Home / Berita Terbaru

3 Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Membeli Motor Gede

3 Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Membeli Motor Gede

24 Mei 2022 | Penulis : Adira Finance

Motor gede biasanya identik dengan motor Harley Davidson yang desainnya cukup identik dibandingkan dengan motor lainnya. Padahal motor gede adalah istilah yang mengacu pada kapasitas mesin yang dimiliki. Nah, bodi atau dimensi motor yang besar ini beriringan dengan kapasitas mesin. Makanya wajar kalau jenis motor-motor besar masuk dalam kategori motor gede.

Selain bodi dan dimensinya, sudah awam untuk diketahui jika harga motor gede relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Uniknya pula, pengelompokkan kategori motor gede juga ternyata berbeda lho di berbagai negara produsennya. 

Di Jepang, negara produsen otomotif yang cukup tinggi menyebut jenis motor gede jika punya mesin dengan kapasitas 35 hp-horse power. Secara spesifiknya, mereka punya tiga segmen; ada mini bike dengan mesin 125-250 cc. Kemudian small bike dengan kapasitas mesin 250-400 cc. Yang tertinggi tentu motor dengan kapasitas mesin di atas 400cc yang masuk dalam big bike atau di Indonesia disebut dengan istilah motor gede.

Berbeda dengan Amerika Serikat, motor dengan kapasitas mesin minimal 600 cc baru akan bisa masuk dalam kategori motor gede. Pengelompokkan ini sama dengan dengan di Italia.

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Motor Gede

Apakah saat ini Sahabat tengah berencana untuk membeli motor gede?

Punya motor gede mewah dengan tenaga yang sangat optimal tentu terlihat gagah dan menyenangkan. Tapi jangan sampai hal yang berbanding terbalik yang kemudian terjadi jika Sahabat tidak mempertimbangkan beberapa hal berikut ini ya. 

  1. Tenaga yang terlalu besar

    Jenis motor gede tentu bukan diperuntukan untuk orang-orang yang belum fasih dalam mengendarai motor. Karena kapasitas mesin motor gede yang cukup besar butuh keterampilan dari pengendaranya agar bisa digunakan dengan baik. Ada beberapa orang yang juga mengatakan jika pengendaranya harus merasakan dengan baik kapan harus melepas kopling atau melepas gas dikala berhenti total supaya tidak "dilempar" oleh motor gede.

  2. Penyakit atau cedera bawaan

    Masih terkait dengan poin di atas, jika Sahabat berencana membeli motor gede ada baiknya bebas dari penyakit kambuhan atau cedera. Misalnya saja seseorang dengan nyeri sisa cedera pergelangan kaki tentu sangat tidak disarankan untuk mengendarai sebuah motor gede.

  3. Perawatan motor gede

    Selain harganya yang cukup tinggi, jangan lupa kalau biaya perawatan motor gede juga tergolong tinggi. Perlu juga punya tempat khusus yang menjual suku cadang motor gede kita. Karena suku cadang motor gede biasanya ada di toko khusus. Selain itu tidak semua bengkel juga bisa melayani servis motor gede. Perlu keterampilan khusus juga bagi pemiliknya untuk bisa ganti oli/air radiator sendiri untuk meminimalisir biaya. Jangan lupa juga dengan pajak tahunannya. Tentu nominalnya berlebih dari jenis motor pada umumnya.

Tips Membeli Motor Gede Bekas

Jika Sahabat berencana untuk membeli motor gede tentu perlu ketelitian sama seperti membeli jenis kendaraan bekas yang lainnya. Perlu dipahami tentu motor gede bekas kondisinya tidak 100% sempurna. Tapi tetap perlu menghindari kerugian besar di kemudian hari. Oleh karena itu coba ikuti tips berikut ini:

  1. Cek apakah ada rembesan oli atau tidak. Rembesan oli bisa disebabkan karena gasket sudah “lapuk” termakan usia atau justru blok mesin pernah pecah. Kedua kemungkinan ini bisa menentukan hal yang perlu diperbaiki setelah membeli; jika sekadar gasket yang bermasalah, perbaikannya masih cukup mudah. Tapi jika sumber masalahnya ada di blok mesin, perbaikannya cukup rumit dan memerlukan dana yang cukup banyak.
  1. Cek sistem kelistrikan. Apakah terdapat bekas potongan atau tidak. Untuk lebih akurat, bawa motor gede ke bengkel agar bisa dicek menggunakan sensor.
  1. Periksa kondisi mesin motor gede dengan coba menyalakannya menggunakan stater elektrik. Saat mesin menyala, coba tutup lubang knalpot (bisa dengan sepatu atau sandal) dan dengarkan suara mesinnya. Apakah suara mesin masih terdengar halus atau kasar.
  1. Cek kondisi rangka motor gede. Jenis motor ini adalah motor dengan kecepatan tinggi dan berat. Jika pemilik sebelumnya kurang cakap dalam mengendarainya, motor gede rawan mengalami kecelakaan. Nah, perhatikan bodinya secara keseluruhan. Apakah masih menggunakan cat bawaan atau sudah dimodifikasi. Terkadang, modifikasi dengan mengubah cat menjadi satu cara penjual untuk menutupi cacat yang ada pada motor.

Deretan Motor Gede yang Dirilis pada Tahun 2022

  1. Yamaha

    Yamaha akan merilis motor dengan desain yang cukup beda dari biasanya karena tampil dengan tiga roda. Dua rida berada di depan dan satu pada bagian belakang.

  2. Kawasaki

    Kawasaki juga salah satu merek motor yang akan mengeluarkan rilisan baru di tahun 2022. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Kawasaki Ninja H2SX yaitu motor sport dengan kinerja yang cukup tinggi.

  3. BMW

    Pabrikan yang biasanya identik dengan mobil ini mengeluarkan jenis kendaraan roda dua BMW R 1200 GS. Kabarnya jenis motor gede ini sudah masuk ke Indonesia pada awal tahun 2022.

  4. Kymco

    Motor gede keluaran Kymco adalah Kymco AK 550 yang punya fitur multimedia yang canggih. Motor ini juga dilengkapi fitur Find My Ride untuk memudahkan pemilik menemukan motornya.

  5. Harley-Davidson

    Model terbaru yang dirilis Harley-Davidson pada awal tahun 2022 ini menggunakan platform dari Sportster S. Tentunya model yang lebih canggih, gagah dan mewah dibandingkan model-model motor gede keluaran merek ini sebelumnya.

Setelah memahami beberapa hal di atas dan saat ini sudah punya persiapan dana yang sudah sesuai, ada fasilitas yang bisa kamu manfaatkan agar perencanaan semakin baik berjalan. Sahabat bisa dengan mudah mendapatkan motor gede impian, baik yang baru ataupun yang bekas hanya dengan menggunakan layanan Kredit Motor. Adira Finance menawarkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki motor baru atau bekas secara kredit, cukup dengan mengagunkan BPKB kendaraan bermotormu lho! 

Ada banyak jenis motor yang bisa Sahabat pilih, mulai dari merek Jepang, Eropa, dan lainnya, bahkan bisa juga untuk motor premium. Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan Kredit Motor dari Adira Finance sudah pasti terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menggunakan layanan Kredit Motor dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan beragam kemudahan, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat, mudah, dan aman
  • Pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan konsumen
  • Jaringan pembayaran angsuran luas
  • Dilengkapi perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri
  • Sistem penyimpanan BPKB yang aman
  • Layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang atau perwakilan, dealer, contact center, dan media digital 

Nah, buat Sahabat yang ingin mendapatkan motor gede impian dengan cepat, bisa juga lho langsung mengajukan kredit motor di Adira Finance sekarang. Yuk, langsung ajukan di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN