Home / Berita Terbaru

15 Inspirasi Oleh-Oleh Haji dan Umroh

15 Inspirasi Oleh-Oleh Haji dan Umroh

01 September 2022 | Penulis : Adira Finance

Oleh-oleh haji dan umroh jadi sesuatu yang khas dibawakan oleh orang yang baru pulang dari kota suci Mekkah. Biasanya sebelum kembali pulang ke tanah air dan setelah melaksanakan ibadah di Mekkah, banyak orang menyempatkan membeli oleh-oleh haji dan umroh untuk keluarga, saudara atau relasi dekat. 

Selain pengalaman dan cerita di sana, beberapa jenis oleh-oleh haji dan umroh ini sangat ditunggu karena beberapa hanya bisa ditemukan di Mekkah dan sulit di temukan di tempat lain. 

Jika Sahabat memerlukan inspirasi dalam mencari oleh-oleh haji dan umroh, simak beberapa idenya di sini ya!

Variasi Oleh-Oleh Haji dan Umroh

Beberapa ide oleh-oleh haji dan umroh ini mungkin ada yang sudah sering Sahabat temukan, namun beberapa mungkin bisa jadi alternatif supaya variasi oleh-oleh haji dan umroh yang disiapkan jauh lebih banyak. Berikut beberapa idenya:

  1. Air Zam-Zam

    Oleh-oleh haji dan umroh ini sudah pasti jadi salah satu yang akan dibawa oleh jemaah yang baru pulang dari Mekkah. Air Zam-Zam diyakini oleh umat islam sebagai air suci karena berkaitan dengan sejarah pertama kali munculnya air. Mata air Zam-Zam juga terus mengalir sejak ribuan tahun lalu dan tidak berhenti hingga saat ini. Tidak heran jika kemudian banyak jemaah yang pulang ke Indonesia dengan membawa banyak air Zam-Zam berliter-liter.

  2. Kurma

    Buah yang sangat lekat dengan budaya Arab ini sangat pas untuk jadi oleh-oleh haji dan umroh. Selain rasa manisnya yang lezat, buah ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari buah kurma yang paling terkenal adalah sebagai sumber energi. Sebagai oleh-oleh haji dan umroh, Sahabat bisa pilih kurma yang masih dalam keadaan segar atau yang sudah dikeringkan.

  3. Parfum

    Parfum adalah oleh-oleh haji dan umroh yang sangat lekat dengan budaya Arab. Sejarahnya, parfum populer karena pedagang Arab yang menjajakan parfum ke seluruh dunia. Biasanya parfum yang identik dengan budaya Arab adalah yang memiliki wewangian kasturi, misik atau rempah aromatik lainnya.

  4. Buah Tin

    Oleh-oleh haji dan umroh ini diyakini adalah buah kesukaan Rasullulah SAW. Buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai sumber energi namun juga diyakini dapat melancarkan sistem pencernaan. Banyak buah Tin yang telah dikeringkan dan dikemas sehingga dijual sebagai oleh-oleh haji dan umroh.

  5. Cokelat batu

    Cokelat yang bentuknya seperti batu yang cantik ini memang sudah sangat terkenal jadi oleh-oleh haji dan umroh. Cita rasanya yang manis dan bentuknya yang unik membuatnya sangat dikenal sebagai oleh-oleh yang khas dari kota Mekkah.

  6. Gelang Tasbih

    Gelang tasbih digunakan untuk menghitung bacaan tasbih. Tujuannya sebagai penanda hitungan. Sebagai oleh-oleh haji dan umroh, Sahabat bisa memilih banyak variasi gelang tasbih. Ada yang terbuat dari kayu, mutiara dan bahan lainnya.

  7. Sajadah

    Oleh-oleh haji dan umroh sajadah yang khas dari kota Mekkah tentu akan membawa kesan tersendiri bagi yang menerima. Pilih corak yang khas seperti masjid, atau suasana kota Mekkah.

  8. Henna

    Henna atau yang sering disebut juga sebagai pacar kuku sering digunakan untuk menghias tangan. Penggunaan henna ini tidak akan membatalkan wudhu karena terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak menghalangi air untuk meresap ke dalam tubuh. Oleh-oleh haji dan umroh yang ini biasanya identik untuk kaum hawa.

  9. Siwak

    Siwak terbuat dari dahan pohon Salvadora. Penggunaan siwak ini adalah salah satu sunah dari Nabi Muhammad SAW untuk membersihkan gigi dan gusi. Ini bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh haji dan umroh.

  10. Bukhur

    Bukhur adalah dupa tradisional yang asalnya dari negara Timur Tengah. Sering kali di sana digunakan untuk upacara keagamaan atau dipakai menjadi pewangi ruangan sekaligus aroma terapi. Karena aromanya yang khas, tentu benda ini cocok menjadi oleh-oleh haji dan umroh.

  11. Kismis

    Kismis adalah salah satu panganan yang mudah ditemukan di banyak pasar tradisional dan tempat wisata di Arab. Warna kismis disana beragam, mulai dari yang warnanya kuning hingga kecokelatan. Sebagai oleh-oleh haji dan umroh, kismis bisa jadi cemilan atau campuran olahan masakan.

  12. Kacang Arab

    Berbeda dengan jenis kacang yang biasa ditemukan, Kacang Arab bentuknya sedikit berbeda dan unik juga memiliki rasa yang gurih dan renyah. Oleh-oleh haji dan umroh ini banyak dijual di sepanjang jalan Mekkah dan Madinah.

  13. Maamoul

    Cemilan atau kue kering ini dibuat dari tepung semolina dan terigu yang didalamnya diisi kurma, pistachio, kenari dan dibentuk bola atau kubah. Rasa manisnya sangat khas sehingga sangat pas untuk jadi oleh-oleh haji dan umroh.

  14. Kacang Pistachio

    Kacang yang punya kulit berwarna krem dan dagingnya yang berwarna hijau juga cocok menjadi oleh-oleh haji dan umroh. Rasanya juga khas dan banyak Sahabat temukan disana sehingga bisa menjadi pilihan oleh-oleh haji dan umroh.

  15. Kacang Almond

    Almond juga jenis kacang-kacangan yang populer di Arab. Mungkin Sahabat bisa temukan di Indonesia, tapi almond dari Arab tentu berbeda. Cita rasanya lebih gurih dan lembut. Karena ciri khas inilah Sahabar bisa jadikan sebagai oleh-oleh haji dan umroh yang tepat.

Itulah beragam jenis oleh-oleh haji dan umroh yang bisa menjadi inspirasi atau ide saat Sahabat berencana untuk pergi ke Mekkah dan menjalankan ibadah. Ragam dan variasi oleh-oleh haji dan umroh diperlukan supaya Sahabat bisa efisiensi waktu saat memilih buah tangan yang ingin dibawa pulang ke tanah air. Pilih dengan menyesuaikan budget yang Sahabat sudah siapkan dan sesuai dengan kemampuan. 

Sebagai tambahan informasi, Sahabat yang tengah berencana melakukan ibadah haji maupun umroh dapat memilih travel yang sudah memiliki track record terpercaya. Adira Finance telah bekerja sama dengan lebih dari 38 travel umrah lokal dan nasional yang terpercaya, aman dan amanah. Semua ini demi membantu Sahabat beribadah dengan tenang dan nyaman, serta selama melakukan perjalanan ke tanah suci.

Adira Finance juga menghadirkan layanan Pembiayaan Syariah Umrah yang memudahkan Sahabat untuk melaksanakan ibadah umroh dengan bantuan dana, tentunya dengan menggunakan akad yang berprinsip syariah, yaitu akad murabahah. Layanan ini bisa memudahkan Sahabat untuk mengangsur cicilan setelah pulang dari Umroh. 

Selain bisa memilih paket dan biaya umrah sesuai kesanggupan, produk Pembiayaan Syariah Umrah juga memberikan keuntungan lain bagi Sahabat, di antaranya:

  • Transparansi biaya umroh yang mencakup fasilitas selama beribadah di tanah suci.
  • Pembayaran biaya umroh dilakukan dengan cara dicicil dengan tenor sesuai kesepakatan.
  • Bisa berangkat lebih dulu, tanpa harus menunggu pelunasan.
  • Menggunakan akad murabahah yang sesuai syariat Islam.
  • Bekerjasama dengan agen travel terpercaya di Indonesia.
  • Jaminannya sangat mudah.
  • Syarat dan ketentuan mudah.
  • Proses pengajuan cepat.

Yuk Sahabat, langsung ajukan pembiayaannya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN