Home / Berita Terbaru

11 Cara Berjualan Online untuk Pemula, Siap Banjir Orderan!

11 Cara Berjualan Online untuk Pemula, Siap Banjir Orderan!

22 April 2021 | Penulis : Adira Finance

Jualan online semakin diminati oleh para pemula yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak pula orang yang mencari cara berjualan online menguntungkan di tengah pandemi covid-19. Sebab, kemunculan pandemi ini membuat sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah. Mencari kebutuhan dari ujung rambut hingga ujung kaki cukup lewat online saja. Apalagi di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, semakin banyak orang yang mencari kebutuhannya secara online, baik kebutuhan harian hingga perlengkapan untuk hari raya. Ada banyak pula model bisnis yang bisa Sahabat kembangkan, mulai dari bisnis pakaian, makanan, parcel, perlengkapan ibadah, alat elektronik, aksesoris, dan lainnya. Ini menunjukkan bahwa peluang cara berjualan online semakin lebar, serta bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Oleh karena itu, Sahabat bisa memaksimalkan peluang ini dengan mulai merintis jualan online demi mendapatkan keuntungan yang berlipat. 

Cara Berjualan Online untuk Pemula

Mungkin Sahabat sering mendengar anggapan yang menyebutkan bahwa jualan online sangat mudah dilakukan. Meski banyak peluang, tak semua orang memiliki kisah sukses jualan online. Ada juga toko online yang harus tutup di tengah jalan karena beberapa faktor. Supaya terhindar dari kemungkinan buruk tersebut, ada 10 cara berjualan online yang harus diperhatikan agar bisnis terus berkembang, antara lain: 

  1. Tentukan jenis produk 

    Cara berjualan online yang harus diperhatikan yaitu menentukan jenis produk yang akan dijual. Meski ingin mendapatkan penghasilan tambahan, namun jualan online tidak semudah membalikkan telapak tangan lho. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah menentukkan jenis produk. Hal ini penting demi mengetahui cara berjualan online yang menguntungkan untuk jangka panjang. Jika Sahabat tidak tahu mau berjualan apa, bisa dipastikan bisnisnya pun tidak akan berkembang. 

  2. Riset target market

    Cara berjualan online selanjutnya adalah riset target market. Cara ini bisa membantu sebuah brand untuk menghasilkan informasi tentang besarnya pasar potensial suatu produk atau jasa sesuai dengan target market. Informasi tersebut nantinya sangat berguna untuk menentukkan penjualan dan pencapaian selanjutnya. Oleh karena itu, memilih jenis produk harus sesuai dengan target market agar jualan online Sahabat bisa terus berkembang hingga jangka panjang.

  3. Pahami nilai jual produk

    Memahami nilai jual produk termasuk cara berjualan online yang penting. Saat membahas mengenai nilai jual produk, biasanya yang sering disebut adalah keunggulan seperti harga murah dan kualitas terbaik. Tetapi tunggu dulu, keunggulan produk tidak cukup sampai di situ lho. Sahabat harus memahami nilai jual produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Di sinilah pentingnya mengetahui nilai jual produk (unique selling point) yang nantinya menjadi kunci untuk membedakan bisnis Sahabat dengan kompetitor. Dengan mengetahui cara berjualan online ini, maka Sahabat pun akan semakin mudah untuk mempromosikan kepada calon pelanggan.

  4. Manfaatkan media sosial

    Namanya jualan online, maka Sahabat pun harus memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana promosi. Selain itu, media sosial juga jadi cara berjualan online yang memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, modal rendah atau bahkan tanpa modal sama sekali, dapat menjangkau masyarakat luas, dan biaya operasional murah. Apalagi jika Sahabat memaksimalkan berbagai fitur yang ada dalam media sosial, maka produk yang dijual pun akan semakin diketahui oleh banyak orang. 

  5. Buat website sendiri

    Salah satu cara berjualan online yang efektif untuk meningkatkan branding adalah dengan membuat website sendiri. Jika Sahabat hanya fokus meningkatkan penjualan lewat media sosial dan marketplace, kemungkinan besar banyak pelanggan yang hanya akan mengingat media tersebut dibandingkan brand Sahabat sendiri. Membuat website sendiri untuk pertama kalinya memang cukup sulit, ada banyak hal teknis yang harus diperhatikan. Demi mengatasi hal ini, Sahabat juga bisa menggunakan jasa pembuat website supaya dapat mendesain sesuai dengan konsep branding dari toko online yang akan dikembangkan. 

  6. Gunakan teknik content marketing 

    Content marketing merupakan salah satu cara berjualan online yang mengutamakan pembuatan konten dalam proses promosinya. Konten ini harus relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik perhatian orang. Semakin bagus konten yang dibuat, maka semakin besar juga kemungkinan toko online sahabat dikenal banyak orang. Content marketing ini ada banyak bentuknya, tidak semua konten bertujuan untuk menjual produk secara langsung. Namun, ada pula konten yang berkonsep soft selling, yaitu teknik promosi tidak langsung yang dapat membujuk pelanggan secara halus tanpa langsung menyuruhnya untuk membeli suatu produk. 

  7. Optimalkan word of mouth marketing 

    Jika Sahabat memiliki modal lebih, saatnya manfaatkan cara berjualan online dengan teknik word of mouth marketing, yaitu strategi pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Sebenarnya strategi ini pun bisa tanpa modal sama sekali, Sahabat cukup mengumpulkan testimoni dari keluarga atau teman yang sudah mencoba produk atau jasa yang Sahabat jual. Namun, cara berjualan online yang satu ini akan semakin berpengaruh hingga menjangkau lebih banyak orang jika Sahabat memanfaatkan influencer untuk promosi. Strategi ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, membangun brand, dan meningkatkan sisi humanis saat mempromosikan suatu barang atau jasa. 

  8. Beriklan secara online 

    Namanya jualan online, maka sudah saatnya Sahabat memaksimalkan iklan di media sosial. Beriklan di media sosial tak hanya meningkatkan brand awareness saja, tetapi juga membuka kesempatan lebih luas untuk meningkatkan penjualan. Meskipun cara berjualan online ini membutuhkan modal, akan tetapi tidak ada salahnya jika Sahabat mencobanya demi mengembangkan bisnis yang lebih besar.

  9. Berikan promo menarik

    Siapa yang tidak suka promo? Hampir setiap orang sangat tertarik membeli suatu produk jika sedang promo, apalagi jika produk tersebut sudah diincar sejak lama. Maka dari itu, Sahabat bisa memanfaatkan promo sebagai cara berjualan online agar banyak orang tertarik untuk membeli. Namun, Sahabat juga perlu cermat sebelum menyebarkan promo agar para pelanggan tidak membeli pada saat promo saja. Oleh karenanya, penting untuk membuat strategi sebelum menjalankan promosi yang menarik. 

  10. Pelajari dan pahami data

    Data hasil penjualan dan data yang berkaitan dengan upaya promosi sangat penting untuk kemajuan bisnis Sahabat di masa mendatang. Cara berjualan online ini berperang sebagai bahan evaluasi, menggambarkan kondisi terkini bisnis, bahan pertanggungjawaban, meningkatkan produktivitas, dan menunjukkan kredibilitas suatu bisnis yang dijalani. Dengan mempelajari dan memahami data yang ada, kemungkinan besar akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya dalam meningkatkan penjualan serta membuat strategi promosi yang lebih baik. 

  11. Maksimalkan layanan tambahan

    Selain memahami nilai jual suatu produk, penting bagi Sahabat untuk memaksimalkan layanan tambahan demi kepuasan pelanggan. Cara berjualan online ini sangat penting demi menciptakan konsumen yang loyal. Jika seorang pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal, sehingga dapat merekomendasikan produk Sahabat kepada orang lain. Dengan begitu, pelanggan baru akan semakin berdatangan untuk membeli produk Sahabat. Layanan tambahan ini bisa berupa kualitas produk bergaransi, adanya poin atau reward, layanan ongkos kirim gratis, pilihan jasa ekspedisi yang beragam, dan lainnya. 

Jika Sahabat ingin mulai merintis bisnis, cara berjualan online di atas bisa membantu untuk mempersiapkan hal-hal penting yang harus dilakukan demi perkembangan bisnis hingga jangka panjang. Selain cara berjualan online tersebut, Sahabat juga perlu memperhatikan modal yang dibutuhkan sebagai pendukung bisnis yang dijalani. Untuk mendapatkan modal ini, Sahabat bisa memaksimalkan layanan kredit multiguna. Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal bisnis yang mudah, aman, dan cepat. Pilihlah kredit multiguna yang terpercaya, seperti dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan begitu, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Bahkan, suku bunganya pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN