Home / Berita Terbaru

12 Ide Usaha Minuman Kekinian yang Bikin Cuan!

12 Ide Usaha Minuman Kekinian yang Bikin Cuan!

14 Februari 2022 | Penulis : Adira Finance

Sahabat pasti sering melihat minuman viral dan hits yang bermunculan, kan? Banyaknya minuman hits tersebut membuat sebagian orang memanfaatkan peluang itu dengan cara mengembangkan usaha minuman kekinian. Bahkan, tak sedikit pula usaha minuman ini yang meraup untung besar hanya dengan hitungan bulan saja. Apa yang jadi rahasianya? Nah, di artikel ini akan dikupas tuntas mengenai usaha minuman kekinian yang bisa Sahabat kembangkan mulai sekarang. 

Namun sebelum itu, kita bahas dulu beberapa ide usaha minuman kekinian yang diprediksi akan di tahun ini. Dengan begitu, Sahabat sudah bisa mempersiapkannya sejak sekarang! 

Usaha Minuman Kekinian yang Menguntungkan

Berikut ini beberapa ide usaha minuman kekinian yang menguntungkan dan patut Sahabat coba, antara lain: 

  1. Minuman boba

    Sejak beberapa tahun belakangan, minuman boba masih diminati oleh banyak kalangan. Banyak pula jenis minuman yang dikombinasikan dengan boba, mulai dari milk tea, thai tea, es kopi, dan lain sebagainya. 

    Pilihlah jenis minuman yang unik dan beda dari yang lain, lalu tambahkan boba. Misalnya, Sahabat bisa menjual minuman segar, seperti lemon squash yang ditambahkan boba atau es teh kekinian dengan variasi boba, puding, dan topping lainnya. 

  2. Kombucha

    Kombucha juga termasuk ide usaha minuman kekinian yang bisa dicoba. Apalagi saat ini semakin banyak orang yang lebih peduli dengan kesehatan, sehingga memilih jenis minuman yang menyehatkan tubuh. Kombucha merupakan teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula, yang kemudian ditambahkan mikroba dan ragi. 

    Kombucha memiliki beragam manfaat penting bagi tubuh lho, seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan tingkat gula darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan ginjal.

  3. Minuman bersoda tanpa alkohol

    Saat ini Korean wave semakin menjamur di kalangan anak muda di Indonesia. Banyak pula yang penasaran dengan kuliner yang sering muncul di drama korea, salah satunya adalah soju. Soju merupakan minuman beralkohol khas Korea Selatan. Nah, soju bisa juga lho jadi ide usaha minuman kekinian. Sahabat bisa menjual soju versi halal yang tanpa alkohol, tentunya dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera. 

  4. Jamu kekinian

    Usaha minuman kekinian yang tak kalah menguntungkan adalah jamu. Yup! Sahabat bisa lho  mengemas jamu menjadi lebih kekinian. Diracik dari rempah-rempah khas Indonesia, jamu menghadirkan berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan. 

    Cobalah untuk mengemas jamu dengan kemasan yang lebih menarik, misalnya menggunakan botol dengan berbagai modifikasi rasa. Sahabat bisa menjual jamu beras kencur, honey temulawak, turmeric honey, asam jawa, dan lain sebagainya. 

  5. Cheese tea 

    Usaha minuman kekinian yang satu ini sebenarnya sudah cukup viral dari beberapa tahun belakangan, tetapi nyatanya cheese tea masih diminati oleh banyak orang. Sahabat bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual berbagai jenis minuman rasa dengan kombinasi cream cheese. Misalnya, Sahabat bisa menjual minuman taro cheese tea, matcha cheese tea, dan lain-lain. 

  6. Teh kekinian

    Tak kalah dengan jamu, minuman yang sudah ada sejak zaman dahulu ini bisa dijadikan peluang usaha minuman kekinian yang menguntungkan lho. Yup! Sahabat bisa menjual teh kekinian dengan variasi rasa yang menyegarkan, apalagi dikombinasikan dengan minuman viral lainnya. 

  7. Cold pressed juice

    Satu lagi minuman sehat yang sedang digemari oleh banyak orang, yaitu cold pressed juice. Jika jus biasa dibuat dengan blender yang fungsinya menghancurkan buah, namun alat untuk membuat cold pressed juice berfungsi untuk melumatkan buah dan mengeluarkan sari buahnya saja. Oleh karena itu, cold pressed juice terasa lebih cair dibandingkan jus, namun lebih sehat karena nutrisinya tidak terbuang lebih banyak. Dengan banyaknya orang yang menjalani gaya hidup sehat, membuat cold pressed juice menjadi salah satu ide usaha minuman kekinian yang wajib Sahabat coba. 

  8. Mocktail 

    Mocktail juga termasuk ide usaha minuman kekinian yang bisa Sahabat coba. Mocktail adalah minuman yang berbahan dasar sirup, jus, dan buah segar yang ditambahkan dengan soda dan sedikit sentuhan garnish, sehingga menghasilkan minuman yang menyegarkan. 

    Biasanya mocktail dapat ditemukan di cafe-cafe atau coffee shop tertentu, namun Sahabat bisa lho mengemas mocktail dengan lebih ekonomis, supaya diminati oleh banyak kalangan. 

  9. Es kopi susu

    Primadona usaha minuman kekinian yang diminati banyak orang adalah es kopi susu gula aren. Meskipun sudah hits sejak beberapa tahun ke belakang, tetapi es kopi masih diminati oleh banyak orang nih. Maka dari itu, tak ada salahnya Sahabat memanfaatkan peluang ini menjadi usaha minuman kekinian yang menguntungkan. 

  10. Minuman green tea atau matcha

    Ayo merapat para pecinta green tea dan matcha! Keduanya bisa dijadikan peluang usaha minuman kekinian yang menguntungkan lho. Apalagi saat ini sudah banyak juga berbagai variasi minuman berbahan dasar green tea atau matcha dengan rasa yang enak. Misalnya, green tea latte + boba, matcha cheese tea, dan lain sebagainya. 

  11. Minuman cokelat kekinian

    Tak kalah dengan green tea dan matcha, cokelat juga bisa dijadikan peluang usaha minuman kekinian yang menguntungkan nih, Sahabat. Sama seperti usaha minuman kekinian yang lainnya, cokelat juga bisa dikemas dengan cara berbeda, supaya meningkatkan daya tarik banyak orang. Misalnya, Sahabat bisa menjual minuman cokelat dengan tambahan cookies, biskuit, dan lain sebagainya. 

  12. Minuman charcoal 

    Lho? Charcoal bisa dibuat minuman? Bisa dong. Saat ini sudah banyak jenis minuman dan makanan yang terbuat dari charcoal, sehingga meningkatkan daya tarik banyak orang. Nah, Sahabat bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual usaha minuman kekinian berbahan dasar charcoal atau arang aktif. 

Bagaimana Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian?

Setelah mengetahui berbagai usaha minuman kekinian yang disebutkan di atas, apakah Sahabat sudah menetapkan jenis minuman yang ingin dijual? Jika sudah, namun Sahabat masih bingung cara memulainya, di bawah ini akan dibahas mengenai tips yang bisa dilakukan.

Berikut ini beberapa tips memulai usaha minuman kekinian yang bisa dicoba, antara lain: 

  • Utamakan kualitas minuman

    Saat menjalankan usaha minuman kekinian, jangan hanya memikirkan soal keuntungan saja ya, Sahabat. Yang paling penting yaitu mengutamakan kualitas dari minuman yang dibuat, baik dari segi bahan, rasa, kebersihan, dan lainnya. Sebab, hal tersebut akan membuat minuman menjadi lebih nikmat. 

  • Buatlah varian unik dan berbeda

    Tak dipungkiri, sudah banyak usaha minuman kekinian yang muncul di sekitar kita. Supaya membedakan antara minuman yang Sahabat jual dengan kompetitor, cobalah membuat varian unik dan berbeda. Hal ini dapat membantu Sahabat bersaing dan dikenal oleh banyak orang. 

  • Gunakan kemasan yang menarik

    Biasanya, bukan hanya rasa dan varian unik yang membuat konsumen tertarik, tetapi juga kemasan yang menarik. Hal ini bisa menambah daya tarik, sehingga banyak orang yang penasaran untuk mencobanya. 

  • Pilih lokasi yang strategis

    Rata-rata usaha minuman kekinian memang lebih mudah dijual secara offline dibandingkan online. Itulah sebabnya, Sahabat perlu memilih lokasi yang strategis, misalnya di kawasan dekat perkantoran, kampus, atau lain sebagainya. 

  • Manfaatkan media sosial 

    Meskipun dijual secara offline, Sahabat tetap harus memaksimalkan media sosial sebagai tempat untuk promosi. Saat ini banyak cafe dan sejenisnya yang viral akibat kekuatan media sosial. Nah, cobalah membuat konten yang menarik dan berpotensi untuk viral agar usaha Sahabat semakin dikenal banyak orang. Tak ada salahnya untuk bekerjasama dengan influencer atau selebgram yang sering review kuliner untuk meningkatkan brand community. 

  • Bisa pilih franchise minuman kekinian yang sudah terkenal

    Jika Sahabat ingin menjalankan usaha minuman kekinian dengan brand yang sudah terkenal, maka solusinya adalah menjalankan bisnis franchise. Saat ini sudah banyak brand minuman yang menggunakan sistem franchise. Dengan begitu, Sahabat sudah bisa menjual minuman tersebut, tanpa perlu repot mengembangkan produknya dari nol. 

Supaya usaha minuman kekinian berjalan sesuai rencana, Sahabat tentu membutuhkan modal usaha yang mencukupi. Sahabat bingung karena belum ada dana tunai yang cukup? Eits, tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang sudah bisa memanfaatkan layanan Kredit Multiguna dari Adira Finance. 

Layanan Kredit Multiguna memudahkan Sahabat untuk mendapatkan pinjaman dana tunai yang dibutuhkan untuk keperluan modal usaha. Layanan ini bisa dengan mudah diajukan melalui aplikasi Adiraku lho. Dengan begitu, Sahabat cukup menggunakan handphone untuk mengajukan pinjaman tanpa repot. Praktis, kan? Yuk, langsung install aplikasi Adiraku di sini

Hindari penipuan yang mengatasnamakan Adira Finance dengan mengkonfirmasi ke 1500-511 ketika ada oknum yang menghubungi Anda. Informasi lebih lengkap, kunjungi halaman ini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN