Home / Berita Terbaru

11 Cara Menjadi Reseller yang Mudah dan Untung Melimpah

11 Cara Menjadi Reseller yang Mudah dan Untung Melimpah

20 Agustus 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat ingin memulai bisnis dengan modal minim? Atau bahkan tanpa modal? Tenang saja, ada cara menjadi reseller yang mudah dengan keuntungan melimpah yang bisa Sahabat lakukan mulai sekarang. 

Saat ini banyak orang yang mencari cara menjadi reseller untuk mendapatkan penghasilan tambahan di tengah kondisi perekonomian yang kurang stabil. Cara menjadi reseller memang bisa jadi solusi tepat bagi Sahabat yang masih pemula dalam dunia bisnis dan bingung untuk terjun dalam mengembangkan sebuah usaha. Sebab, cara menjadi reseller pada kenyataannya tidak repot jika dibandingkan membangun sebuah bisnis sendiri dari nol. 

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjadi reseller yang menjanjikan, sebaiknya kita pahami dulu apa itu reseller dan manfaatnya yang bisa Sahabat dapatkan. 

Apa itu Reseller? 

Reseller merupakan orang yang menjual kembali produk dari supplier kepada konsumen dengan adanya komisi yang telah ditentukan sendiri atau ditetapkan oleh supplier tersebut. Biasanya reseller perlu menyetok barang terlebih dahulu dari supplier sebelum menjualnya. Selain itu, umumnya reseller bebas untuk tetap menggunakan merek produk dari supplier atau membuat brand sendiri. 

Cara menjadi reseller terlihat cukup mudah, bukan? Apalagi saat ini sudah banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh reseller karena pangsa pasar online di Indonesia sudah sangat besar. Bahkan, sudah banyak supplier yang menyediakan berbagai macam produk yang bisa reseller pilih, mulai dari produk rumah tangga, pakaian, aksesoris, makanan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, cara menjadi reseller yang sukses bukanlah hal yang mustahil, Sahabat bisa melakukannya mulai sekarang. 

Cara Menjadi Reseller 

Supaya lebih memaksimalkan keuntungan dari jenis bisnis ini, ada beberapa tips jitu yang bisa Sahabat lakukan sebagai cara menjadi reseller, di antaranya: 

  1. Tentukan produk yang tepat

    Cara menjadi reseller yang penting adalah menentukan produk yang layak dijual. Dari sekian banyak ide produk yang dapat dijual, reseller harus dapat memilih produk apa saja yang sekiranya dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. 

    Itulah sebabnya, produk merupakan faktor yang sangat menentukan keberlangsungan bisnis reseller yang Sahabat jalankan. Untuk menentukan produk yang tepat, sebaiknya Sahabat perlu riset terlebih dahulu. Ibaratnya, produk Sahabat merupakan solusi dari kebutuhan atau masalah yang dimiliki oleh konsumen. 

  2. Cari supplier yang tepat

    Saat ini sudah banyak supplier yang menjual produk yang variatif. Namun, Sahabat perlu lebih cermat memilih supplier yang sudah terpercaya dan produknya berkualitas agar terhindar dari penipuan. Ada beberapa kriteria untuk memilih supplier yang tepat, di antaranya kualitas produknya layak jual, identitas supplier sudah terverifikasi, transparansi dalam komunikasi, dan peraturan order yang jelas. 

  3. Lihat pasar dan kompetitor

    Cara menjadi reseller yang baik selanjutnya adalah dengan melihat kompetitor dari produk yang akan dijual. Sahabat perlu melihat seberapa besar atau seberapa banyak kompetitor Sahabat dalam menjalankan bisnis reseller. Sebab, seringkali satu supplier sudah memiliki beberapa reseller yang telah menyebar di sejumlah daera. Cara menjadi reseller yang satu ini penting dilakukan agar menghindari terjadinya persaingan harga yang tidak ‘sehat’ yang dapat merugikan Sahabat sebagai reseller dan supplier. 

  4. Buat branding toko dengan baik

    Mengapa branding toko sendiri penting sebagai salah satu cara menjadi reseller yang sukses? Tentu saja penting. Sebab, branding toko sendiri membuat bisnis reseller Sahabat lebih dikenal oleh publik dengan jangkauan yang lebih luas. Membuat branding toko sendiri sebenarnya cukup mudah, Sahabat dapat memulainya dengan membuat logo. 

    Adanya logo sangat penting agar bisnis Sahabat memiliki identitas yang jelas dan meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Setelah itu, saatnya Sahabat membuat deskripsi toko yang singkat, padat, dan jelas. Deskripsi toko penting agar calon konsumen mengetahui apa saja produk yang dijual di toko Sahabat. 

  5. Kuasai informasi dan keunggulan produk

    Cara menjadi reseller yang sukses selanjutnya adalah dengan menguasai informasi dan keunggulan produk yang dijual. Dengan begitu, Sahabat akan percaya diri saat promosi dan lebih mudah meyakinkan calon konsumen. 

    Coba bayangkan jika Sahabat hendak membeli sebuah produk, tetapi sang penjual tidak mengetahui informasi dan keunggulan produknya, pasti Sahabat ragu untuk membeli produk tersebut, kan? Nah, untuk menghindari hal ini, sebaiknya Sahabat sudah paham betul mengenai keunggulan atau unique selling point dari masing-masing produk yang dijual. 

  6. Optimalkan promosi secara online

    Saat ini semakin banyak orang yang memilih membeli suatu barang secara online dibandingkan harus pergi keluar rumah. Apalagi sejak munculnya pandemi Covid-19, daya beli masyarakat yang menggunakan marketplace semakin meningkat. Itulah sebabnya, cara menjadi reseller yang sukses yaitu dengan mengoptimalkan promosi secara online. 

    Sahabat bisa membuat akun media sosial khusus bisnis dan membuat akun di sejumlah marketplace. Promosikan juga bisnis tersebut di media sosial Sahabat sendiri agar keluarga dan teman-teman tahu. 

    Baca juga: 8 Tips Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

  7. Berikan pelayanan terbaik

    Cara menjadi reseller yang sukses bukan hanya mengutamakan kualitas produk dan hasil yang menguntungkan, tetapi juga harus memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Cara menjadi reseller dengan pelayanan terbaik dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. 

    Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik, di antaranya respons cepat (fast response), menanggapi pertanyaan konsumen dengan ramah, memberikan solusi bila ada keluhan, membantu konsumen bila kesulitan saat memesan, dan lain sebagainya. 

  8. Maksimalkan testimoni

    Setelah mengoptimalkan pelayanan terbaik, ajaklah konsumen memberikan testimoni atau review positif untuk bisnis reseller Sahabat. Testimoni bisa berupa foto produk yang disertai kalimat testimonial dari konsumen mengenai produk, pelayanan, harga, pengiriman, dan lain sebagainya. 

    Memaksimalkan testimoni menjadi salah satu cara menjadi reseller yang menguntungkan. Sebab, testimoni ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan promosi untuk meyakinkan calon konsumen lainnya. Fakta menunjukkan sekitar 45% konsumen mempertimbangkan testimoni atau review sebelum melakukan pembelian secara online. 

  9. Lakukan evaluasi penjualan secara berkala

    Cara menjadi reseller yang sukses juga perlu melakukan evaluasi penjualan secara berkala, lho. Sahabat bisa memeriksa bagaimana penjualan selama satu bulan, apakah ada kenaikan atau penurunan. Hal ini penting dilakukan guna mengembangkan bisnis Sahabat menjadi lebih baik lagi. 

  10. Kelola pemasukan dan pengeluaran dengan baik

    Supaya mendapatkan keuntungan yang menjanjikan, cara menjadi reseller selanjutnya adalah dengan rajin melakukan pengelolaan pemasukan dan pengeluaran bisnis dengan baik. Pastikan Sahabat memisahkan uang dari pemasukan bisnis dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan perputaran keuangan yang baik, maka bisnis reseller pun akan semakin berkembang. 

  11. Perhitungkan semua hal secara matang

    Supaya bisnis yang Sahabat jalani bisa berkembang dalam jangka panjang, maka hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya perlu diperhitungkan secara matang. Sebaiknya Sahabat mengetahui tujuan dan target bisnis agar tetap bisa konsisten bila mengalami kendala di tengah jalan. 

Selain itu, hal yang perlu diperhitungkan adalah mengenai modal awal bisnis. Seperti yang telah disebutkan, bisnis reseller bisa Sahabat kembangkan dengan modal yang kecil. Itu artinya, Sahabat membutuhkan modal untuk membeli produk, menyiapkan berbagai bahan promosi, pengemasan, dan lainnya. 

Sahabat tidak perlu khawatir jika belum memiliki dana yang cukup untuk dijadikan modal bisnis. Karena saat ini sudah ada layanan Kredit Multiguna yang memudahkan Sahabat untuk mendapat pinjaman dana. Dengan Kredit Multiguna, Sahabat bisa mendapatkan modal bisnis yang mudah dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Pilihlah layanan Kredit Multiguna dari perusahaan pembiayaan yang sudah terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Adira Finance.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN