Home / Berita Terbaru

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

30 September 2021 | Penulis : Adira Finance

Kata siapa ibu rumah tangga tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan? Eits, saat ini sudah banyak lho usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal terbatas dan menguntungkan. Bahkan, jenis usaha sampingan ini bisa Sahabat lakukan dengan mudah hanya dari rumah. Pasti penasaran kan apa saja usaha yang dimaksud? Simak daftarnya berikut ini, yuk! 

  • Reseller dan Dropshipper 

    Reseller atau dropshipper masih menjadi jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang paling diminati. Ini karena banyak ibu rumah tangga yang merasa sistem reseller dan dropshipper terbilang cukup mudah dan menguntungkan, serta jenis bisnis ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang tertarik menjadi reseller dan dropshipper. 

    Jika Sahabat salah satu orang yang tertarik, maka Sahabat harus menentukkan terlebih dahulu produk apa yang ingin dijual? Lalu, pilihlah produsen atau supplier yang memang sudah terpercaya dan memiliki sistem jual-beli yang tidak membebankan. 

    Selain itu, Sahabat juga perlu mengetahui perbedaan reseller dan dropshipper. Meskipun kedua bisnis ini sama-sama memasarkan produk jualan orang lain, namun sistem kerjanya cukup berbeda. Reseller biasanya harus membeli terlebih dahulu produk dari produsen atau supplier untuk dijual kembali. 

    Sedangkan, dropshipper tidak perlu menyetok barang dan tidak memikirkan proses pengiriman barang karena sudah dikirim langsung oleh produsen kepada pembeli. Oleh karena itu, reseller dan dropshipper termasuk jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang cocok untuk para pemula yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. 

  • Makanan Beku (Frozen Food)

    Permintaan terhadap makanan beku (frozen food) semakin meningkat terutama sejak munculnya pandemi covid-19 di Indonesia. Tak sedikit pula orang yang berlomba untuk memulai usaha sampingan ibu rumah tangga ini demi meraup untung yang berlipat. 

    Nah, Sahabat juga bisa mencoba peruntungan ini dengan menyediakan makanan beku (frozen food) yang diminati banyak orang, khususnya target market dari bisnis yang Sahabat jalani. 

  • Katering Rumahan

    Punya hobi memasak? Jika iya, saatnya manfaatkan kemampuan ini untuk membangun usaha sampingan ibu rumah tangga, yuk? Bisnis ini bisa Sahabat lakukan hanya dari rumah lho. Ada banyak jenis katering rumahan yang bisa dikembangkan, mulai dari katering harian, katering anak sekolah, katering kantoran, katering menu diet, dan lain sebagainya. 

    Saat mengembangkan usaha sampingan ibu rumah tangga ini, pastikan Sahabat untuk mengutamakan kualitas makanan, rasa, kebersihan, dan harga yang bersaing. Ini karena bisnis katering rumahan akan semakin sukses berkat testimoni dan kepuasaan pelanggan terhadap makanan yang mereka pesan. 

  • Camilan hits 

    Setiap tahun, pasti selalu ada makanan dan minuman yang tren di masyarakat. Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa Sahabat maksimalkan dengan melihat banyaknya peminat untuk mengonsumsi makanan dan minuman hits tersebut. 

    Namun perlu jadi catatan bahwa jenis usaha sampingan ibu rumah tangga ini memang termasuk musiman, sehingga Sahabat perlu berkreasi dengan kreatif agar usaha tersebut bisa berjalan hingga jangka panjang.

  • Jasa Menulis

    Hobi menulis bisa menghasilkan penghasilan tambahan yang cukup menguntungkan. usaha sampingan ibu rumah tangga ini dapat Sahabat maksimalkan karena saat ini banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk membuat artikel demi kebutuhan promosi dan brand awareness. 

    Untuk memulai usaha sampingan ibu rumah tangga ini, Sahabat bisa mempromosikan diri di media sosial atau daftar di website khusus pekerja lepas agar mudah dilihat oleh perusahaan. Selain itu, pastikan Sahabat menyusun portofolio berupa tulisan yang sudah pernah dibuat untuk meyakinkan para pencari jasa menulis. 

  • Jasa Menjahit

    Usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa jadi pilihan selanjutnya adalah jasa menjahit. Ide usaha ini sangat cocok bagi para ibu rumah tangga yang sudah memiliki keahlian di bidang menjahit pakaian. Apalagi jika Sahabat sudah memiliki mesin jahit sendiri, peluang usaha sampingan ini cukup menguntungkan lho. 

    Sebab, saat ini masih banyak pula orang yang ingin membuat baju dengan desain sendiri atau karena ingin membuat baju yang ukurannya pas dengan bentuk tubuhnya sendiri. 

  • Jasa Laundry

    Saat ini semakin banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan utamanya, sehingga membuat pekerjaan rumahnya sering kali terabaikan, seperti mencuci pakaian kotor. Kebiasaan ini sering dialami oleh para pekerja kantoran di kota-kota besar. 

    Nah, jika rumah Sahabat berada di kawasan perkantoran atau kampus, ini peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan lho. Utamakan pelayanan pelanggan dengan baik, harga bersaing, serta hasil cucian yang bersih serta wangi agar banyak pelanggan yang puas dengan jasa laundry Sahabat.

  • Barang handmade 

    Kreativitas itu tidak ada batasnya lho, Sahabat. Sekarang banyak orang yang memanfaatkan barang bekas menjadi produk daur ulang yang menghasilkan nilai jual lebih. 

    Melihat peluang ini, Sahabat juga bisa berkreasi mengubah barang bekas menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Ada banyak ide-ide kreatif yang bisa Sahabat coba, luangkan waktu untuk bereksplorasi membuat barang daur ulang yang handmade untuk menjadi bisnis yang menguntungkan.

  • Angkringan

    Usaha sampingan ibu rumah tangga yang tak kalah menguntungkan adalah angkringan. Jenis usaha ini bisa semakin menjanjikan jika Sahabat memiliki tempat strategis untuk berjualan. Dengan mengutamakan rasa yang enak, harga yang bersaing, kebersihan, dan tempat yang nyaman, maka banyak anak muda yang tertarik untuk makan makanan di angkringan sambil berkumpul bersama teman-temannya. 

Cara Mendapatkan Modal untuk Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Saat ingin mengembangkan usaha sampingan ibu rumah tangga, pasti ada beberapa kendala yang membuat Sahabat ragu untuk memulainya. Salah satu kendala yang sering jadi permasalahan adalah modal awal usaha. Banyak ibu rumah tangga yang mengurungkan niat untuk berbisnis karena tidak ada modal yang mencukupi.

Padahal, saat ini sudah banyak kemudahan untuk mendapatkan modal awal usaha lho. Sahabat tidak perlu khawatir jika belum memiliki uang tunai yang cukup atau saldo di tabungan tak memadai, karena ada layanan Kredit Multiguna yang memberikan kemudahan kepada Sahabat untuk mendapatkan modal dalam mengembangkan usaha sampingan ibu rumah tangga. 

Kredit Multiguna adalah jenis pembiayaan barang dan/atau jasa dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bersifat konsumtif dengan tujuan penggunaan pembiayaan yang spesifik.

Dengan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Layanan pinjaman ini terbilang cukup mudah digunakan karena aset tersebut tetap bisa digunakan untuk mendukung mobilitas dan memperluas usaha sampingan ibu rumah tangga yang dikembangkan. 

Sebelum menggunakan layanan kredit multiguna, pastikan Sahabat memilih layanan dari lembaga pembiayaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu lembaga pembiayaan yang sudah kredibel adalah Adira Finance. Dengan begitu, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman dana untuk modal awal usaha dengan mudah dan tanpa repot.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN