Home / Berita Terbaru

10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ribet

10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ribet

20 Mei 2021 | Penulis : Adira Finance

Saat memulai sebuah usaha, ada banyak hal yang perlu Sahabat persiapkan. Setelah memiliki ide dan perencanaan usaha, kini saatnya Sahabat memikirkan cara untuk mendapatkan modal usaha. Sebenarnya modal usaha bukan faktor utama dalam merintis sebuah bisnis, ada pula bisnis rumahan yang bisa dijalankan meski tanpa modal, yaitu dengan menjadi reseller atau dropshipper. Namun, sebagian bisnis memerlukan modal usaha yang memadai agar berjalan sebagaimana mestinya. Sebab, menyediakan dan mempromosikan suatu produk tentu membutuhkan modal yang mencukupi agar bisnis yang Sahabat jalani semakin dikenal oleh banyak orang hingga mendapatkan konsumen yang membeli produk tersebut. Sahabat tidak perlu khawatir saat memikirkan modal usaha karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara mendapatkan modal usaha yang mudah dan tanpa ribet. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya sampai selesai ya!

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha?

  1. Tabungan pribadi

    Cara yang paling umum untuk mendapatkan modal usaha yaitu dengan menggunakan tabungan pribadi. Namun, cara ini tidak bisa digunakan sebagian orang karena jumlah dana di tabungannya kurang memadai. Ada pula orang yang menabung untuk dana pensiun, dana pendidikan, hingga membeli kebutuhan mendesak lainnya, sehingga dananya tidak mencukupi untuk dijadikan modal usaha. Sahabat tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut karena ada cara lain yang bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan modal usaha. 

  2. Pinjaman kepada keluarga atau teman

    Modal usaha bisa Sahabat dapatkan dari pinjaman keluarga atau teman dekat. Jika ingin meminjam dengan cara ini, Sahabat harus memastikan perjanjian antara kedua belah pihak berjalan dengan hubungan yang baik. Ini penting dilakukan agar terhindar dari kemungkinan buruk mengenai adanya tenggat waktu tagihan yang bisa saja tidak tentu. Buatlah skema pinjaman dengan cara profesional yang mencakup informasi jumlah dana, batas tenggat waktu, keuntungan atau pengembalian yang didapatkan oleh pihak keluarga atau saudara. 

  3. Menjual aset

    Jika dana di dalam tabungan kurang memadai dan tidak mendapat pinjaman dari kerabat, cara lain yang bisa Sahabat lakukan adalah menjual aset yang berdaya jual tinggi. Cara ini bisa dilakukan jika Sahabat memiliki aset yang bisa dijual kembali, seperti properti perhiasan, kendaraan bermotor, atau barang elektronik. Namun, cara ini perlu pengorbanan yang cukup besar, apalagi jika Sahabat hanya memiliki satu aset. Selain itu, pastikan juga untung dan rugi dalam penjualan aset tersebut agar hasilnya menjanjikan untuk dijadikan modal usaha. 

  4. Menggadaikan aset

    Sahabat bisa menggadaikan aset di perusahaan gadai untuk mendapatkan modal usaha. Biasanya aset yang bisa digadaikan berupa emas, BPKB, barang elektronik, dan lainnya. Saat Sahabat sudah sanggup melunasi, maka aset tersebut dapat ditebus kembali. Pilihlah perusahaan gada yang sudah legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perlu Sahabat ketahui, biasanya jangka waktu pinjaman yang diberikan oleh perusahaan gadai tidak sepanjang tenor yang diberikan oleh lembaga keuangan lainnya. 

  5. Mencari rekan bisnis

    Perkuat ide dan perencanaan bisnis untuk mendapat rekan yang menjanjikan. Selain menambah modal usaha, rekan bisnis juga bisa bekerjasama untuk mencari ide-ide kreatif agar demi kemajuan bisnis yang dijalani. Namun, cara ini juga memiliki kekurangan yang perlu Sahabat perhatikan lho. Saat mencari rekan bisnis, sebaiknya Sahabat harus menemukan orang yang memiliki visi dan misi yang sama untuk mengembangkan bisnis tersebut. Bekerja dengan rekan bisnis memang tak mudah, akan ada perdebatan atau perbedaan pendapat yang akan terjadi di tengah-tengah perjalanan. Oleh karena itu, pilih rekan yang tepat agar bisnis dapat berkembang lebih cepat. 

  6. Mendapatkan modal usaha dari konsumen

    Pada model bisnis tertentu, Sahabat bisa mendapatkan modal usaha dari konsumen lho. Beberapa model bisnis yang menjalani sistem ini di antaranya reseller, dropshipper, jualan dengan sistem pre order, atau jasa titip. Untuk sistem reseller dan dropshipper, biasanya bisnis dapat dilakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sedikit pun. Sedangkan, sistem jualan pre order bisa mendapat modal dari uang muka yang dibayar oleh konsumen. Setelah pesanan selesai, barulah konsumen melunasi produk pre order tersebut. 

  7. Ikut program pendukung UKM

    Program pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa menjadi salah satu cara mendapatkan modal usaha. Banyak lembaga pemerintahan maupun swasta yang menawarkan fasilitas ini demi memajukan para pelaku UKM demi memajukan produk lokal. Kebanyakan program ini tidak hanya menyalurkan modal usaha saja, tetapi juga melakukan pelatihan dan pendampingan untuk merintis usaha dari nol. 

  8. Pinjaman online 

    Saat ini banyak orang yang mulai melirik pinjaman online untuk melakukan transaksi, tak terkecuali saat mencari modal untuk usaha. Meskipun terbilang cukup mudah dan praktis, Sahabat tetap harus hati-hati karena sudah banyak laporan yang masuk ke OJK mengenai lembaga pinjaman online yang ilegal dan merugikan banyak konsumen. Pastikan memilih lembaga keuangan yang sudah legal dan kredibel agar keamanan data dan dana dapat terjaga. 

    Baca juga: 10 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan untuk Pemula

  9. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

    Kredit Tanpa Agunan (KTA) di lembaga perbankan bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan modal bisnis. Jika tertarik menggunakan layanan KTA, Sahabat harus cermat untuk mengetahui berapa besaran suku bunga yang diberikan. Hindari memilih layanan KTA dengan suku bunga yang sangat tinggi, karena akan menyulitkan saat proses pembayaran. Kekurangan layanan ini adalah pemberian pinjaman hanya berlaku untuk para nasabah yang sudah memiliki rekening di bank tersebut. 

  10. Kredit multiguna

    Tahukah Sahabat salah satu cara mendapatkan modal usaha yang relatif mudah, aman, dan proses cepat adalah layanan kredit multiguna. Dengan Kredit Multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Cara ini cukup mudah digunakan karena aset tersebut tetap bisa digunakan untuk mendukung mobilitas dan memperluas usaha yang dikembangkan. Sahabat bisa menggunakan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Tentunya dengan suku bunga yang sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulannya. 

Apa Saja yang Harus Disiapkan Saat Memulai Usaha?

Selain menentukan modal usaha, Sahabat juga perlu mempersiapkan hal-hal lain yang dapat menunjang keberhasilan suatu bisnis hingga jangka panjang. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat memulai suatu usaha, di antaranya: 

  • Pilih jenis usaha dan produk
  • Analisis kompetitor
  • Tentukan target pasar
  • Tentukan strategi usaha
  • Tentukan sumber pendanaan
  • Pahami nilai jual produk
  • Gunakan promo yang menarik
  • Kreatif dan inovatif 
  • Konsisten dan komitmen
  • Mengurus izin usaha

Nah, itulah cara mendapatkan modal usaha dan hal-hal yang harus disiapkan Sahabat saat merintis sebuah bisnis. Sekarang sudah banyak informasi mengenai cara memulai bisnis online maupun bisnis offline yang bisa Sahabat pelajari dengan mudah. Persiapkan juga segala kebutuhannya dengan matang agar bisnis yang dijalani bisa lancar sesuai dengan target yang diharapkan. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN