Home / Berita Terbaru

10 Ide Interior Rumah Agar Renovasi Low Budget!

10 Ide Interior Rumah Agar Renovasi Low Budget!

24 Januari 2022 | Penulis : Adira Finance

Sahabat berencana renovasi rumah dengan desain yang minimalis dan low budget? Bisa banget lho, karena saat ini sudah banyak ide interior rumah yang memudahkan Sahabat untuk memilih desain sebelum renovasi berlangsung. 

Penting bagi Sahabat untuk memilih desain interior rumah yang tepat agar proses renovasi berjalan sesuai dengan estimasi budget di awal. Sebab, tak sedikit pula orang yang tidak memiliki referensi interior yang tepat, sehingga proses renovasinya pun cenderung memakan waktu yang lebih lama, tanpa konsep, dan budget yang dikeluarkan mungkin saja membengkak.

Pasti Sahabat tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Untuk itu, salah satu cara termudah untuk merenovasi rumah low budget, yaitu dengan memilih desain interior rumah yang minimalis, namun tetapi nyaman. 

Rekomendasi Interior Rumah Agar Renovasi Low Budget 

Ada beberapa rekomendasi interior yang cocok untuk rumah mungil agar pelaksanaan renovasi tidak memakan dana yang banyak, antara lain:

  1. Ruangan tanpa sekat

    Sahabat bisa lho membuat ruang-ruang di rumah tanpa sekat. Interior rumah seperti ini membuat kesan ruangan jadi lebih luas karena tidak ada sekat yang membatasi antara satu ruangan dengan ruangan lain. Jika menggunakan tembok sebagai sekat, sudah pasti membuat ruangan jadi lebih sempit. 

    Tips: dibandingkan menyekat ruang tamu dan keluarga menggunakan tembok, Sahabat bisa membedakan fungsi ruang tersebut dengan menggunakan karpet yang berbeda warna. Jika tetap ingin disekat, gunakan rak buku atau rak hiasan yang berukuran mungil untuk membedakan antara ruang tamu dan keluarga. 

  2. Interior ruang tamu sekaligus ruang keluarga

    Solusi terbaik saat ada keterbatasan ruang dalam rumah yaitu dengan menyulap satu ruangan menjadi multifungsi. Nah, yang paling mudah adalah menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga. 

    Tips: pilih sofa yang nyaman untuk digunakan oleh tamu maupun keluarga. Tambahkan televisi di ruangan tersebut agar bisa dijadikan tempat bersantai bagi anggota keluarga. Interior rumah seperti ini bisa menyulap 1 ruangan menjadi lebih multifungsi dan minimalis. Berani coba? 

  3. Renovasi ruang tamu dengan desain memanjang

    Rata-rata ruang tamu di rumah dibuat dengan desain melebar. Padahal, jika Sahabat membuatnya dengan desain memanjang, seluruh area justru bisa berfungsi lebih efisien lho. Desain interior rumah seperti ini memberikan kesan ruang tamu yang lebih minimalis dan tidak memakan banyak space dalam ruangan tersebut.

    Tips: Bila di ruang tamu ada sofa dan kursi tambahan, sebaiknya tidak meletakkan kursi di samping sofa, melainkan meletakkannya di bagian depan sofa dengan memberikan jarak yang sesuai. Nah, di bagian samping sofa bisa diletakkan barang atau furnitur lain yang berguna, misalnya rak buku mungil. Dengan begitu, ruang tamu jadi lebih minimalis.

  4. Mengurangi penggunaan warna mencolok

    Ternyata penggunaan warna mencolok dalam interior rumah dapat menyebabkan hunian terasa lebih sesak lho, Sahabat. Maka dari itu, pemilihan warna menjadi salah satu kunci agar ruangan di dalam rumah terkesan lebih luas. 

    Tips: Hindari pemilihan warna yang mencolok dan tabrak warna. Sebaiknya pilihlah warna-warna netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Warna monokrom ternyata mampu memberikan ilusi atau kesan ruangan jadi lebih luas dan clean. 

  5. Ruang keluarga tanpa sofa

    Semakin banyak furnitur di dalam interior rumah, maka hunianmu akan terlihat semakin sempit juga, kan? Untuk itu, hindari penggunaan furnitur yang berlebihan. Selain dapat mengirit pengeluaran, penggunaan furnitur yang minim juga membuat ruangan jadi lebih luas.

    Tips: Daripada membeli sofa untuk digunakan di ruang keluarga, sebaiknya Sahabat cukup menggunakan karpet halus dan lembut yang ditambah dengan bantal. Dengan begitu, ruang keluarga akan tetap nyaman saat digunakan untuk menonton maupun bersantai.

  6. Memanfaatkan ruang di bawah tangga

    Ingin interior rumah yang minimalis, namun tetap memberikan rasa nyaman? Maka, pastikan setiap ruangan di rumah memiliki fungsinya masing-masing dengan jelas. Hindari menumpuk barang di satu area karena akan memberikan kesan sumpek. 

    Tips: jika terdapat sisa ruang kosong, misalnya di bawah tangga, alih-alih menjadikannya tempat penyimpanan barang atau kardus bekas, sulaplah menjadi area hijau di rumah. Sahabat bisa menyimpan tanaman-tanaman mungil supaya rumah lebih nyaman dan asri. 

  7. Penggunaan kaca transparan

    Nah, ide interior rumah yang satu ini sedang jadi favorit banyak orang lho. Penggunaan kaca transparan membuat hunianmu terkesan lebih luas, minimalis, dan pastinya estetik. 

    Tips: apabila terdapat tembok sekat di belakang dapur, sebaiknya Sahabat renovasi menjadi kaca transparan yang berguna sebagai sekat minimalis. Selain membuat area dapur terlihat bersih, kaca transparan juga membuat hunianmu tidak sempit.

  8. Ganti meja makan menjadi mini bar 

    Saat merenovasi rumah, mungkin Sahabat tergiur untuk menggunakan meja makan di dapur. Namun, penggunaan meja makan justru bisa membuat ruangan lebih sempit.

    Tips: Daripada menggunakan meja makan, cobalah pilih mini bar sebagai solusi interior rumah minimalis. Saat sedang masak, mini bar berfungsi untuk menyiapkan bahan masakan. Setelah makanan jadi, mini bar bisa digunakan juga untuk makan bersama keluarga. Lebih efisien dan praktis, kan? 

  9. Penggunaan cermin yang menempel di dinding 

    Ide interior rumah yang tak kalah menarik yaitu penggunaan cermin yang menempel di dinding. Dengan kehadiran cermin, maka ruangan tersebut akan terlihat lebih luas. 

    Tips: sesuaikan penggunaan cermin dengan desain ruangan agar lebih selaras. Mungkin Sahabat bisa menggunakan cermin ramping tanpa bingkai agar memberikan kesan lebih minimalis. 

  10. Penggunaan meja multifungsi 

    Di setiap rumah pasti membutuhkan meja, baik itu di ruang tamu, keluarga, dapur, atau kamar. Nah, supaya interior rumah lebih minimalis, Sahabat bisa lho menggunakan meja multifungsi. 

    Tips: Sahabat bisa memilih meja lipat yang berfungsi untuk berbagai hal. Meja lipat yang multifungsi ini memudahkan Sahabat untuk belajar, makan di ruang keluarga, dan lain sebagainya. 

Gaya Interior Rumah yang Minimalis

Ada beberapa gaya interior rumah minimalis yang bisa dipilih saat merenovasi hunianmu, antara lain:

  • Japandi

    Japandi adalah gaya interior rumah yang menggabungkan konsep Jepang dan Scandinavian. Ciri dari gaya interior ini yaitu furnitur bergaris tegas dan fungsional, menggunakan material yang alami, serta warna dan motif yang kalem. Kombinasi tersebut memberikan kesan interior rumah yang elegan dan esensial. 

  • Scandinavian-Industrial 

    Sesuai dengan namanya, gaya interior rumah ini mengusung konsep penggabungan antara gaya Scandinavian dan Industrial yang menghadirkan desain minimalis, warna netral, dan monokromatik. Gaya interior rumah ini menggunakan furnitur yang alami, seperti kayu dengan desain khas industrial. 

  • Monokromatik

    Monokromatik merupakan gaya interior rumah yang mudah diaplikasikan karena menggunakan furnitur yang minimalis dengan pemilihan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, dan hitam. 

  • Modern

    Meskipun hunianmu mungil, tetapi gaya interior rumah modern juga bisa diaplikasikan dengan menawan lho. Yang terpenting, pastikan Sahabat memilih furnitur dengan kesan modern, namun tetap minimalis. 

  • Korean chic 

    Gaya interior rumah yang satu ini sedang diminati oleh banyak kalangan karena menghadirkan konsep yang simpel, chic, dan nyaman. Biasanya gaya interior rumah ini menggunakan warna-warna earth tone, seperti putih, nude, broken white, cokelat, dan sejenisnya. Furnitur yang dipilih pun rata-rata berbahan kayu. 

Itu dia penjelasan mengenai interior rumah yang mempermudah saat renovasi hunian yang mungil. Saat membahas mengenai furnitur, desain, dan renovasi, pasti tidak lepas dari budget yang harus disiapkan. 

Sahabat tidak perlu khawatir karena ada layanan Kredit Multiguna yang memberikan pinjaman dana untuk keperluan renovasi rumah. Bahkan, Sahabat juga bisa menggunakan layanan Kredit Elektronik dan Furnitur jika ingin membeli barang-barang untuk memenuhi kebutuhan rumah, seperti TV, lemari, kulkas, kasur, dan furnitur lainnya. 

Kedua layanan tersebut tersedia di aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Dengan adanya Adiraku, Sahabat dapat mengajukan pinjaman untuk renovasi rumah, pembelian furnitur, dan pinjaman lainnya hanya melalui handphone lho. Praktis, kan? Yuk, langsung unduh atau install aplikasi Adiraku di sini

Yuk, saatnya ajukan pinjaman modal usaha dengan kredit multiguna.

Ajukan Kredit Multiguna

Selain kredit multiguna, Adira Finance juga menyediakan layanan kredit motor lho. Untuk Sahabat yang sedang mencari motor dengan cicilan yang ringan dan prosesnya cepat, langsung ajukan kredit motor.

Ajukan Kredit Motor

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN