Home / Berita Terbaru

10 Tips Memilih HP Gaming Murah, Gak Bikin Dompet Jebol!

10 Tips Memilih HP Gaming Murah, Gak Bikin Dompet Jebol!

24 Maret 2022 | Penulis : Adira Finance

Dari banyaknya HP gaming murah yang dijual di pasaran, pasti Sahabat bingung memilih jenis HP mana yang sesuai, bukan? Wajar saja karena saat ini jenis HP gaming murah semakin bervariasi, tentunya dengan spesifikasi yang berbeda-beda pula. 

Sayangnya, ada pula HP gaming murah yang ternyata kualitasnya kurang baik, sehingga membuat performa HP tersebut tidak maksimal saat digunakan untuk bermain game. Setiap HP memiliki model, spesifikasi, bentuk, dan kelebihan yang berbeda. Nah, daripada kebingungan, berikut Adira rangkum tips memilih HP gaming murah yang bisa Sahabat pertimbangkan.

Apa Saja Tips Memilih HP Gaming Murah yang Berkualitas?

Berikut ini beberapa hal yang perlu Sahabat ketahui sebelum membeli HP gaming murah dan berkualitas, antara lain:

  1. Perhatikan chipset

    Sahabat wajib memperhatikan chipset HP gaming yang akan dibeli. Chipset merupakan bagian terpenting untuk mendongkrak performa HP saat menjalankan game, terutama game-game yang berat. 

    Pastikan chipset yang dipakai HP gaming murah tersebut memiliki standar untuk bermain game yang mumpuni. Dari sekian banyak jenisnya, Sahabat bisa memilih chipset Snapdragon seri 7 untuk bisa bermain game yang berat dengan grafik baik. 

  2. RAM

    Saat memilih HP gaming murah yang tepat, Sahabat juga harus memperhatikan RAM yang memadai. Sebaiknya Sahabat memilih HP dengan RAM minimal 4GB untuk bisa menjalankan game-game berat dengan baik, tentunya dengan performa chipset yang mendukung. 

  3. Perhatikan Graphics Processing Unit (GPU) 

    Hal lain yang tak kalah penting yaitu memilih GPU yang tepat agar bisa memainkan game dengan baik. Akan tetapi, biasanya GPU juga beriringan dengan prosesor atau chipset yang digunakan. Misalnya saja, Exynos 9810 dengan GPU Mali-G72 MP18 atau chipset Snapdragon 845 dengan Adreno 630. Kedua GPU ini merupakan GPU yang sering dipakai di HP gaming berkualitas.

  4. Ketahanan baterai

    Tips selanjutnya yaitu pilihlah HP gaming murah dengan kapasitas baterai yang besar. Sahabat pasti tidak ingin direpotkan dengan urusan isi daya ketika sedang asyik bermain game, bukan?

    Itulah sebabnya, Sahabat sebaiknya memilih HP gaming murah dengan ketahanan baterai setidaknya 4000mAh. Kalau bisa, pilih juga HP gaming yang sudah mendukung fast charging atau pengisian daya cepat. 

  5. Teliti bagian layar 

    Layar juga menjadi salah satu faktor yang harus Sahabat perhatikan sebelum memilih HP gaming murah. Pasalnya, layar sangat berpengaruh pada kenyamanan Sahabat saat bermain game.

    Pastikan Sahabat memilih HP gaming murah dengan layar yang memiliki resolusi tinggi dan jenis panel yang digunakan juga mumpuni. Perhatikan juga ukuran layarnya, ya. Standarnya, ukuran layar HP yang enak digunakan main game yaitu lebih besar dari 5 inci. 

    Untuk resolusi layar, minimal Full HD yang setara dengan 1080p. Lagi-lagi, semakin besar resolusi layarnya, maka akan semakin bagus tampilan yang muncul. Namun, Sahabat harus tahu juga bahwa resolusi ini akan berpengaruh pada konsumsi baterai. 

  6. Sistem pendingin

    Sistem pendingin HP gaming juga jadi faktor penting yang harus Sahabat perhatikan. Sama dengan ukuran layar, hal ini berhubungan dengan kenyamanan Sahabat saat bermain game. 

    Ketika bermain game dalam waktu yang lama, tidak sedikit HP yang akan panas atau overheat. Maka dari itu, pilihlah HP gaming murah yang sudah mendukung sistem pendingin yang baik agar Sahabat tetap nyaman bermain dalam durasi yang panjang. 

  7. Kapasitas internal

    Sahabat juga perlu memperhatikan kapasitas memori internal HP gaming murah. Sebab, game-game berat dengan grafis tinggi biasanya membutuhkan ruang yang lebih besar, seperti game PUBG mobile yang bisa lebih dari 8 gb. 

    Oleh karena itu, jangan sampai kapasitas internal HP Sahabat cepat penuh dengan campuran antara data game dan data lainnya. Sebaiknya Sahabat memilih HP gaming murah dengan kapasitas memori internal minimal 128 gb. 

  8. Aksesoris atau periferal pendukung 

    Sebagian besar HP gaming berkualitas memiliki banyak aksesoris atau periferal, misalnya saja gamepad. Hal ini karena para gamer setuju jika pengalaman gaming yang seru justru didapat dari game yang menggunakan kontrol fisik, dan bukan tombol virtual. Sayangnya, tidak banyak merek HP yang mengeluarkan keunggulan ini.

    Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena masih ada HP gaming yang memiliki periferal sendiring dengan mengeluarkan produk gamepad mini dan bisa dibeli secara terpisah. Jadi, Sahabat bisa mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal. 

  9. Bobot HP

    Masih dalam faktor kenyamanan, cobalah pilih HP gaming murah dengan bobot yang sesuai. Sebenarnya kalau urusan ukuran layar dan bobot HP memang cukup subjektif, sehingga bisa disesuaikan dengan kenyamanan setiap orang. Meski begitu, pastikan HP yang Sahabat pilih memiliki bobot yang tidak terlalu berat, sehingga tangan Sahabat tidak pegal ketika menggunakannya dalam waktu yang lama.

  10. Pertimbangkan harga

    Seperti yang diketahui, sebagian besar HP gaming memang menggunakan spesifikasi keren, jadi harganya cukup tinggi. Akan tetapi, jika Sahabat memiliki budget terbatas, sebenarnya masih bisa lho menyiasati hal tersebut dengan memilih spesifikasi HP gaming murah yang paling minimal. Sebagai contoh, Sahabat bisa memilih HP gaming murah dengan chipset Snapdragon minimal seri 400, RAM minimal 3 GB, dan memori internal minimal 64 GB. 

Namun, jika Sahabat tetap ingin membeli HP gaming berkualitas dengan harga yang cukup tinggi, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan kredit elektronik, furnitur, dan gadget dari Adira Finance. 

Kredit elektronik, furnitur, dan gadget merupakan jasa pembiayaan produk-produk elektronik, seperti HP, televisi, kulkas, komputer, mesin cuci, serta furnitur seperti lemari, spring bed, alat olahraga, dan berbagai barang lainnya yang diperlukan konsumen. 

Adira Finance menawarkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki HP gaming murah, produk elektronik, serta furnitur secara kredit dengan proses cepat, mudah, dan aman. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang tak kalah spesial, Sahabat bisa mendapatkan berbagai keuntungan menarik saat mengajukan Kredit elektronik, furnitur, dan gadget di Adira Finance, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat
  • Bunga dan angsuran lebih ringan
  • Jaringan pembayaran angsuran yang luas
  • Layanan yang bersahabat di raturan kantor cabang atau perwakilan, merchant, toko, contact center, dan media digital
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan (Swasta atau PNS), wiraswasta, profesional, atau kelembagaan
  • Kemudahan pembayaran angsuran melalui berbagai platform, seperti kantor cabang, aplikasi Adiraku, transfer ke virtual account, aplikasi LinkAja, jaringan Bank Danamon, Indomaret atau Alfamart, serta kantor pos
  • Bisa mendapatkan berbagai promo menarik, seperti cashback atau tambahan poin

Cukup mudah kan untuk mengajukan kredit HP gaming murah dengan fasilitas dari Adiran Finance? Yuk, langsung ajukan kreditnya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN