Home / Berita Terbaru

10 Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh

10 Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh

02 Juli 2021 | Penulis : Adira Finance

Memori internal smartphone yang terlalu penuh pasti akan mengganggu ya, Sahabat? Saat kondisi ini muncul, mungkin berbagai cara agar penyimpanan tidak penuh sudah Sahabat lakukan, supaya smartphone bisa menyimpan file-file kembali. Sebab, memori ini layaknya sebuah otak yang bila penuh maka akan memperlambat kinerja smartphone tersebut. 

Namun, pada beberapa kondisi, ada pula memori smartphone yang tiba-tiba penuh padahal Sahabat sudah menghapus foto dan aplikasi yang ada. Mengapa hal ini terjadi? Nah, supaya Sahabat tidak kebingungan, berikut ini beberapa cara agar penyimpanan tidak penuh pada smartphone android.

Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh pada Android

Bagi Sahabat yang menggunakan smartphone android, ada beberapa cara agar penyimpanan tidak penuh yang bisa Sahabat lakukan sendiri. Cara agar penyimpanan tidak penuh ini penting dilakukan, supaya smartphone Sahabat bisa berfungsi dengan baik tanpa ada kendala apapun. Berikut ini 10 cara agar penyimpanan tidak penuh pada smartphone Android, antara lain: 

  1. Bersihkan file junk dan cache 

    Cara agar penyimpanan tidak penuh yang bisa Sahabat lakukan pertama kali adalah bersihkan data atau file junk dan cache di dalam smartphone. File ini bisa disebut sebagai ‘sampah’ yang memenuhi memori smartphone. File tak penting ini selalu muncul meski sudah dibersihkan. Cara agar penyimpanan tidak penuh yang paling ampuh yaitu selalu rutin membersihkan atau menghapus file junk dan cache. Aturlah jadwal Sahabat untuk membersihkan file tersebut, agar smartphone bisa terhindar dari penumpukan file junk dan cache. 

  2. Hapus aplikasi bloatware atau bawaan 

    Aplikasi bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang sejak pertama kali Sahabat membeli smartphone. Namun sayangnya, sebagian besar aplikasi bawaan tidak terlalu memiliki fungsi yang penting, sehingga seringnya aplikasi tersebut hanya memenuhi memori internal dari smartphone. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mengetahui cara agar penyimpanan tidak penuh dengan menghapus aplikasi bawaan dari smartphone. Akan tetapi, jika tidak bisa dihapus, Sahabat bisa menonaktifkan aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah, Sahabat buka bagian “pengaturan”, lalu tekan bagian “aplikasi”, kemudian pilih bagian “semua”, dan pilih aplikasi yang ingin Sahabat matikan, lalu tekan pilihan “nonaktifkan”.

  3. Hindari install aplikasi yang berat

    Sahabat hobi main games? Atau hobi install berbagai macam aplikasi media sosial dan edit foto? Hati-hati, kebiasaan ini bisa memenuhi memori smartphone lho. Sebab, aplikasi yang berat biasanya memiliki grafis yang tinggi. Artinya, aplikasi tersebut membutuhkan banyak file gambar dengan ukuran yang sangat besar. Hal inilah yang bisa memenuhi memori dan memperlambat kinerja smartphone. Maka dari itu, cara agar penyimpanan tidak penuh selanjutnya yaitu hindari install aplikasi yang berat. Pastikan meng-install aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari memori, serta RAM smartphone Sahabat.

    Baca juga: Butuh Pinjaman Dana? Ini Syarat dan Tips Agar Cepat Cair

  4. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan

    Cara agar penyimpanan tidak penuh ini sebenarnya mirip dengan cara sebelumnya. Sebaiknya Sahabat uninstall aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Semakin banyak aplikasi, maka semakin penuh juga memori internal smartphone. Oleh karenanya, coba perhatikan kembali, apakah aplikasi-aplikasi yang Sahabat install memang sering digunakan atau tidak? Selain itu, sebaiknya Sahabat hindari meng-install beberapa jenis aplikasi dengan fungsi yang hampir sama, seperti aplikasi edit foto atau video. 

  5. Matikan auto-download dari aplikasi Messenger 

    Cara agar penyimpanan tidak penuh selanjutnya yaitu mematikan auto-download dari aplikasi messenger, seperti WhatsApp dan aplikasi sejenis lainnya. Jika tidak dinonaktifkan, maka segala foto atau video akan langsung masuk ke memori internal. Sebaiknya matikan fitur tersebut agar penyimpanan smartphone tidak penuh.

  6. Backup chat dan media Messenger ke Google Drive 

    Sahabat bisa melakukan cara agar penyimpanan tidak penuh dengan mem-backup chat dan media messenger ke aplikasi Google Drive. Selain terhindar dari memori yang penuh, cara ini juga dapat membantu Sahabat untuk menyimpan chat-chat yang penting dan dibutuhkan suatu saat nanti. Dengan cara back up, Sahabat tidak perlu khawatir chat-chat terhapus, karena sudah otomatis tersimpan ke Google Drive. 

  7. Gunakan SD Card sebagai Memori Penyimpan Media

    Meskipun sebagian besar SD Card tidak bisa lagi digunakan untuk menyimpan aplikasi, tetapi sebaiknya Sahabat perlu menggunakan memori eksternal ini untuk menyimpan media berupa foto, video, musik, dan sejenisnya. Selain sebagai cara agar penyimpanan tidak penuh, cara ini juga membuat kapasitas media smartphone pun semakin banyak. 

  8. Gunakan Cloud Storage 

    Cloud storage merupakan media penyimpanan file berbasis digital atau online yang mengandalkan koneksi internet untuk mengakses datanya. Ini adalah salah satu cara agar penyimpanan tidak penuh yang bisa Sahabat lakukan. Penggunaan cloud storage memang dapat menguras kuota internet lebih besar dari biasanya. Akan tetapi, cloud storage terbukti sangat membantu untuk mengurangi beban smartphone. Selain itu, file Sahabat pun bisa diakses kapan saja, bahkan bisa diakses melalui komputer. 

    Baca juga: 6 Tips Memulai Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

  9. Manfaatkan Fitur Streaming 

    Sahabat hobi menonton film? Nah, saatnya manfaatkan fitur streaming sebagai cara agar penyimpanan tidak penuh. Saat ini sudah banyak layanan aplikasi atau situs streaming legal yang menyediakan nonton film dengan berbasis internet. Nah, sebaiknya Sahabat manfaatkan layanan streaming ini dibandingkan harus mengunduh film yang dapat memenuhi memori smartphone. 

  10. Install aplikasi cleaner dan anti virus

    Cara agar penyimpanan tidak penuh yang tak boleh dilewatkan yaitu rutin membersihkan smartphone menggunakan aplikasi cleaner dan anti virus. Aplikasi-aplikasi ini bisa membersihkan sekaligus menjaga smartphone dari virus atau malware. Aplikasi cleaner bisa menghilangkan sampah dan file tidak penting. Sementara, anti virus bisa mencegah file-file dan virus masuk ke dalam sistem smartphone.

Itulah beberapa cara agar penyimpanan tidak penuh pada Android. Sahabat bisa melakukan cara-cara ini dengan mudah. Namun, jika cara-cara tersebut sudah dilakukan, namun memori smartphone tetap penuh, sebaiknya Sahabat mengganti smartphone dengan penyimpanan dan RAM yang lebih tinggi. Perhatikan terlebih dahulu spesifikasi dan kualitas smartphone sebelum beli. Selain itu, sebaiknya Sahabat juga membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan. Untuk mempermudah Sahabat, saat ini sudah banyak kemudahan dalam membeli smartphone yang diinginkan lho. 

Salah satu caranya dengan memanfaatkan layanan kredit HP yang telah disediakan oleh perusahaan pembiayaan. Namun, Sahabat juga harus memilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), agar proses pengajuan dan pembayaran kreditnya berjalan dengan lancar. Bahkan, Sahabat bisa menggunakan layanan kredit hanya dengan menggunakan smartphone saja, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur layanan pinjaman dana, salah satunya layanan kredit elektronik dan furnitur.

Layanan kredit ini memudahkan Sahabat untuk membeli alat-alat elektronik dan furnitur idaman. Berikut ini beberapa jenis barang yang dapat dibiayai, di antaranya:

  • Elektronik: home appliance, au-vi, kamera
  • Furnitur: spring bed, sofa, meja, kursi, lemari
  • Komputer: desktop pc, laptop
  • Gadget: smartphone, tablet
  • Barang lainnya: sepeda, generator listrik, alat fitnes, dan lain sebagainya 

Dengan menggunakan aplikasi Adiraku, proses pengajuan dan pencairan pinjaman dana akan lebih mudah tanpa harus keluar rumah. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN