Home / Berita Terbaru

10 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan untuk Pemula

10 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan untuk Pemula

22 April 2021 | Penulis : Adira Finance

Apa itu Bisnis Digital? 

Sahabat pasti sering melihat orang-orang memasarkan produk dan jasa mereka melalui internet, bukan? Nah, kegiatan ini disebut sebagai bisnis digital. Sederhananya, bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya. Dalam menjalani bisnis digital, banyak platform yang bisa Sahabat manfaatkan, mulai dari media sosial, website, e-commerce, dan forum jual beli online lainnya. Produk bisnis digital bukan sebatas barang saja lho, tetapi juga jasa yang dibutuhkan banyak orang dan cukup bermanfaat. 

Di era teknologi saat ini, banyak orang yang memanfaatkan bisnis digital untuk mencari penghasilan tambahan. Berbekal keberanian dan riset pasar, semakin banyak pemula yang merintis bisnis hingga dapat meramaikan sektor usaha menengah kecil mikro (UMKM) tanah air. Sebab, bisnis digital memiliki banyak kelebihan yang bisa Sahabat dapatkan, antara lain: 

  • Bisnis lebih inovatif 
  • Mudah memilih target pasar
  • Jangkauan pembeli lebih luas
  • Waktu lebih fleksibel
  • Memberikan kenyamanan kepada pembeli
  • Potensi penghasilan tanpa batas

Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka sudah saatnya Sahabat memanfaatkan peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut ini beberapa ide bisnis digital yang cukup menguntungkan: 

  1. Membuka Toko Online 

    Membuka toko online termasuk salah satu ide bisnis digital yang diminati banyak kalangan. Dengan banyaknya kemudahan dalam dunia online, Sahabat bisa membuka toko sendiri yang memanfaatkan media sosial, e-commerce, dan website saat memasarkan produk. Meski bisnis satu ini terlihat mudah, namun Sahabat juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membuka toko online. Pastikan jenis produk yang akan dijual, apa kelebihan atau keunikan produk tersebut dibandingkan toko lainnya, dan tentukan segmen pasar yang sesuai dengan produk tersebut. Saat memiliki segmen pasar yang jelas, maka strategi pemasaran pun akan lebih mudah ditentukan. Selain itu, Sahabat juga harus membangun relasi dengan orang-orang di media sosial. Dengan begitu, produk yang Sahabat jual akan semakin dikenal. 

  2. Reseller atau Dropshipper

    Menjadi reseller atau dropshipper merupakan ide bisnis digital yang lebih ekonomis dan praktis. Cara kerjanya cukup mudah, produsen menjual produk dengan harga lebih murah, lalu reseller atau dropshipper menjual kembali produk tersebut kepada para pembeli. Keuntungan bisnis reseller atau dropshipper ini didapatkan dari selisih uang yang Sahabat terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Sahabat bayarkan kepada produsen barang. 

  3. Kursus Online 

    Sahabat memiliki kemampuan untuk membagikan ilmu kepada orang lain? Sekarang waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis digital yang satu ini. Kemajuan teknologi informasi sudah menjangkau dunia pendidikan, sehingga memudahkan proses belajar banyak orang. Apalagi setelah pandemi, semakin banyak orang yang membuka jasa kursus online untuk menambah penghasilan sekaligus berbagi ilmu kepada banyak orang. Sahabat bisa maksimalkan peluang ini dengan memanfaatkan platform khusus kursus online atau media sosial sebagai sarana promosi. 

  4. YouTuber 

    YouTuber termasuk salah satu profesi dengan penghasilan yang cukup fantastis. Dengan keuntungan berlipat dan konten kreatif, membuat banyak orang berlomba ingin menjadi YouTuber yang terkenal. Nah, jika Sahabat tertarik menjadi YouTuber, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis digital ini. Namun, Sahabat juga tetap harus menentukan tema dari channel yang akan dibuat, apa saja jenis kontennya, serta kelebihan atau keunikan dibandingkan konten lain. 

    Baca juga: Butuh Modal Bisnis? Simak Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Ini

  5. Blogger

    Sahabat hobi menulis? Bagaimana jika hobi ini disalurkan menjadi ide bisnis digital yang patut dipertimbangkan? Pasalnya, seorang blogger pun bisa mendapat keuntungan menjanjikan jika ditekuni dengan baik. Apalagi jika Sahabat sudah punya blog sendiri dan memiliki banyak visitor. Dengan begitu, hobi ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan jika menyewakan ruang di blog untuk iklan. 

  6. Influencer Media Sosial 

    Sahabat pasti sering melihat orang yang mengatasnamakan dirinya influencer di media sosial, bukan? Nah, peluang bisnis digital ini pun bisa Sahabat maksimalkan sendiri lho. Terlebih jika Sahabat pengguna media sosial yang sudah memiliki banyak pengikut, menjadi influencer bisa jadi peluang usaha untuk menambah penghasilan.

    Saat menjadi influencer media sosial, tentukan sendiri personal branding yang akan dilihat oleh banyak orang. Buatlah konten yang berkualitas, kreatif, dan memiliki ciri khas dari influencer lainnya agar semakin dikenal. Jika pengikut semakin banyak, maka tawaran kerja sama pun akan datang. 

  7. Jasa Desain Grafis

    Nah, buat Sahabat yang mahir menggunakan beragam software untuk desain grafis, saatnya maksimalkan peluang bisnis digital yang satu ini yuk! Sahabat bisa menjual jasa ini kepada individu atau instansi yang membutuhkan konten-konten digital yang menarik. Saat ini banyak pula perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk mengoptimalkan branding mereka di dunia maya. Sahabat bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah, bahkan bisa menjangkau pasar luar negeri lho. 

  8. Afiliasi Marketing

    Afiliasi marketing adalah kegiatan memasarkan produk milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. Biasanya para penggiat bisnis ini akan membuat kesepakatan mengenai harga jual bara dan komisi yang akan didapatkan oleh penjual ketika barang tersebut laku terjual. Banyak pilihan bisnis afiliasi marketing yang menjanjikan keuntungan tinggi meski tanpa modal. 

  9. Pembuatan Website 

    Bisnis digital pembuatan website cukup potensial jika Sahabat merupakan seorang developer yang dapat membuat website menarik. Sebab, saat ini kebutuhan pembuatan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu. Meskipun banyak cara dalam membuat sebuah website, namun perlu keahlian khusus dan tingkat lanjut saat membuat kustomisasi website yang lebih rumit. Oleh karena itu, bisnis ini akan sangat menjanjikan bagi seorang web developer. 

  10. Podcaster 

    Setelah blogger dan YouTuber, saat ini semakin banyak pula orang yang merambah dunia podcast untuk membuat konten audio yang menarik. Apalagi sekarang sudah banyak platform yang mendukung para podcaster untuk berkarya. Dengan menemukan niche yang tepat, Sahabat juga bisa memanfaatkan peluang bisnis digital ini lho. Bahkan, saat ini sudah banyak tulisan dan video panduan dalam membuat podcast yang bisa Sahabat lakukan sendiri di rumah. 

Modal untuk Bisnis Digital

Sebagian besar bisnis digital membutuhkan modal sebelum Sahabat memulainya. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang mudah, mulai dari pinjaman ke saudara atau kerabat, pinjaman online, kredit tanpa agunan (KTA), dan kredit multiguna. 


Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal bisnis yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa menggunakan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan memanfaatkan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Bahkan, suku bunganya pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulan. Yuk, dapatkan pinjaman modal bisnis dengan kredit multiguna dari Adira Finance.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN