Cara Asyik Dapatkan Kredit Motor Syariah

Cara Asyik Dapatkan Kredit Motor Syariah
03 Sep 2020

Kebutuhan kendaraan roda dua bagi masyarakat perkotaan membuat penjualan sepeda motor melonjak dari tahun ketahun. Harganya yang relatif murah dan kemampuannya dalam menerjang kemacetan ibukota menjadikan sepeda motor sebagai primadona bagi semua kalangan.
Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1893, sepeda motor langsung menyita perhatian banyak pihak. Bentuknya yang sederhana namun gesit saat dikendarai membuat masyarakat tertarik untuk memilikinya. Namun saat itu, motor yang hadir merupakan kendaraan hasil pabrikan Jerman, Hildebrand und Wolfmüller. Baru kemudian di abad ke 19, mulai bermunculan merek kuda besi lainnya. Saat itu, negeri ini masih belum memiliki perusahaan manufaktur otomotif yang mampu memproduksi sepeda motor, alhasil hanya segelintir orang saja yang mampu mengendarainya.

Lain dulu lain sekarang, saat ini populasi sepeda motor di Indonesia sudah mencapai angka ratusan juta unit. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga akhir tahun 2019, jumlah sepeda motor di negeri ini tembus 100 juta unit. Kamu bisa menjadi bagian dari jumlah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fasilitas kredit motor syariah atau yang biasa kita kenal dengan Pembiayaan Motor Syariah. Dengan begitu, kamu tidak hanya mendapatkan kenyamanan berkendara saja, tetapi juga kenyamanan saat mengelola keuangan dan yang terpenting transaksinya halal.

Mengapa Harus Kredit Motor Syariah (Pembiayaan Motor Syariah)?

Perkembangan industri syariah di Indonesia terus menunjukkan tren yang menanjak. Apalagi, mayoritaspenduduk di negeri inimemeluk agama islam. Kemunculan industri syariah sendiri sudah menancap belasan tahun di Indonesia. Jadi, kamu sekarang bebas menikmati kemudahan dalam industri syariah, termasuk untuk kredit motor Syariah.

Skema kredit motor Syariah yang umumnya diterapkan oleh Lembaga pembiayaan dalam menjalankan bisnis pembiayaan Syariah adalah skema murabahah yakni akad jual beli dengan tegaskan untung. Dengan skema tersebut, maka harga yang ditawarkan menjadi transparan. Kamu bisa mengetahui berapa margin keuntungan yang diambil oleh lembaga pembiayaan ataupun lembaga keuangan lainnya. Selain Itu, kamu juga bisa mendapatkan besaran cicilan yang tetap alias flat. Jadi kamu bisa melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik. Yang terpenting adalah, Kredit Motor Syariah memberikan jaminan transaksi yang halal bagi kendaraan kamu. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan skema yang ditawarkan.

Cara mendapatkan kredit motor syariah

Untuk Mendapatkan Fasilitas kredit motor syariah , kamu perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

1. Kamu harus berusia minimal 21 tahun

Sesuai dengan Undang – Undang, seseorang baru dinilai cakap secara hukum, ketika usianya sudah menginjak 21 tahun. Karena di usia tersebut kamu dianggap sudah mengerti kaidah hukum dan norma yang berlaku di negeri ini.

Dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat untuk mengajukan Kredit Motor Syariah adalah KTP, Kartu Keluarga (KK) dan bukti tempat tinggal. Jika kamu berprofesi sebagai karyawan di suatu perusahaan atau instansi, kamu harus melengkapi dengan slip gaji atau rekening koran selama 3 bulan terakhir. Selain itu salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) juga wajib melampirkan.

2. Usia Maksimal 60 tahun saat pelunasan

Selain harus memenuhi batas minimal usia, ada juga batas usia maksimal yang perlu kamu tahu. Untuk Bisa Mendapatkan Kredit Motor Syariah , kamu yang berstatus sebagai karyawan harus berusia maksimal 55 tahun saat pembayaran lunas. Sedangkan untuk kalangan Profesional dan wiraswasta berusia maksimal 60 tahun saat pembiayaan lunas.

Jadi selagi muda, kamubisamanfaatkan program ini untuk bisa tampil nyaman dan aman.

3. Usia motor maksimal 12 tahun

Motor yang kamu idamkan bisa jadi adalah motor yang sudah masuk dalam kategori antik. Meskipun begitu, dengan Kredit Motor Syariah kamu tetap bisa mendapatkannya asal usia motor yang diinginkan maksimal 12 tahun hingga pembiayaan mu lunas.

Unit yang bisa kamu dapatkan mulai dari motor bebek, scooter hingga motor sport yang memiliki kapasitas mesin 500 cc.

4. Jaga kedisiplinan pembayaran angsuran

Untuk bisa mendapatkan akses pembiayaan dan lembaga keuangan, hal vital yang perlu kamu ketahui adalah rekam jejak atas kualitas pembiayaan. Kamu yang selama ini memiliki kebiasaan baik membayar angsuran pembiayaan apapun secara tepat waktu, bisa lebih mudah mendapatkan pembiayaan dibanding mereka suka terlambat membayar angsuran.

Karena data kredit /pembiayaan kamu seluruhnya tertanam di data Bank Indonesia (BI), Pefindo dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Mulai dari data pembayaran kartu kredit, data pembayaran cicilan kredit pemilikan rumah (KPR), data pembayaran cicilan kredit pemilikan mobil (KPM) dan data kredit/pembiayaan lainnya.

Jadi agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan Kredit Motor Syariah , pastikan bahwa namakamu aman di sistem BI Checking, PEFINDO maupun SLIK.

Selain itu, dengan menjaga kebiasaan positif tersebut, peluang kamu untuk mendapatkan akses keuangan lainnya menjadi lebih besar. Itu karena kamu Dikenal Sebagai Nasabah yang disiplin dan memiliki karakter yang baik.