Home / Berita Terbaru

10 Cara Merakit Komputer Sendiri di Rumah, Sudah Coba?

10 Cara Merakit Komputer Sendiri di Rumah, Sudah Coba?

30 September 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat ingin tahu cara merakit komputer sendiri di rumah tetapi bingung harus bagaimana? Eits, tenang ya, karena sebenarnya Sahabat bisa merakit sebuah PC (personal computer) demi mendapatkan komputer idaman. Untuk mendapatkan PC idaman, terkadang membeli komputer lengkap yang langsung jadi dan siap pakai tidak cocok bagi sebagian orang. Itulah sebabnya, sebagian orang mencari cara merakit komputer sendiri di rumah. 

Dengan mengetahui cara merakit komputer sendiri, maka Sahabat bisa jauh lebih puas untuk mendapatkan PC sesuai harapan. Sebab, cara merakit komputer dari awal hingga selesai membutuhkan persiapan yang cukup matang, mulai dari pemilihan komponen yang tepat, mendesain, dan lain sebagainya sampai sebuah komputer berfungsi sebagaimana mestinya. 

Bagi Sahabat yang belum pernah mencoba cara merakit komputer, di artikel ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah yang bisa Sahabat lakukan dari awal. Yuk, simak perlengkapan yang perlu disiapkan dan cara merakit komputer dengan benar. 

Cara Merakit Komputer Sendiri di Rumah

Berikut ini beberapa cara merakit komputer sendiri di rumah yang bisa Sahabat lakukan, antara lain: 

  1. Pasang prosesor ke motherboard 

    Cara merakit komputer yang pertama yaitu dengan memasang prosesor pada motherboard. Motherboard merupakan sebuah hardware yang sangat penting pada bagian komputer, hardware ini sebagai papan tempat untuk menghubungkan semua perangkat komputer lainnya. 

    Sebenarnya ada banyak tipe dan merek motherboard yang ada di pasaran, tetapi Sahabat perlu memastikan bahwa motherboard yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk bisa memasang motherboard dengan tepat, Sahabat harus mengacu pada tanda yang ada di pojok kiri bawah bagian prosesor dan socket. 

  2. Pasang motherboard ke casing 

    Saat Central Processing Unit (CPU) sudah terpasang pada motherboard seperti langkah pertama, maka cara merakit komputer selanjutnya yaitu pasang motherboard di casing CPU tersebut, cara pemasangan motherboard ke casing sebenarnya cukup mudah lho. 

    Sahabat cukup memasangnya sesuai dengan posisi port dengan casing, biasanya prosesor akan selalu berada di bagian atas untuk casing tower. Lalu, Sahabat dapat melubangi di setiap bagian sekrup ke casing dan pastikan agar terpasang dengan kuat.

  3. Pasang heatsink prosesor

    Cara merakit komputer yang ketiga yaitu dengan memasang heatsink prosesor. Heatsink adalah sebuah perangkat hardware komputer berupa aluminium yang berfungsi untuk mendinginkan sistem komputer setelah digunakan. Sebagian besar heatsink biasanya disertai pula kipas sebagai komponen pendingin.

    Akan tetapi, ada pula heatsink yang tidak disertai kipas. Itulah sebabnya, Sahabat perlu lebih cermat menggunakan heatsink, sebaiknya gunakan heatsink yang sudah disertai kipas agar mempermudah cara merakit komputer. 

  4. Pasang RAM ke motherboard 

    Pada langkah selanjutnya dari cara merakit komputer yaitu Sahabat perlu memasang RAM ke motherboard. RAM atau Random Access Memory merupakan perangkat hardware komputer yang membantu prosesor agar bekerja dengan stabil. Selain itu, RAM juga berperan sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum data-data diproses.

    Saat melakukan cara merakit komputer, pastikan Sahabat memilih jenis RAM yang sesuai. Sebab, ada beberapa jenis RAM yang bisa dipilih berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Rata-rata komputer yang digunakan pada umumnya menggunakan RAM jenis DDR3. Namun, untuk komputer atau PC gaming menggunakan RAM yang berbeda karena membutuhkan performa yang lebih tinggi lagi. 

    Baca juga: 6 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

  5. Pasang power supply 

    Power supply adalah sebuah perangkat yang dapat mengubah arus listrik yang akan masuk ke komputer dari AC ke DC ataupun sebaliknya. Saat Sahabat membeli sebuah casing, maka biasanya sudah disertai power supply. 

    Jika di casing tidak ada power supply, maka Sahabat dapat membeli power supply terpisah. Sebelum melakukan cara merakit komputer, Sahabat perlu memastikan pula ketersediaan power supply pada casing, sehingga proses perakitan bisa lebih mudah. 

  6. Pasang kabel motherboard dan casing 

    Cara merakit komputer selanjutnya yaitu dengan memasang kabel motherboard dan casing. Biasanya pada motherboard akan dilengkapi juga dengan kabel tambahan, contohnya seperti kabel data. Oleh sebab itu, Sahabat perlu cermat saat membeli motherboard, apakah sudah tersedia kabelnya atau tidak. Setelah melihat adanya kabel tersebut, maka Sahabat perlu memasang kabelnya pada soket masing-masing di casing yang sesuai. Pada casing sendiri biasanya tersedia kabel untuk power on/off, restart, audio port, USB port, dan LED HDD komputer. 

  7. Pasang drive 

    Ketika semua kabel sudah terpasang, maka saatnya Sahabat memasang drive hardisk dengan cara berikut ini:

    • Lepas bagian penutup depan casing, kemudian masukkan CD/DVD ROM drive melalui bagian depan casing. Setelah itu, sejajarkan posisi baut yang telah tersedia dan jika sudah sejajar, maka pasang kabel data dari motherboard, serta kabel power yang berasal dari power supply. 
    • Untuk pemasangan drive hardisk, komponen ini perlu dipasang di bagian belakang casing. Caranya, pertama-tama pasang hardisk dengan menyambungkan ke kabel data pada motherboard dan kabel power dari power supply.
  8. Pasang VGA card

    VGA card merupakan salah satu komponen atau perangkat tambahan pada komputer yang bertujuan untuk membuat grafis layar komputer menjadi lebih baik. Misalnya, fungsi VGA ini akan Sahabat rasakan ketika bermain game atau rendering video dan animasi, jika spesifikasi VGA card tinggi, maka hasilnya pun akan lebih bagus. 

    Saat melakukan cara merakit komputer sendiri, sebenarnya pemasangan VGA card ini hampir sama dengan pemasangan RAM. Sahabat cukup sesuaikan dengan bentuk socket yang ada, lalu tekan hingga VGA card benar-benar terkunci. 

  9. Pastikan semua komponen terpasang 

    Setelah Sahabat memastikan bahwa semua perangkat dan kabel terpasang dengan benar, jangan lupa untuk menutup casing. Namun, pada bagian sampingnya biarkan terbuka dulu ya, Sahabat. Kemudian, Sahabat perlu menyambungkan semua perangkat input, seperti keyboard, mouse, dan output device seperti audio speaker, monitor, atau LED dengan tepat. 

    Setelah itu, cara merakit komputer selanjutnya dengan memasang kabel power untuk power supply guna bisa mengalirkan arus listrik ke komputer, termasuk tombol power pada casing. Jika semuanya sudah siap, maka Sahabat dapat menutup semua bagian casing dengan rapat.

  10. Instal sistem operasi

    Ketika semua cara merakit komputer sudah selesai, jangan lupa untuk menginstal sistem operasinya ya, Sahabat. Namun sebelum itu, pastikan Sahabat sudah memiliki sistem operasi yang akan dipasang. 

    Sistem operasi atau OS berfungsi untuk menghubungkan software dengan hardware. Sistem operasi komputer dibutuhkan agar kinerjanya berjalan dengan optimal. Dengan begitu, sistem operasi dapat memberikan perintah dan sebagai mediator antara pengguna dengan komputer.

Itulah beberapa cara merakit komputer yang bisa Sahabat lakukan sendiri. Perlu diingat bahwa perakitan komputer ini memang tidak semudah yang dibayangkan, Sahabat perlu memahami terlebih dahulu mengenai berbagai komponen yang akan dirakit, serta pemahaman terkait perangkat yang digunakan. 

Namun, jika Sahabat kesulitan merakit komputer sendiri, sebenarnya saat ini Sahabat bisa membeli komputer yang siap digunakan dengan spesifikasi yang andal. Sahabat tidak perlu khawatir jika uang tunai belum cukup karena sekarang Sahabat bisa memanfaatkan layanan Kredit Elektronik dan Furnitur

Kredit Elektronik dan Furnitur merupakan layanan pinjaman dana guna memberikan kemudahan kepada Sahabat untuk memiliki gadget, produk elektronik, furnitur, serta berbagai barang lainnya secara kredit.

Pastikan Sahabat memanfaatkan layanan kredit dari lembaga atau perusahaan pembiayaan yang sudah kredibel, seperti Adira Finance yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman, mudah, dan cepat. Yuk, dapatkan laptop idamanmu sekarang juga! 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN