Home / Berita Terbaru

11 Usaha di Bidang Jasa yang Paling Diminati dan Menguntungkan

11 Usaha di Bidang Jasa yang Paling Diminati dan Menguntungkan

02 September 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat ingin memulai bisnis? Membuka usaha di bidang jasa bisa menjadi pilihan yang tepat lho. Apalagi jika Sahabat memiliki keahlian dan hobi tertentu yang saat ini sedang dicari oleh banyak orang.

Perlu Sahabat ketahui bahwa usaha di bidang jasa merupakan setiap usaha yang tidak melibatkan jual beli berbentuk barang atau produk. Jadi, Sahabat tidak perlu menyediakan media penyimpanan khusus saat menjalankan usaha ini.

Meski begitu, usaha di bidang jasa sebenarnya memiliki peluang yang tak kalah menarik dibandingkan usaha lainnya. Jenis usaha ini memiliki potensi keuntungan yang cukup menggiurkan, terutama jika Sahabat menjalankannya secara online

Namun, untuk mendapat keuntungan tersebut, pastikan memilih jenis usaha di bidang jasa yang tepat. Sahabat tidak perlu khawatir karena di artikel ini akan dijelaskan mengenai ide usaha di bidang jasa dan cara memulainya bagi pemula. Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Ide Usaha di Bidang Jasa

Saat menjalankan usaha di bidang jasa, Sahabat bisa memulainya dengan berbagai cara. Bahkan, beberapa di antaranya bisa dimulai hanya dari rumah dengan modal yang kecil. Berikut ini ide usaha di bidang jasa yang bisa dicoba:

  • Jasa titip beli produk

    Jasa titip beli produk termasuk usaha yang bisa dimulai dengan modal yang kecil, bahkan tanpa modal. Cara kerjanya cukup mudah, Sahabat mempromosikan produk-produk suatu brand, sekaligus tentukan biaya jasa titip sebagai keuntungan.

    Usaha jasa titip beli produk semakin berkembang karena adanya permintaan masyarakat untuk memiliki barang yang spesifik tanpa harus keluar rumah. Misalnya, pembelian barang dari suatu brand di acara tertentu atau pembelian barang di negara lain yang kebetulan sedang didatangi oleh Sahabat sebagai penjual.

  • Jasa terjemah

    Meskipun saat ini sudah ada teknologi google translate, tetapi sebenarnya peran seorang penerjemah masih diperlukan untuk kebutuhan penting lainnya, misalnya untuk menerjemahkan berbagai dokumen penting, untuk bahan penelitian, buku, dan lainnya. 

    Jika ingin memulai usaha di bidang jasa ini, pastikan Sahabat sudah mahir dalam menerjemahkan bahasanya dengan tepat. Dengan berbekal laptop dan koneksi internet, Sahabat sudah bisa mempromosikan jasa terjemah ke teman-teman dan laman khusus freelance. 

  • Jasa desain

    Bagi sahabat yang hobi membuat desain, ini saatnya memaksimalkan kemampuanmu untuk mendapatkan penghasilan dengan mengembangkan usaha di bidang jasa desain. Saat menjalankan usaha jasa desain, Sahabat bisa mempromosikan karya di media sosial dan website khusus layanan jasa demi meluaskan target pasar, baik di Indonesia hingga mancanegara. 

  • Jasa penulisan artikel

    Selain desain, hobi menulis juga bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Apalagi jika Sahabat sudah terbiasa menulis dan memiliki beragam portofolio, bisa saja banyak orang yang melirik jasa penulisan artikel yang Sahabat jalankan. 

    Sebab, saat ini banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk membuat artikel demi kebutuhan promosi dan brand awareness. Untuk memulai usaha di bidang jasa ini, Sahabat bisa mempromosikan diri di media sosial atau daftar di website khusus pekerja lepas. 

  • Jasa fotografi dan videografi

    Usaha di bidang jasa selanjutnya yaitu fotografi dan videografi. Sahabat bisa maksimalkan usaha ini jika memiliki alat pendukung seperti kamera dan keahlian memotret yang berkualitas. 

    Dengan begitu, hobi ini bisa menjadi usaha dengan hasil yang menguntungkan. Apalagi jika Sahabat memiliki beberapa jenis kamera dan alat fotografi lainnya, usaha ini sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menyewakan alat-alat tersebut kepada pelanggan yang membutuhkan

  • Jasa pembuatan website

    Saat ini kebutuhan website sebagai identitas semakin meningkat. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak paham untuk membuat dan mengembangkan website. Nah, kondisi tersebut bisa jadi peluang bagi Sahabat yang paham seputar pembuatan website dan memiliki kemampuan coding. 

    Itulah sebabnya, kehadiran jasa pembuatan website masih diminati, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Untuk memulai usaha di bidang jasa ini, Sahabat cukup bermodal laptop saja dengan potensi keuntungan yang besar. Apalagi jika Sahabat mampu melayani segmen pasar yang berbeda, mulai dari website pribadi, toko online, hingga website perusahaan. 

    Baca juga: 8 Tips Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal 

  • Jasa les privat

    Jasa les privat termasuk usaha di bidang jasa dengan modal kecil yang bisa Sahabat coba. Jenis usaha ini cocok untuk Sahabat yang pandai mengajar dan ingin memberikan manfaat lebih banyak kepada orang lain. 

    Untuk memulai usaha ini, Sahabat bisa mempromosikan ke orang terdekat terlebih dahulu agar mendapat testimoni yang terpercaya sebagai materi promosi untuk disebarkan ke target pasar yang lebih luas.

  • Jasa pembersih rumah

    Jasa pembersih rumah masih dicari oleh sebagian orang di kota-kota besar. Ini karena mereka memiliki kegiatan yang padat dan sibuk, sehingga tak punya waktu untuk membersihkan rumahnya sendiri. 

    Apalagi sejak munculnya pandemi Covid-19, banyak orang yang ingin membersihkan rumahnya menggunakan disinfektan. Sahabat bisa menyediakan jasa tersebut sebagai layanan unggulan. Jenis usaha di bidang jasa ini bisa Sahabat promosikan secara online agar target pasar lebih luas. 

  • Jasa pindahan barang

    Pindah kos, rumah, atau kantor biasanya sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Akan tetapi, pelaksanaannya seringkali merepotkan dan terhambat saat proses memindahkan semua barang. 

    Nah, kondisi itulah yang bisa jadi peluang untuk menjalankan usaha di bidang jasa pindahan barang. Sahabat bisa mulai menjalankan jenis usaha ini dengan memanfaatkan segmen pasar tertentu yang secara persaingan masih belum tinggi, misalnya jasa pindahan barang di daerah kampus-kampus dan kos mahasiswa.

  • Jasa cuci motor dan mobil

    Jenis usaha di bidang jasa yang tak kalah menguntungkan adalah jasa cuci motor dan mobil. Sahabat bisa lebih kreatif saat mempromosikan usaha ini. Caranya dengan menawarkan jasa cuci motor dan mobil di rumah (home service). Selain persaingannya yang belum terlalu tinggi, konsumen akan lebih senang dengan layanan yang Sahabat tawarkan. 

  • Jasa laundry 

    Laundry termasuk jenis usaha di bidang jasa yang masih cukup menguntungkan. Terutama di kota-kota besar dan di kawasan kampus. Hal ini dikarenakan orang-orang di perkotaan cenderung lebih sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. 

    Menjalankan jenis usaha di bidang jasa laundry memang membutuhkan modal yang tak sedikit karena Sahabat harus menyiapkan alat-alat pendukung, seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, deterjen, pewangi, dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan Sahabat memiliki modal usaha yang cukup untuk mengembangkan bisnis ini.

Berbicara mengenai modal usaha, beberapa jenis bisnis yang disebutkan di atas memang membutuhkan dana yang memadai. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada kemudahan dalam mendapatkan dana pinjaman modal usaha.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan layanan kredit multiguna yang tersedia di berbagai lembaga pembiayaan. Dengan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. 

Pastikan Sahabat memilih layanan ini dari lembaga pembiayaan terpercaya seperti Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga prosesnya pun lebih aman, mudah, dan cepat. 

Sahabat bisa memaksimalkan layanan ini melalui aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Dengan menggunakan aplikasi Adiraku, Sahabat bisa mengajukan pinjaman modal usaha di bidang jasa hanya melalui smartphone dan di rumah saja. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN