Home / Berita Terbaru

15 Furnitur Rumah Tangga yang Wajib Ada di Rumah

15 Furnitur Rumah Tangga yang Wajib Ada di Rumah

02 Juli 2021 | Penulis : Adira Finance

Memiliki rumah yang nyaman pasti jadi idaman sebagian besar orang. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan memiliki furnitur rumah yang dapat membantu memudahkan aktivitas sehari-hari. Mengisi hunian dengan furnitur rumah merupakan salah satu hal penting demi mendukung fungsi dan kenyamanan rumah. Namun, bagi sebagian orang, memilih furnitur rumah yang tepat sering kali jadi suatu kebingungan. Oleh karena itu, di bawah ini ada referensi furnitur rumah yang wajib Sahabat miliki, di antaranya:

Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan area terdepan yang akan dilihat pertama kali oleh tamu. Sebaiknya sediakanlah furnitur rumah yang bisa mendukung Sahabat menyambut dan menjamu kerabat dengan nyaman. Berikut ini funitur rumah khusus ruang tamu yang wajib dimiliki Sahabat:

  • Meja dan kursi

    Meja dan kursi merupakan furnitur rumah di ruang tamu yang wajib dimiliki. Sebab, dua furnitur rumah ini bisa menjadi alat yang bisa menjamu tamu dengan lebih sopan. Maka dari itu, untuk menghormati tamu yang datang berkunjung ke rumah Sahabat, sebaiknya sediakanlah meja dan kursi untuk menerima tamu. Sahabat dapat menyediakan meja dan kursi sederhana sebagai tempat duduk untuk berbincang-bincang dengan tamu.

Ruang Keluarga

Area selanjutnya yang wajib diisi oleh furnitur rumah adalah ruang keluarga. Sebab, ruang keluarga akan dijadikan area bagi anggota keluarga untuk menghabiskan banyak waktu bersama, seperti menonton televisi, mengobrol dan bercengkrama, atau sekadar duduk santai. Untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman dan menyenangkan, berikut ini furnitur rumah yang wajib ada di sana:

  • Televisi

    Furnitur rumah yang satu ini bisa menjadi sarana hiburan bagi Sahabat saat seharian lelah bekerja, di akhir pekan, atau saat santai di rumah. Menonton acara televisi pun bisa membantu meningkatkan kebersamaan dengan keluarga.

  • Karpet

    Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkumpul bersama keluarga, maka Sahabat membutuhkan karpet sebagai furnitur rumah di area ruang keluarga. Dilansir dari laman resmi The Spruce, penggunaan karpet akan menyediakan tempat istirahat untuk tubuh dan energi di rumah. Karpet dapat menghadirkan rasa ketenangan dengan memperlambat energi. 

  • Kipas angin

    Bagi banyak orang, kipas angin bisa menjadi alternatif jika tidak ingin menggunakan AC. Furnitur rumah ini akan membantu mengalirkan udara sejuk di rumah dan menghilangkan gerah.

Kamar Tidur

Kenyamanan di kamar tidur merupakan hal nomor satu yang harus diperhatikan karena ruangan ini berfungsi sebagai tempat beristirahat. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu Sahabat merasa segar kembali setelah lelah melakukan aktivitas seharian. Untuk mendukung fungsi tersebut, berikut ini furnitur rumah yang wajib ada di kamar tidur:

  • Kasur

    Kasur yang nyaman akan meningkatkan kualitas tidur Sahabat. Dilansir dari laman resmi National Sleep Foundation, penelitian membuktikan bahwa tidur dan hubungan yang berkualitas dengan pasangan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

  • Bed cover, bantal, guling

    Selain kasur, furnitur rumah yang mendukung kenyamanan kamar tidur adalah bed cover, bantal, dan guling. Semua peralatan tidur ini akan membuat tidur Sahabat lebih nyaman, pulas, dan berkualitas.

  • Lemari

    Sebaiknya pilih lemari sesuai dengan ukuran kamar tidur Sahabat. Pastikan semua furnitur rumah di area kamar tidur bisa sesuai dan tidak mengganggu kenyamanan dan estetika ruangan tersebut. Sebab, jika ukuran lemari terlalu besar, sedangkan ukuran kasur terlalu kecil, hal ini akan mengurangi kenyamanan Sahabat saat beristirahat. 

Dapur

Ruangan selanjutnya yang harus diisi oleh furnitur rumah adalah dapur. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dapur, mulai dari memasak, makan, dan minum. Masakan lezat dari dapur Sahabat akan menciptakan hubungan harmonis antar anggota keluarga. Namun, tanpa peralatan dapur yang memadai, Sahabat mungkin saja akan terhambat saat menyajikan makanan untuk keluarga. Oleh karena itu, dapur perlu diisi oleh furnitur rumah berikut ini:

  • Kompor

    Ada beragam jenis kompor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain dapur Sahabat, mulai dari kompor gas, kompor induksi, kompor listrik, hingga kompor portable. Jika Sahabat sering memasak untuk anggota keluarga, sebaiknya bisa gunakan kompor gas dengan dua tungku demi memudahkan Sahabat saat proses memasak. 

  • Kulkas

    Kulkas termasuk furnitur rumah yang tak kalah penting. Sebab, kulkas berfungsi untuk mendinginkan berbagai makanan dan minuman, serta mempertahankan berbagai makanan, seperti sayur, daging, buah, es krim, minuman kemasan, hingga sisa makanan. Dengan adanya kulkas di dapur, Sahabat juga bisa lebih mudah untuk memasak setiap harinya karena bahan masakan sudah tersedia di dalam kulkas. 

  • Alat penanak nasi serbaguna

    Alat penanak nasi juga penting ada di dapur. Pilihlah alat penanak nasi yang serbaguna untuk memudahkan Sahabat memasak nasi, bubur, kue, dan makanan lainnya. Saat ini sudah banyak alat penanak nasi serbaguna yang bisa dipilih sesuai dengan fungsi dan spesifikasinya sendiri. 

  • Peralatan masak 

    Kompor, kulkas, dan alat penanak nasi sudah. Sekarang giliran peralatan masak yang harus ada di dapur. Peralatan masak, seperti penggorengan, panci, microwave, pisau, dan lain sebagainya bisa membantu Sahabat saat memasak. Pilihlah peralatan masak yang paling dibutuhkan untuk sehari-hari. 

  • Peralatan makan

    Untuk menyajikan hidangan agar bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga, tentunya Sahabat membutuhkan peralatan makan. Pilihlah piring, mangkuk, sendok, garpu, dan gelas dengan yang berkualitas agar awet digunakan. Selain itu, Sahabat juga bisa pilih desain dan warna-warna yang menarik agar waktu makan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Kamar Mandi

Kamar mandi juga termasuk area yang harus diisi oleh furnitur rumah, di antaranya:

  • Peralatan mandi

    Setiap kamar mandi pasti sudah disertai dengan bak mandi, kloset jongkok atau duduk, shower, kran, dan lainnya. Selain itu, kamar mandi juga harus diisi oleh peralatan mandi yang penting untuk membersihkan tubuh, seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampoo, handuk, dan lain-lain. Nah, peralatan mandi ini harus ditempatkan pada tempat khusus yang menempel di dinding agar lebih rapi. Sahabat juga perlu menyediakan tempat khusus untuk alat pembersih kamar mandi untuk menciptakan kamar mandi yang bersih. 

Laundry 

Laundry juga termasuk area yang perlu diisi oleh peralatan rumah tangga yang penting lho, Sahabat. Apalagi bagi Sahabat yang sudah berkeluarga dan harus mencuci berbagai jenis pakaian dengan mudah dan nyaman. Berikut ini furnitur yang harus ada di tempat laundry: 

  • Mesin cuci

    Mesin cuci termasuk furnitur yang tidak boleh dilewatkan jika Sahabat berniat untuk mencuci dan membersihkan pakaian tanpa bantuan jasa laundry. Selain itu, kehadiran mesin cuci mengurangi pengeluaran untuk mencuci pakaian jika menggunakan jasa laundry. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk menyisihkan sebagian dana untuk membeli mesin cuci dengan kualitas yang baik dan serbaguna. Saat ini sudah banyak mesin cuci yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membuat kegiatan mencuci menjadi lebih mudah dan praktis. Pilihlah kapasitas dan fitur mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat dan keluarga.

  • Setrika

    Setelah pakaian selesai dicuci dan dijemur, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan Sahabat adalah menyetrika pakaian agar rapi dan tidak kusut. Oleh karena itu, Sahabat membutuhkan setrika untuk menunjang kegiatan tersebut. Saat ini sudah banyak pula jenis setrika dengan berbagai fitur, Sahabat bisa pilih setrika kering atau setrika uap sesuai kebutuhan. 

Itulah 15 furnitur yang harus Sahabat punya di rumah. Dalam memiliki setiap furnitur memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini ada kemudahan yang bisa dimanfaatkan saat membeli berbagai jenis furnitur rumah, terutama bagi Sahabat yang belum memiliki cukup dana tunai atau tabungan belum terkumpul sesuai kebutuhan. Sebab, Sahabat bisa memanfaatkan layanan pinjaman dana tunai yang bisa diakses melalui aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Aplikasi Adiraku menyediakan berbagai layanan pinjaman dana, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, kredit elektronik dan furnitur, hingga kredit multiguna. Dengan begitu, Sahabat cukup mengakses pengajuan kredit hanya melalui smartphone. 

Untuk membeli berbagai jenis furnitur, Sahabat bisa memanfaatkan layanan kredit kredit elektronik dan furnitur dari Adira Finance karena sudah terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN