.

4. Bisa langsung digunakan

Dalam hal pencairan dana kredit, Sahabat yang menggunakan aplikasi pinjaman online bunga rendah bisa mengukur waktu pencairan dananya. Pun jika Sahabat sudah memiliki janji untuk membayar pasokan bahan baku untuk bisnis, bisa diatur untuk langsung mentransfernya begitu dana cair.

Proses pengajuannya juga bisa dipantau secara online. Sudah sejauh mana aplikasi pengajuan kredit Sahabat. Oleh karena itu, sambil menunggu dana cair, Sahabat bisa tetap menjalankan proses pra-bisnis.

Seperti mencari bahan baku, menentukan tema tempat usaha dan lain sebagainya. Untuk proses pembayarannya bisa dilakukan langsung saat dana sudah masuk di rekening.

Jenis pinjaman seperti ini memang sangat cocok untuk dijadikan modal awal dalam berbisnis. Mudah dan cepatnya proses pengajuan juga pencairan dana menjadi salah satu alasannya. Karena dalam urusan bisnis, kecepatan memang nomor satu.

5. Data aman

Karena sifatnya online, sistem keamanan yang sudah disiapkan oleh lembaga keuangan tidaklah sembarang. Data Sahabat menjadi lebih aman dan rahasia. Karena di sistem pengoperasiannya, bisa diatur posisi apa saja yang bisa mengakses data nasabahnya.

Setiap data baik fisik maupun online yang diberikan bisa langsung diproteksi sehingga kemungkinan terjadi kebocoran data lebih kecil. Hal itu sesuai Undang-Undang Bank Indonesia tentang kerahasiaan data nasabah. Jika terjadi bocor, lembaga keuangan yang dimaksud bisa diganjar hukuman.

Itu mengapa, lembaga keuangan yang menyediakan aplikasi pinjaman online bunga rendah menginvestasikan dana yang tidak sedikit untuk perangkat keamanannya. Selain itu, Sahabat juga bisa mendapatkan bunga yang lebih rendah dibanding pinjaman konvensional.

Namun perlu diingat dikarenakan dana yang Sahabat dapatkan adalah dana pinjaman, maka gunakanlah untuk sektor produktif agar Sahabat bisa mendapatkan keuntungannya. Jadi bijaklah dalam menggunakan dana pinjaman.