Home / Berita Terbaru

11 Keutamaan Umroh, Ibadah yang Datangkan Ketenangan Hati

11 Keutamaan Umroh, Ibadah yang Datangkan Ketenangan Hati

01 Desember 2022 | Penulis : Adira Finance

Umroh merupakan salah satu ibadah untuk melakukan ziarah ke tanah suci. Pelaksanaan ibadah yang disebut ‘haji kecil’ ini dilakukan dengan beberapa amalan, mulai dari niat atau ihram, tawaf, sa’i, dan diakhiri dengan tahallul. Ibadah ini dapat dilaksanakan sepanjang tahun dengan mengikuti syarat, hukum, rukun, dan waktu pelaksanaannya.

Di balik itu, ibadah umroh tergolong sunnah dan lebih banyak dipilih karena pelaksanaannya tidak seperti ibadah haji yang terbatas oleh waktu, materi, dan kuota jamaah yang dapat melakukannya di waktu tertentu. Namun, ada sejumlah keutamaan umroh yang penuh dengan kebaikan. Apa saja keutamaan umroh tersebut? Sahabat, simak penjelasannya berikut ini.

Keutamaan Umroh

Beberapa keutamaan umroh bagi yang mampu menjalankannya antara lain menghapus dosa, memperoleh ketenangan hati, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, doanya dikabulkan, dan deretan kebaikan lainnya. Simak penjelasan keutamaan umroh berikut ini.

  1. Menghapuskan dosa

    Keutamaan umroh yang perlu Sahabat ketahui adalah dapat menghapus dosa-dosa. Seseorang yang telah menjalankan ibadah umroh sebelumnya dan melakukan umroh lagi di tahun-tahun berikutnya, maka dosa-dosa di antara kedua waktu umroh itu akan dihapuskan. Dalam hadis riwayat Bukhori disebutkan bahwa:

    "Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain surga," (HR. Bukhari).

  2. Memperoleh pahala salat berlipat ganda

    Melaksanakan salat saat menjalankan ibadah umroh akan diganjar denga pahala yang berlipat ganda. Keutamaan umroh ini akan membuat pahala salat Sahabat saat melaksanakan umroh mendapatkan 1.000 hingga 100.000 kali lipat pahala. Hal ini juga disebutkan dalam hadis riwayat Ahmad dan Ibnu Majah berikut ini.

    "Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1.000 sholat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 sholat di masjid lainnya," (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

  3. Mendapat ketenangan hati

    Keutamaan umroh selanjutnya adalah mendapatkan ketenangan hati. Ibadah umroh akan membuat hati Sahabat terasa tenang dan kehidupan jadi jauh lebih tentram. Keutamaan umroh ini juga memberikan wujud kekayaan dalam hati dan membuat seseorang akan menjadi lebih sabar, tabah, serta menambah kualitas keimanan bagi yang melaksanakannya.

  4. Tingkatkan kualitas iman dan takwa

    Keutamaan umroh lainnya adalah meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan seseorang. Ibadah yang disebut sebagai ‘haji kecil’ ini juga adalah upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan demi memperbaiki ibadah serta perilaku di kehidupan sehari-hari.

  5. Doanya akan dikabulkan

    Keutamaan umroh berikutnya adalah doa yang akan dikabulkan. Bagi siapa saja yang melakukan ibadah umroh di tanah suci, tentu akan menjadi tamu Allah yang memiliki previlese tesendiri. Salah satu keistimewaan tersebut adalah dikabulkannya segala doa yang dipanjatkan. Hadis riwayat Ibnu Majah juga menyebutkan.

    “Dari Abu huraira, Rasulullah bersabda "Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya," (HR Ibnu Majah).

  6. Pahala dilipatgandakan ketika salat di Masjid Quba

    Keutamaan umroh lainnya pahala yang dilipatgandakan ketika seorang jamaah melaksanakan salat di Masjid Quba. Melaksanakan salat dua rakaat saja akan mendapatkan pahala setara dengan pahala umroh. Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, disebutkan:

    "Barang siapa telah bersuci (berwudlu) di rumaahnya. kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu sholat di dalamnya dua rakaat, baginya sama dengan pahala umroh," (Ibnu Majah).

  7. Memperoleh keberkahan

    Keutamaan umroh selanjutnya adalah memperoleh keberkahan. Jika Sahabat melaksanakan ibadah umroh dengan hati yang ikhlas dan dijalankan dengan khusyu, maka ibadah tersebut akan menjadi ibadah yang sah atau diterima. Hidup pun akan dilimpahkan keberkahan dan setiap harinya akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  8. Dijanjikan Surga

    Barang siapa yang melaksanakan ibadah umroh dengan hati yang ikhlas serta mengikuti tata cara seperti syarat, hukum, rukun, dan waktu pelaksanaannya dengan tepat sepenuh hati, maka akan bernilai pahala besar. Selain itu, hal yang menjadi keutamaan umroh adalah mendapatkan ganjaran masuk Surga.

  9. Dijauhkan dari kemiskinan

    Selain dihapuskannya dosa-dosa, mendapatkan kelimpahan berkah, doa-doa yang dikabulkan, hingga dijanjikan masuk Surga, keutamaan umroh selanjutnya adalah dijauhkan dari kemiskinan. Allah SWT memberikan keistimewaan ibadah umroh ini dengan menjauhkan siapapun dari kemiskinan atau kefakiran, dan atas izin-Nya hidup akan dicukupkan dan sejahtera. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Tarmidzi.

    "Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga," (HR. Tirmidzi).

  10. Sarana jihad, terutama bagi perempuan

    Keutamaan umroh berikutnya adalah sebagai sarana jihad, karena jihad merupakan ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan besar sehingga pahal yang dijanjikan adalah Surga. Jihad awalnya ditandai dengan mengikuti peperangan. Akan tetapi, kaum perempuan dilarang mengikuti peperangan di masa silam. Oleh karena itu, Allah SWT memberikan alternatif bagi kaum perempuan untuk melakukan jihad dengan cara melaksanakan ibadah haji atau umroh.

  11. Pahala yang dicatat hingga Hari Kiamat ketika wafat saat umroh

    Keutamaan umroh selanjutnya adalah pahala yang selalu dicatat hingga Hari Kiamat tiba bila seorang jamaah wafat ketika melaksanakan umroh. Keistimewaan ini juga diberikan ketika seseorang memiliki kekhusyukan dan menjalankan tata cara serta rukun umroh dengan benar. Bahkan, meskipun rukum umrohnya belum tercapai semua, Allah SWT sudah menjanjikan pahala.

Itulah sejumlah hal mengenai keutamaan umroh yang perlu Sahabat ketahui. Di antaranya adalah bertambahnya pahala, memperoleh keberkahan, hidup lebih tentram, hingga dijanjikan masuk Surga. 

Jika berencana melaksanakan ibadah umroh, Sahabat dapat memilih travel yang sudah memiliki track record terpercaya. Adira Finance telah bekerja sama dengan lebih dari 38 travel umroh lokal dan nasional yang terpercaya, aman dan amanah. Semua ini demi membantu Sahabat beribadah dengan tenang dan nyaman, serta selama melakukan perjalanan ke tanah suci.

Adira Finance juga menghadirkan layanan Pembiayaan Syariah Umrah yang memudahkan Sahabat untuk melaksanakan ibadah umrah dengan bantuan dana, tentunya dengan menggunakan akad yang berprinsip syariah, yaitu akad murabahah. Layanan ini bisa memudahkan Sahabat untuk mengangsur cicilan setelah pulang umroh. Selain bisa memilih paket dan biaya umroh sesuai kesanggupan, produk Pembiayaan Syariah Umroh juga memberikan keuntungan lain bagi Sahabat, di antaranya:

  • Transparansi biaya umroh yang mencakup fasilitas selama beribadah di tanah suci
  • Pembayaran biaya umroh dilakukan dengan cara dicicil dengan tenor sesuai kesepakatan
  • Bisa berangkat lebih dulu, tanpa harus menunggu pelunasan
  • Menggunakan akad murabahah yang sesuai syariat Islam
  • Bekerjasama dengan agen travel terpercaya di Indonesia
  • Jaminannya sangat mudah
  • Syarat dan ketentuan mudah
  • Proses pengajuan cepat

Yuk, langsung ajukan pembiayaannya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN