Home / Berita Terbaru

10 Rincian Biaya Pernikahan Agar Lebih Hemat

10 Rincian Biaya Pernikahan Agar Lebih Hemat

20 Mei 2021 | Penulis : Adira Finance

Biaya pernikahan termasuk satu di antara beberapa hal yang harus diperhatikan untuk setiap calon pasangan dan keluarga saat akan menikah. Terkadang ada beberapa pendapat yang berbeda di antara kedua belah pihak. Itulah mengapa setiap pasangan yang ingin menikah perlu mempersiapkan rincian biaya pernikahan sejak awal agar prosesnya berjalan dengan baik.

Demi merayakan satu momen sakral yang berlangsung sekali dalam seumur hidup, memang banyak hal yang harus dipersiapkan antara dua keluarga. Selain biaya pernikahan, sebenarnya ada hal-hal lain yang tak kalah penting untuk dipersiapkan antara kedua belah pihak agar pernikahan berjalan dengan lancar. Sebelum membahas mengenai rincian biaya pernikahan, sebaiknya Sahabat pahami dulu mengenai kesiapan berkeluarga saat akan menikah. 

Baca Juga : Modifikasi Honda CBR250RR : Terserang Demam Spider-Man

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional RI (BKKBN) yang dikutip dari laman resmi siapnikah.org menyebutkan setidaknya ada tujuh hal yang menjadi tolak ukur kesiapan pernikahan setiap calon pasangan, di antaranya:

  • Kesiapan usia

    Faktor kesiapan usia sangat penting untuk Sahabat pertimbangkan sebelum menikah. Sebab, kematangan psikis, sosial, dan fisik sangat dipengaruhi oleh kesiapan usia. Dilansir laman siapnikah.org, BKKBN merekomendasikan kesiapan menikah yaitu di rentang usia 21-25 tahun. 

  • Kesiapan finansial

    Kesiapan finansial berkaitan erat dengan biaya pernikahan yang harus dirinci dengan tepat. Penting bagi Sahabat untuk membuat rencana biaya pernikahan yang meliputi biaya wedding organizer, sewa tempat, katering, baju pernikahan, dan lainnya. Dengan membuat rincian biaya pernikahan, Sahabat akan lebih mudah menyesuaikan dengan anggaran. Selain rincian biaya pernikahan, kesiapan finansial setelah menikah pun harus dipikirkan secara matang. Maka dari itu, sebelum menikah, pastikan Sahabat sudah memiliki sumber pendapatan tetap.

  • Kesiapan fisik

    Seperti yang Sahabat ketahui, berkeluarga membutuhkan kesiapan fisik untuk mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah, dan melakukan aktivitas lainnya. Oleh karenanya, Sahabat dan calon pasangan perlu melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melangsungkan pernikahan. Biaya pemeriksaan kesehatan pun bisa Sahabat masukan ke dalam rincian biaya pernikahan agar pengeluarannya dapat terpantau dengan jelas. 

  • Kesiapan mental 

    Kesiapan mental akan menentukan bagaimana seseorang mampu menerima hubungan dan peran baru, memikul tanggung jawab, serta sikap yang sehat dalam menghadapi permasalahan yang akan muncul setelah berkeluarga. 

  • Kesiapan interpersonal dan sosial

    Kehidupan interpersonal dan bersosial sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Saat Sahabat memutuskan akan menikah, kesiapan sosial pun menjadi tolak ukur agar menjalin hubungan yang baik dan sehat dengan orang sekitar. 

  • Kesiapan moral

    Kesiapan moral sangat penting untuk mengontrol perilaku agar dalam berkeluarga bisa memegang etika. Sebagai contoh, bagaimana Sahabat bisa berlaku jujur, adil, menaati perintah Tuhan, dan lainnya. 

  • Keterampilan hidup

    Ada banyak aspek dalam keterampilan hidup yang perlu dipersiapkan oleh Sahabat, seperti keterampilan dasar untuk membersihkan rumah, memasak, mendidik anak, menjalan peran suami/istri, dan lainnya. Keterampilan hidup juga berkaitan dengan kesiapan finansial, mulai dari mencari cara mendapatkan biaya pernikahan hingga biaya sehari-hari setelah menikah.

Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan

Seperti yang telah disebutkan, biaya pernikahan menjadi hal penting yang harus dipersiapkan oleh Sahabat dan calon pasangan saat menggelar akad nikah dan resepsi. Supaya biaya pernikahan sesuai dengan anggaran awal, ada beberapa rincian yang harus Sahabat tentukan, di antaranya:

  1. Biaya seserahan

    Seserahan atau hantaran termasuk tradisi yang selalu ada dalam prosesi pernikahan dengan menggunakan adat suatu daerah. Jika konsep pernikahan Sahabat menggunakan tradisi ini, maka perlu dipersiapkan barang-barang yang akan dijadikan seserahan. Umumnya, isi seserahan meliputi perlengkapan ibadah, kebutuhan calon pengantin perempuan, hingga makanan. Estimasi biaya seserahan cenderung relatif, tergantung merk atau brand yang Sahabat tentukan. Untuk versi sederhana, biaya seserahan lengkap mulai dari Rp 5 juta.

  2. Biaya mahar dan cincin pernikahan

    Mahar dan cincin termasuk aspek penting dalam pernikahan. Biasanya mahar berupa seperangkat alat ibadah dan sejumlah uang tunai, perhiasan, atau logam mulia. Estimasi biaya mahar berupa logam mulia 5 gram Rp 5 juta. Sementara, biaya cincin pernikahan dijual mulai dari harga Rp 7 juta untuk sepasang. 

  3. Biaya KUA

    Biaya nikah di KUA sebenarnya gratis jika menikah dilaksanakan saat jam kerja operasional dari hari Senin-Jumat di KUA. Namun, jika menikah dilaksanakan di hari libur, biaya yang telah ditetapkan negara yaitu Rp 600 ribu (belum termasuk biaya penghulu). 

  4. Biaya lokasi pernikahan

    Biaya pernikahan ini perlu dipersiapkan jika Sahabat melangsungkan resepsi pernikahan di tempat selain rumah. Penentuan lokasi pun tergantung dengan konsep pernikahan yang akan digelar. Ada yang ingin menikah di gedung atau aula, namun ada pula yang memilih lokasi outdoor seperti taman dan lainnya. Estimasi biayanya tergantung lokasi dan daya tampung tamu undangan, harganya mulai dari Rp 10 juta. 

  5. Biaya katering dan dekorasi

    Biaya pernikahan yang tak kalah penting adalah katering dan dekorasi. Estimasi biaya katering yang harus dikeluarkan mulai dari Rp 15 juta. Sedangkan, biaya dekorasi mulai dari Rp 4 juta. Namun, ada pula lokasi-lokasi yang sudah memasang tarif sekaligus dengan dekorasi. 

  6. Biaya wedding organizer 

    Tak semua calon pengantin menggunakan jasa wedding organizer (WO) saat melangsungkan pernikahan. Jika Sahabat ingin menggunakan jasa WO, maka Sahabat juga harus mempersiapkan dana sekitar Rp 8 juta. Kini, sudah banyak jasa WO yang menawarkan paket bundling dengan katering dan dekorasi. Pastikan memilih jasa WO yang terpercaya ya. 

  7. Biaya undangan dan souvenir 

    Sebenarnya, untuk meminimalisir biaya pernikahan, Sahabat bisa menggunakan undangan digital dibandingkan undangan cetak. Namun, jika masih memerlukan undangan cetak, harga yang biasa ditawarkan mulai dari Rp 6 ribu/undangan. Sedangkan, harga souvenir cukup beragam tergantung barang, namun estimasinya sekitar Rp 8 ribu/ barang. 

  8. Biaya rias dan baju pengantin

    Tata rias dan baju pengantin termasuk biaya pernikahan yang perlu Sahabat persiapkan secara matang. Sahabat perlu menentukan tata rias dan baju pengantin sesuai dengan konsep pernikahan. Estimasi jasa tata rias dan baju pengantin mulai dari Rp 8 juta. 

  9. Biaya dokumentasi

    Dokumentasi juga menjadi salah satu biaya pernikahan yang harus masuk ke dalam anggaran. Biasanya ada calon pengantin yang menggunakan jasa dokumentasi dari sebelum pernikahan atau pre-wedding. Estimasi harga standar mulai dari Rp 7 juta untuk foto dan video. 

  10. Biaya tambahan lainnya 

    Biaya tambahan lainnya perlu Sahabat persiapkan jika ingin mengeluarkan anggaran untuk baju seragam untuk saudara atau teman dekat, hiburan musik, mobil pengantin, dan lainnya. Catat dan diskusikan dengan calon pasangan untuk menentukan biaya yang diperlukan. Selain itu, biaya tambahan juga perlu jika ada hal-hal mendesak. 

Itulah gambaran singkat mengenai hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah. Pastikan Sahabat berdiskusi dengan calon pasangan dan keluarga terlebih dahulu dengan pasti, terutama mengenai anggaran biaya yang diperlukan. Jika Sahabat ingin segera menikah namun belum ada dana yang memadai, ada solusi lain yang bisa dilakukan lho, yaitu dengan memaksimalkan layanan kredit multiguna. 

Baca Juga : Kawasaki W175 Masih Pakai Karburator, Ini Alasan KMI

Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal biaya pernikahan yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa memanfaatkan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Bahkan, suku bunganya pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulan. Yuk, dapatkan pinjaman biaya pernikahan dengan kredit multiguna dari Adira Finance

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN