Home / Berita Terbaru

10 Tips Mengadakan Pernikahan Sederhana

10 Tips Mengadakan Pernikahan Sederhana

08 Juni 2021 | Penulis : Adira Finance

Pernikahan merupakan momen sakral yang idealnya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Ada yang merayakan momen ini dengan pernikahan sederhana, ada pula yang menggelar resepsi mewah hingga perlu mengeluarkan biaya yang cukup fantastis. Kendati demikian, pernikahan sederhana pun bukan berarti hanya mengeluarkan dana yang sedikit. Dalam praktiknya, Sahabat tetap harus mengeluarkan dana yang tidak kecil. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan untuk menekan biaya atau bujet yang dikeluarkan saat hendak merayakan pernikahan sederhana. 

Hal utama yang dapat dilakukan saat mempersiapkan pernikahan sederhana yang menghitung estimasi pengeluaran yang menjadi prioritas. Perencanaan ini harus diukur sesuai dengan kemampuan finansial Sahabat. Sahabat juga bisa menyesuaikan biaya pernikahan dengan konsep acara yang akan diselenggarakan. Berikut ini beberapa tips mengadakan pernikahan sederhana yang perlu Sahabat ketahui, antara lain:

  1. Tentukan prioritas

    Menentukan prioritas merupakan langkah awal yang sangat penting sebelum mengadakan pernikahan sederhana. Biaya yang dikeluarkan akan sangat bergantung terhadap cara Sahabat dan pasangan menyusun berbagai hal yang akan dipersiapkan, mulai dari hal yang paling prioritas hingga hal yang tidak begitu penting. Untuk menentukan skala prioritas, Sahabat bisa memulainya dengan menentukan konsep pernikahan dan lokasi. Dari sini, Sahabat bisa menentukan hal-hal lainnya. 

  2. Pilih lokasi di rumah 

    Lokasi biasanya menjadi faktor yang paling menguras biaya pernikahan. Sebab, saat ini sudah banyak gedung, auditorium, aula, atau tempat-tempat pernikahan yang dibanderol dengan harga yang bervariasi, mulai dari harga rendah hingga sangat tinggi. Bagi Sahabat yang ingin menekan biaya pernikahan sederhana, sebaiknya memilih lokasi resepsi di rumah. Jika rumah tidak memungkinkan, Sahabat bisa mencari tempat dengan harga yang cukup terjangkau, supaya dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. 

  3. Selektif dalam memilih tamu undangan

    Penting bagi Sahabat dan pasangan untuk selektif dalam memilih tamu undangan saat menyelenggarakan pernikahan sederhana. Sebab, jumlah tamu undangan akan secara langsung memengaruhi besaran biaya yang akan dikeluarkan saat menggelar resepsi. Semakin banyak tamu yang Sahabat undang, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Utamakan tamu undangan dari keluarga inti dan teman dekat supaya dapat mengatur dana untuk katering, undangan, dan souvenir dengan tepat. 

  4. Undangan dan souvenir unik tetapi murah

    Untuk meminimalisir bujet pernikahan sederhana, Sahabat dan pasangan bisa menggunakan undangan digital dibandingkan undangan fisik. Selain itu, undangan digital pun sifatnya lebih fleksibel, sehingga Sahabat bisa mengeluarkan sisa dana untuk kebutuhan lain. Sementara, mengenai souvenir, sebaiknya pilih barang yang bermanfaat, unik, dan harganya cukup terjangkau. Buatlah perbandingan antara satu barang dengan barang lainnya untuk menjadi pertimbangan saat memilih souvenir yang tepat. 

  5. Tentukan katering atau masak sendiri

    Hidangan untuk tamu undangan juga harus diperhatikan dengan matang lho, Sahabat. Ada beberapa pilihan untuk menekan biaya pernikahan sederhana, yaitu memilih katering dengan harga terjangkau atau masak sendiri dengan bantuan keluarga? Biasanya pasangan yang menggelar pernikahan sederhana di rumah mengandalkan bantuan dari keluarga besar untuk membuat hidangan utama bagi para tamu. Dengan begitu, pengeluaran pun tidak akan begitu membengkak. Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan, Sahabat bisa memilih katering yang membanderol harga terjangkau. Pastikan katering tersebut sudah terpercaya dan memiliki rasa yang enak ya, Sahabat. 

  6. Atur sendiri dekorasi

    Atur juga dana pernikahan sederhana untuk dekorasi agar pesta lebih berkesan dan terlihat elegan. Untuk menekan pengeluaran, Sahabat bisa mengatur sendiri dekorasi pesta, termasuk pemilihan berbagai pernak-pernik serta bunga yang akan digunakan saat resepsi. Ini akan lebih menghemat biaya dibandingkan menggunakan jasa dekorasi pernikahan. 

  7. Sewa baju pengantin

    Jika Sahabat ingin menggelar pernikahan sederhana, sebaiknya hindari membuat baju pengantin di desainer dengan harga yang cukup tinggi. Sebab, biasanya baju pengantin hanya bisa digunakan satu kali saja. Sebagai gantinya, Sahabat bisa menyewa baju pengantin karena harganya relatif lebih terjangkau. 

  8. Libatkan orang terdekat untuk dokumentasi

    Saat ini sudah banyak orang yang bisa menggunakan kamera profesional untuk mendokumentasikan berbagai momen. Cobalah bekerjasama dengan teman atau orang terdekat untuk mengabadikan momen pernikahan sederhana Sahabat. Sebab, menyewa jasa fotografer profesional akan memakan dana yang lebih besar. 

  9. Gunakan makeup murah tetapi menawan

    Hal lain yang perlu disiapkan dengan matang adalah makeup pengantin, khususnya pengantin wanita. Sebab, tamu undangan akan melihat langsung seperti apa riasan pengantin saat hadir di resepsi. Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak Makeup Artist (MUA) yang membanderol harga relatif terjangkau. Sahabat bisa mencari referensi berbagai MUA di media sosial. Pastikan memilih MUA yang berada di wilayah terdekat dengan lokasi pernikahan. 

  10. Siapkan dana tak terduga

    Meskipun Sahabat sudah menyusun hal-hal yang harus dipersiapkan, namun Sahabat juga tetap harus menyiapkan biaya tak terduga untuk pernikahan sederhana. Hal ini penting dilakukan agar Sahabat dan pasangan tetap aman setelah resepsi pernikahan selesai. Jika tidak terpakai, dana ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, bukan? 

    Baca juga: 10 Rincian Biaya Pernikahan Agar Lebih Hemat

Kelebihan Pernikahan Sederhana

Berikut ini beberapa kelebihan pernikahan sederhana yang bisa Sahabat dan pasangan dapatkan, antara lain:

  1. Dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan setelah menikah

    Dengan menggelar pesta pernikahan sederhana, Sahabat bisa menekan biaya yang harus dikeluarkan. Dengan begitu, sisa dana yang ada bisa Sahabat dan pasangan alokasikan untuk kebutuhan setelah menikah. Bukankah hal ini akan menguntungkan Sahabat dan pasangan di kemudian hari? Itulah mengapa banyak pasangan yang memilih pernikahan sederhana agar kebutuhan finansial tercukupi dengan baik. 

  2. Perencanaan tidak memakan waktu lama

    Menggelar pesta pernikahan sederhana tentu akan membuat waktu persiapan yang Sahabat dan pasangan butuhkan menjadi lebih efektif. Selain tidak banyak hal yang harus dipersiapkan, pesta pernikahan juga akan memunculkan hubungan yang lebih akrab antara pengantin dengan tamu undangan yang hadir. 

  3. Mengurangi tekanan dan stres

    Pernikahan sederhana juga bisa mengurangi tekanan dan stress yang dirasakan oleh Sahabat. Kondisi ini terjadi karena Sahabat dan pasangan tidak akan memutar otak untuk memikirkan mengenai biaya yang harus dikeluarkan dengan nominal yang cukup besar. Selain itu, Sahabat dan pasangan juga akan merasa siap dengan tamu undangan yang telah Sahabat batasi jumlahnya. 

  4. Bisa mendapat pinjaman dengan dana yang tidak membengkak

    Seperti yang sudah dijelaskan, menggelar pernikahan yang sederhana bukan berarti tidak mengeluarkan dana sedikitpun, Sahabat dan pasangan tetap perlu menyiapkan sejumlah dana agar pesta berlangsung dengan lancar. Supaya tidak memakan waktu lebih lama untuk mengumpulkan dana tunai, Sahabat bisa menggunakan solusi lain dengan cara memanfaatkan layanan pinjaman dana modal nikah yang disediakan oleh perusahaan atau lembaga keuangan tertentu. Saat ini telah ada pinjaman dana yang disebut dengan Kredit multiguna.

Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal biaya pernikahan yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa memanfaatkan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Bahkan, Sahabat bisa melakukan pengajuan hanya dari rumah, dengan melalui smartphone saja. Caranya dengan menggunakan aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur layanan pinjaman dana, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, hingga kredit multiguna. Suku bunganya pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulan.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN