Home / Berita Terbaru

4 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Cicilan HP

4 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Cicilan HP

27 April 2022 | Penulis : Adira Finance

Semua orang di era zaman sekarang membutuhkan ponsel atau handphone (HP) sehingga wajar banget banyak di antara Sahabat yang melakukan cicilan HP. Bahkan salah satu jenis gadget yang ini bukan lagi kebutuhan tambahan malah jadi kebutuhan pokok. Bahkan hampir semua rumah saat ini sudah tidak memiliki telepon rumah karena masing-masing anggota keluarganya sudah punya handphone.

Selain itu juga, setiap hari ada saja perkembangan teknologi yang baru dan muncul berbagai jenis handphone yang selalu dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang makin mempermudah aktivitas kita dalam keseharian. Hal ini juga yang kemudian jadi mendorong banyak orang untuk melakukan cicilan HP untuk mengganti handphone-nya yang lama dengan handphone keluaran terbaru.

Di lain sisi handphone dengan spesifikasi terbaru dan mumpuni biasanya punya harga mulai dari 2 juta rupiah ke atas. Jumlah yang tentu tidak sedikit sehingga beberapa orang tidak mau membengkakkan pengeluaran dalam sebulan jika dibayar tunai sehingga banyak dari mereka yang memilih cicilan HP. Lebih praktis dan uang yang digunakan tidak langsung 'habis'.

Tapi ada baiknya memperhatikan beberapa hal untuk jadi pertimbangan supaya dalam perjalanan cicilan HP nanti tidak tersendat dan berjalan dengan lebih baik. Mari kita simak bersama ya!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Cicilan HP

  • Harga dan Spesifikasi Handphone

    Harga handphone biasanya sangat menentukan spesifikasi yang bisa Sahabat dapatkan saat membelinya. Dengan harga yang cukup terjangkau dan ekonomis, tentu spesifikasi handphonenya tidak akan sebagus dan sebaik handphone dengan harga yang lebih mahal. Untuk handphone yang memiliki spesifikasi yang standar, biasanya harga yang dibanderol bisa sekitar 1 jutaan. Handphone dengan spesifikasi yang cukup, harganya bisa dibanderol 2 juta hingga 5 jutaan. Tapi ada juga lho handphone yang harganya bahkan belasan dan puluhan juta dengan spesifikasi yang tentunya sangat mumpuni dengan desain yang juga sangat menarik.

    Spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah sistem operasi, kapasitas baterai, prosesor, RAM dan kamera. Penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan atau produktivitas sehari-hari dengan spesifikasi ini. Pilih baterai dengan minimal kapasitas 4100mAH supaya bisa tahan digunakan dengan koneksi internet sepanjang hari. Prosesor dan RAM juga dibutuhkan untuk kenyamanan Sahabat dalam mengoperasikan handphone dan aplikasi di dalamnya. Untuk kamera, jangan lupa diperhatikan spesifikasinya untuk memastikan kualitas foto yang diambil juga akan dibagikan di media sosial Sahabat.

    Nah, selain spesifikasi harga handphone ini juga akan menentukan besaran cicilan HP yang harus dibayarkan Sahabat setiap bulannya. Penting untuk memperhatikan dengan seksama jumlah tenor dan biaya yang harus dibayarkan pada tiap tenornya ya.

  • Besaran Bunga Cicilan HP

    Jika sudah mantap dengan harga dan spesifikasi handphone yang akan dibeli, perhatikan benar-benar bunga cicilan HP atau angsuran yang harus Sahabat bayarkan setiap bulan. 

    Tenor cicilan umumnya mulai dari tiga bulan, enam bulan dan dua belas bulan. Sahabat bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Pilihan tenor 12 bulan bisa jadi alternatif supaya tidak terlalu membebani pengeluaran tiap bulannya. Jangan lupa; selain memperhatikan besaran cicilan HP atau angsurannya biasanya juga akan ada biaya layanan dari jasa kredit. Tapi biasanya jumlahnya cukup kecil.

    Jika sudah paham dengan hal ini, catat dan masukkan dalam list pengeluaran tetap Sahabat setiap bulan. Sehingga cicilan HP akan dibayarkan dengan lancar tanpa membebani.

  • Denda Keterlambatan Cicilan HP

    Belum selesai sampai langkah kedua ya Sahabat. Setiap jasa kredit cicilan HP biasanya ada peraturan denda keterlambatan yang harus dibayar jika Sahabat dalam perjalanannya terlambat membayar tidak sesuai pada tanggal yang sudah ditentukan.

    Sebelum setuju melakukan cicilan HP penting untuk memperhatikan poin-poin dari kontrak perjanjian atau persyaratan yang biasanya sudah dilampirkan. Jika dirasa ada yang belum jelas dan butuh penjelasan tambahan, jangan ragu untuk ditanyakan kepada pihak jasa cicilan HP.

  • Memilih Perusahaan Jasa Cicilan HP

    Dalam menentukan jasa kredit cicilan HP, reputasi jasa perlu dipertimbangkan dengan mutlak. Karena, hal ini berkaitan dengan risiko yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari. 

    Jangan sampai tertipu dengan iming-iming promo, diskon dari jasa cicilan HP yang tidak dikenal bahkan belum terdaftar oleh OJK. 

    Pastikan pilih perusahaan jasa cicilan HP ini dengan reputasi yang baik. Karena itu artinya layanan mereka sudah dipercaya oleh masyarakat dan banyak yang sudah terbantu olehnya.

Pada intinya siapa saja boleh untuk membeli handphone impian mereka dengan metode cicilan HP. Tapi jangan karena diangsur atau dicicil jadi menyepelekan proses ini ya. Penting untuk memperhatikan beberapa poin di atas supaya perjalanan cicilan HP Sahabat di kemudian hari bisa aman terkendali serta lancar. 

Selalu mempertimbangkan manfaat dan setiap risiko yang mungkin bisa terjadi selama proses cicilan HP nantinya. Jangan lupa juga mempertimbangkan diri sendiri apakah sudah benar-benar siap dan bertanggung jawab dengan cicilan HP ini pada tiap bulannya. Supaya rasa senang mendapatkan gadget impiannya terjalin dengan paripurna jangan lupakan disiplin diri dalam membayar cicilan HP nya hingga selesai ya.

Jika saat ini Sahabat berniat untuk melakukan cicilan HP dan sudah memahami beberapa pertimbangan di atas, Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan kredit elektronik, furnitur, dan gadget dari Adira Finance. 

Kredit elektronik, furnitur, dan gadget merupakan jasa pembiayaan produk-produk elektronik, seperti HP, televisi, kulkas, komputer, mesin cuci, serta furnitur seperti lemari, spring bed, alat olahraga, dan berbagai barang lainnya yang diperlukan konsumen. 

Adira Finance menawarkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki handphone, produk elektronik, serta furnitur secara kredit dengan proses cepat, mudah, dan aman. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang tak kalah spesial, Sahabat bisa mendapatkan berbagai keuntungan menarik saat mengajukan Kredit elektronik, furnitur, dan gadget di Adira Finance, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat
  • Bunga dan angsuran lebih ringan
  • Jaringan pembayaran angsuran yang luas
  • Layanan yang bersahabat di raturan kantor cabang atau perwakilan, merchant, toko, contact center, dan media digital
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan (Swasta atau PNS), wiraswasta, profesional, atau kelembagaan
  • Kemudahan pembayaran angsuran melalui berbagai platform, seperti kantor cabang, aplikasi Adiraku, transfer ke virtual account, aplikasi LinkAja, jaringan Bank Danamon, Indomaret atau Alfamart, serta kantor pos
  • Bisa mendapatkan berbagai promo menarik, seperti cashback atau tambahan poin

Cukup mudah kan untuk mengajukan cicilan HP dengan fasilitas dari Adiran Finance? Yuk, langsung ajukan kreditnya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN