Home / Berita Terbaru

10 Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa, Pasti Laris!

10 Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa, Pasti Laris!

27 April 2022 | Penulis : Adira Finance

Ada berbagai macam makanan yang cocok dijual saat bulan puasa. Beberapa jenis makanan yang cocok dijual saat bulan puasa umumnya makanan atau minuman manis yang biasa dikonsumsi ketika orang-orang akan berbuka puasa. Uniknya, makanan yang cocok dijual saat bulan puasa ini biasanya memang benar-benar hanya ada di sepanjang bulan suci Ramadhan saja. Itulah yang membedakan bulan puasa dengan bulan-bulan lainnya.

Makanan yang dijajakan saat bulan puasa ini bisa kita dapatkan di banyak tempat. Mulai dari pasar, pusat perbelanjaan, hingga di pinggiran jalan. Di samping itu, Sahabat juga tak perlu heran lagi jika beberapa orang juga beralih profesi sebagai penjual makanan selama bulan puasa, khususnya penjual takjil. 

Sahabat juga bisa, kok, untuk beralih profesi sementara menjadi penjual makanan. Tapi, di antara sekian banyak jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa, apa makanan yang cocok dijual saat bulan puasa?

Makanan dan Minuman untuk Berbuka Puasa

Peluang untuk menjajakan makanan yang cocok dijual saat bulan puasa kini semakin tinggi. Sebab, tentu saja, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk membuat takjilnya sendiri. Karena itulah banyak orang yang akhirnya memilih untuk membelinya di luar. Oleh karena itu, ini menjadi peluang penting bagi Sahabat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

Berikut beberapa makanan yang cocok dijual saat bulan puasa:

  1. Es buah segar

    Saat bulan puasa, sepertinya godaan menahan rasa dahaga lebih berat dibandingkan menahan rasa lapar ya, Sahabat? Sehingga hal pertama yang sering dicari pertama kali oleh orang yang berbuka puasa adalah minuman segar. Nah, Sahabat bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara menjual es buah segar dan lezat. Tentu ini bisa jadi ide jualan yang menarik saat bulan puasa dengan keuntungan yang menjanjikan. 

  2. Kolak

    Rasanya tidak lengkap kalau bulan puasa tanpa hidangan kolak yang menggugah selera. Sahabat bisa menjajakan kolak sebagai makanan yang cocok dijual saat bulan puasa karena pasti banyak orang yang mencari hidangan yang satu ini. Ada banyak jenis kolak yang bisa Sahabat jual, seperti kolak pisang, biji salak, ubi, labu, dan lain sebagainya. 

  3. Kurma dan olahannya

    Kurma juga termasuk makanan yang cocok dijual saat bulan puasa dan disukai oleh banyak kalangan. Sebab, salah satu sunnah saat berbuka puasa adalah mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil. Sahabat bisa juga lho berjualan kurma maupun makanan atau minuman yang diolah dari buah ini. Makanan yang cocok dijual saat bulan puasa berbahan dasar kurma di antaranya bolu kurma, cokelat kurma, puding kurma, pancake kurma, susu kurma, dan masih banyak lagi. Sahabat bisa memilih beberapa variasi makanan tersebut atau bahkan bisa menjualnya semua. 

  4. Jajanan tradisional

    Makanan yang cocok dijual saat bulan puasa yang selanjutnya yaitu jajanan tradisional. Ada banyak jenis jajanan tradisional yang bisa Sahabat jual, seperti dadar gulung, lupis, klepon, bolu kukus, lemper, kue nagasari, kue lumpur, kroket, apem, dan lain-lain. Meskipun tradisional, tetapi jajanan tersebut masih diminati oleh banyak orang dan menjadi salah satu hidangan wajib untuk berbuka puasa. 

  5. Gorengan

    Camilan yang satu ini sepertinya tidak boleh ketinggalan dalam setiap acara, termasuk sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Selain murah meriah, gorengan juga banyak diminati oleh lidah orang Indonesia, sehingga banyak yang menyantap gorengan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa. Selain mudah diolah, gorengan termasuk makanan yang cocok dijual saat bulan puasa karena tidak membutuhkan modal yang sangat besar.. 

  6. Es dawet

    Sahabat ingin menjual minuman tradisional yang menggugah selera? Es dawet atau es cendol bisa jadi pilihan yang tepat. Ini karena es dawet masih menjadi alternatif minuman segar yang banyak dicari orang-orang saat berbuka puasa. Untuk menjual es dawet, modal yang Sahabat butuhkan pun sebenarnya tidak terlalu banyak sehingga bisa jadi ide jualan yang menguntungkan saat bulan puasa.

  7. Risoles

    Sahabat pasti sudah tidak asing dengan camilan yang satu ini, kan? Risoles termasuk makanan yang cocok dijual saat bulan puasa karena digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Camilan yang satu ini memang sudah ada sejak dulu dan popularitasnya masih tinggi sampai saat ini. Apalagi sekarang risoles hadir dengan tampilan baru, yaitu penambahan topping atau isi yang kekinian. Misalnya saja, ada risoles isi keju mozarella, risoles dengan topping saus mentai, dan masih banyak lagi. 

  8. Martabak manis

    Martabak manis juga bisa jadi rekomendasi makanan yang cocok dijual saat bulan puasa. Saking banyak peminatnya, sekarang martabak manis hadir dalam berbagai variasi rasa yang kekinian, mulai dari martabak manis oreo, red velvet, green tea, krim keju, es krim gelato, dan lain-lain. Melihat banyaknya orang yang menyukai martabak manis membuat hidangan yang satu ini cocok dijual saat bulan puasa. 

  9. Dessert box 

    Popularitas dessert box semakin melambung ya, Sahabat? Tak heran kalau dessert box bisa menjadi rekomendasi makanan yang cocok dijual saat bulan puasa karena banyak yang suka. Dessert box termasuk makanan yang cocok dijual saat bulan puasa karena bisa jadi camilan lezat untuk dikonsumsi setelah sholat Tarawih atau sahur.

  10. Hidangan street food 

    Hidangan street food juga termasuk rekomendasi makanan yang cocok dijual saat bulan puasa lho, Sahabat. Hal ini dikarenakan banyak orang yang pastinya menyukai camilan dengan perpaduan asin, gurih, dan pedas saat berbuka puasa. Berbagai menu street food bisa Sahabat jual, seperti gado-gado, batagor, siomay, bakso, mie ayam, pempek, dan masih banyak lagi. 

    Selain itu, hidangan yang berbahan dasar lauk pauk juga termasuk makanan yang cocok dijual saat bulan puasa seperti ayam goreng, ayam bakar, pecel lele, sei sapi, dan lain-lain. Pasalnya, tidak semua orang akan masak di rumah, sehingga banyak yang membeli makanan utama dengan lebih mudah. 

Selain yang telah disebutkan di atas, ada banyak makanan yang cocok dijual saat bulan puasa lainnya, seperti es pisang ijo, es blewah, minuman boba, cilok, cireng, es kopyor, kue kering, dan lain sebagainya. 

Rekomendasi makanan yang cocok dijual saat bulan puasa tersebut bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan. Sahabat juga tidak perlu khawatir mengenai modal usaha yang harus disiapkan, karena saat ini sudah ada fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance

Kredit Multiguna memberikan kemudahan kepada Sahabat untuk mendapatkan modal usaha dengan lebih cepat. Ada banyak keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan, di antaranya jaminan BPKB aman, persyaratan mudah, proses cepat, dan yang terpenting fasilitasnya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, langsung ajukan pinjaman untuk modal usaha di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN