Home / Berita Terbaru

12 Alat Olahraga di Rumah yang Paling Mudah Digunakan

12 Alat Olahraga di Rumah yang Paling Mudah Digunakan

24 Januari 2022 | Penulis : Adira Finance

Setelah muncul pandemi COVID-19, sepertinya lebih aman untuk melakukan olahraga di dalam rumah ya, Sahabat? Olahraga di dalam rumah juga sangat cocok bagi Sahabat yang kesulitan melakukannya di gym karena berbagai faktor. Untuk itu, tak ada salahnya memiliki alat olahraga di rumah sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Memiliki alat olahraga di rumah ternyata memberikan berbagai manfaat lho, di antaranya lebih irit, membuat Sahabat lebih konsisten, serta lebih nyaman dan aman. Apalagi bagi Sahabat memiliki berbagai aktivitas dengan waktu yang terbatas, alat olahraga di rumah sangat memudahkanmu lho. 

Saat ini sudah banyak jenis alat olahraga di rumah yang bisa jadi pilihan, mulai dari treadmill, tali skipping, barbel, dan lain sebagainya. Nah, supaya Sahabat lebih mudah memilih alat yang sesuai dengan keinginan, Tim Adira akan menjelaskan lebih lengkap dalam artikel ini. Jadi, simak penjelasannya sampai selesai, yuk! 

  1. Matras yoga

    Meskipun namanya matras yoga, tetapi matras ini tak hanya untuk yoga saja lho. Sahabat juga bisa menggunakan matras ini untuk beberapa jenis olahraga lainnya, terutama untuk workout. 

    Matras yoga merupakan alat olahraga di rumah yang paling penting, apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Sahabat dapat dengan mudah berolahraga di rumah hanya menggunakan matras yoga karena bisa melihat video-video workout dari internet. Pastikan memilih matras yoga yang berkualitas agar kegiatan olahraganya tetap aman. 

  2. Dumbbell 

    Dumbbell atau biasa dikenal dengan istilah barbel merupakan alat olahraga di rumah yang digunakan dalam kegiatan angkat beban. Dumbbell berperan untuk membentuk dan melatih otot pada lengan dan bahu. 

    Ada banyak jenis dan berat dumbbell yang bisa Sahabat pilih, mulai dari berat 1 kg hingga 10 kg. Pastikan Sahabat memilih dumbbell yang sesuai dengan kemampuan, bisa mulai dengan dumbbell yang beratnya ringan. Setelah terbiasa berolahraga angkat beban, barulah memilih dumbbell yang lebih berat. 

  3. Kettlebell 

    Sebenarnya kettlebell hampir mirip dengan dumbbell, yaitu sama-sama digunakan untuk olahraga angkat beban. Namun, kettlebell merupakan alat olahraga di rumah yang terbentuk dari bola besi yang memiliki pegangan di bagian atas, tentunya dengan berat yang beraneka ragam.

    Kettlebell bisa menjadi olahraga alternatif pengganti dumbbell atau barbel. Fungsinya hampir mirip, yaitu untuk memperkuat dan melatih otot, baik untuk memperbaiki postur tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya. 

  4. Resistance band 

    Alat olahraga di rumah yang cocok dikombinasikan dengan matras yoga dan dumbbell adalah resistance band. Mungkin sebagian orang masih cukup asing dengan istilah ini. Resistance band merupakan band elastis yang terbuat dari karet atau lateks yang digunakan untuk memperkuat otot. 

    Tak hanya itu, resistance band juga bisa digunakan untuk melatih fleksibilitas tubuh lho. Alat ini sebenarnya sangat mudah digunakan, jadi tidak ada salahnya Sahabat memiliki resistance band untuk menemani olahraga di rumah. 

  5. Tali skipping 

    Sahabat gemar olahraga lompat tali? Nah, tali skipping termasuk alat olahraga di rumah yang bisa jadi pilihan tepat. Tali skipping merupakan alat olahraga yang hampir digunakan oleh sebagian besar orang. Sebab, lompat tali menggunakan alat olahraga ini cenderung lebih mudah, bahkan bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

    Ada banyak manfaat dari tali skipping, di antaranya menambah tinggi badan bagi anak-anak, menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan, serta melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. 

  6. Gym ball

    Di balik bentuk bulatnya yang lucu, ternyata gym ball bukan sekadar pajangan semata lho. Gym ball merupakan alat olahraga di rumah yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tubuh dan fleksibilitas. 

    Saat ini sudah banyak gerakan olahraga yang bisa dipraktekkan menggunakan gym ball, terutama gerakan push up dan plank. Sahabat bisa dengan mudah melihat contoh gerakan lainnya melalui video di internet. Alat olahraga ini pun dapat memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, serta keseimbangan dan koordinasi tubuh. 

  7. Treadmill 

    Sahabat pasti sudah tidak asing dengan alat olahraga yang satu ini, kan? Yup! Treadmill merupakan alat olahraga di rumah yang mampu membantu kita untuk berjalan, berlari, bahkan berjalan menanjak tanpa harus berpindah tempat. Itulah sebabnya, treadmill sering menjadi pilihan banyak orang saat hendak berolahraga di rumah atau di dalam ruangan. 

    Manfaat treadmill pun cukup banyak lho, di antaranya mengontrol hingga menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, melatih otot kaki, dan lain sebagainya. 

  8. Foam roller 

    Satu lagi alat olahraga di rumah yang sepertinya wajib Sahabat miliki nih, yaitu foam roller. Alat apa itu? Jadi, foam roller merupakan gulungan busa empuk yang membantu kita untuk melakukan beberapa gerakan olahraga, biasanya work out. 

    Fungsi utama foam roller adalah alat bantu untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku atau kencang, meningkatkan fleksibilitas, serta menjaga koordinasi dan keseimbangan tubuh. 

  9. Sepeda statis

    Ingin main sepeda, tapi malas keluar rumah? Sepeda statis jawabannya. Yup! Sahabat bisa menggunakan sepeda statis jika ingin menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengayuh sepeda, meski hanya dari rumah. 

    Sepeda statis termasuk alat olahraga di rumah yang praktis karena hanya berada di satu tempat. Sudah pasti sepeda statis banyak manfaatnya nih, di antaranya minim risiko cedera, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, memperkuat otot, serta melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh. 

  10. Pull up bar 

    Waaah… Alat olahraga yang satu ini sangat cocok bagi Sahabat yang sering ke gym lho. Pull up bar adalah alat olahraga yang dipakai untuk melakukan gerakan pull up (gerakan menaikkan dan menurunkan badan dengan mengandalkan kekuatan otot tangan dan otot punggung). 

    Pull up bar merupakan alat olahraga di rumah yang terbuat besi atau baja dan biasanya ditempelkan di tembok atau bagian atas pintu. Dengan adanya alat olahraga di rumah ini, Sahabat bisa melatih dan memperkuat otot, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan melatih kekuatan genggaman tangan. 

  11. Ring basket portable

    Alat olahraga di rumah yang pastinya digemari oleh banyak kalangan adalah ring basket portable. Sesuai dengan namanya, ini adalah ring basket yang bisa dipindah atau digeser dengan mudah. Dengan adanya alat olahraga di rumah ini, Sahabat jadi lebih mudah untuk bermain basket. 

    Manfaatnya pun tak tanggung-tanggung lho, Sahabat jadi lebih sehat dan bugar, kesehatan jantung tetap terjaga, berat badan terkontrol dengan baik, memperkuat otot, dan masih banyak manfaat lainnya. 

  12. Elliptical cross trainer 

    Alat olahraga di rumah yang terakhir yaitu elliptical cross trainer. Ini adalah alat kardio yang digunakan untuk melatih seluruh anggota tubuh Sahabat, mulai dari kaki, perut, punggung, dan lengan. Yang tak kalah istimewa, alat olahraga di rumah ini bisa menghadirkan beberapa gerakan yang membuat tubuh lebih sehat dan bugar lho. Penggunaannya pun cukup mudah karena dilengkapi mesin digital yang menempel pada elliptical cross trainer. 

Itu dia rekomendasi alat olahraga di rumah yang bisa jadi pilihanmu. Sekarang Sahabat jadi lebih mudah lho untuk berolahraga di rumah, karena untuk mendapatkan alatnya pun sangat praktis, tanpa harus menunggu dana tunai terkumpul. Sahabat pasti sudah tidak sabar ingin berolahraga dengan beberapa alat di atas, kan? 

Nah, sekarang Sahabat sudah bisa memanfaatkan layanan Kredit Elektronik, Furnitur, dan Gadget dari Adira Finance. Layanan Kredit Elektronik, Furnitur, dan Gadget menghadirkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki produk elektronik, furnitur, dan gadget, termasuk alat olahraga di rumah secara kredit.

Sahabat tidak perlu khawatir karena persyaratan layanan ini cukup mudah, proses cepat, bunga dan angsuran lebih ringan, jaringan pembayaran luas, serta layanan yang bersahabat. Menarik, bukan? Yuk, langsung ajukan kreditnya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN