Home / Berita Terbaru

4 Jenis Pinjaman Dana Tunai Beserta Cara Pengajuannya

4 Jenis Pinjaman Dana Tunai Beserta Cara Pengajuannya

06 Juli 2021 | Penulis : Adira Finance

Di beberapa situasi, terkadang Sahabat butuh dana mendesak yang akan digunakan untuk keperluan penting tertentu. Saat mengalami situasi seperti ini, biasanya ada beberapa langkah yang bisa Sahabat ambil, salah satunya mengajukan pinjaman dana tunai di perusahaan pembiayaan. Supaya lebih mudah dalam memilih dan mengajukan pinjaman, berikut ini ada beberapa jenis layanan pinjaman dana tunai yang bisa Sahabat pertimbangkan, di antaranya:

  1. Kredit Multiguna

    Pinjaman dana tunai yang bisa jadi pilihan Sahabat adalah kredit multiguna. Kredit Multiguna merupakan jenis pembiayaan barang dan/atau jasa dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bersifat konsumtif dengan tujuan penggunaan pembiayaan yang spesifik. 

    Dengan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Seperti yang telah disebutkan, kredit multiguna bisa berbentuk dana dan/atau jasa. 

    Fasilitas dana adalah bentuk pencairan dana diberikan langsung kepada konsumen dan konsumen wajib menyerahkan bukti penggunaan dana berupa invoice atau kuitansi dari pihak ketiga. Sedangkan, multiguna (jasa) adalah bentuk pencairan dana diberikan kepada pihak ketiga (mitra maxi) yaitu penyedia barang dan/atau jasa. Sebagai contoh, dana diberikan langsung kepada perguruan tinggi jika dana tersebut digunakan untuk biaya pendidikan. 

    Sahabat bisa menggunakan layanan kredit multiguna dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tentunya dengan suku bunga yang sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulannya. Dengan begitu, Sahabat pun bisa mendapatkan pinjaman dana tunai untuk keperluan penting yang mendesak dengan lebih mudah. 

    Baca Juga: Menghitung Biaya Renovasi Rumah Tipe 36, Tidak Sampai Rp100 Juta

    Cara pengajuan Kredit Multiguna:

    Seperti yang telah disebutkan, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman dana tunai dengan menggunakan kredit multiguna dari Adira Finance. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya:

    • E-KTP asli, E-KTP pasangan (jika sudah menikah), dan E-KTP penjamin (jika ada)
    • Kartu Keluarga (KK)
    • Bukti bekerja atau usaha dan bukti penghasilannya
    • Bukti tempat tinggal
    • NPWP (jaminan mobil wajib melampirkan, jaminan motor wajib melampirkan jika PH >50 juta)
    • Dokumen kendaraan berupa STNK yang masih berlaku dan BPKB beserta faktur asli (untuk BPKB yang telah diterima konsumen)
  2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

    Selain kredit multiguna, jenis pinjaman dana tunai lainnya yang bisa jadi pilihan adalah kredit tanpa agunan (KTA). Layanan pinjaman ini biasanya disediakan oleh perusahaan perbankan dan diberikan khusus untuk nasabahnya. Oleh karena itu, Sahabat harus bisa memanfaatkan layanan KTA jika sudah menjadi nasabah di salah satu bank yang menyediakan layanan tersebut. 

    Jika ingin mendapatkan pinjaman dana tunai menggunakan KTA, Sahabat harus cermat dalam memilih lembaga yang tepat. Sebab, ada beberapa layanan KTA yang memiliki besaran suku bunga yang relatif tinggi dan memberatkan para nasabah saat proses pembayaran.

    Cara pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA):

    Berbeda dengan kredit multiguna, kredit tanpa agunan (KTA) bisa Sahabat ajukan tanpa perlu jaminan. Namun, KTA biasanya disediakan oleh lembaga perbankan kepada nasabahnya tertentu, sehingga Sahabat harus menjadi nasabah dulu sebelum mengajukan KTA di bank yang bersangkutan. Selain itu, umumnya bunga pinjaman kredit tanpa agunan (KTA) lebih besar dibandingkan jenis pinjaman dana tunai lainnya. Hal ini karena tidak adanya jaminan atau agunan yang diberikan, sementara jumlah pinjaman terbilang cukup besar. 

    Mengenai persyaratan pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA), sebenarnya masing-masing lembaga perbankan memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. Sahabat bisa melihat informasi tersebut di situs web masing-masing bank. Namun, umumnya persyaratan pengajuan KTA tidak jauh berbeda dengan kredit multiguna, hanya saja tanpa perlu menunjukkan dokumen kendaraan sebagai jaminan. 

    Baca juga: 5 Tips Memilih Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Aman dan Mudah

  3. Pinjaman dana tunai Kredit Usaha Rakyat (KUR)

    Biasanya pinjaman dana tunai untuk usaha disebut juga dengan istilah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah layanan pembiayaan dari Pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan perbankan dan ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK). 

    Melansir laman resmi kur.ekon.go.id, Kredit Usaha Rakyat (KUR) meliputi berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan jasa simpan pinjam. KUR termasuk salah satu jenis pinjaman dana tunai yang menawarkan bunga rendah karena telah disubsidi oleh pemerintah. Ada dua jenis kredit usaha rakyat untuk pinjaman dana, yaitu:

    • KUR Mikro yang diperuntukkan hanya untuk pengusaha mikro. Jumlah pinjaman yang diberikan maksimal hanya Rp 25 juta dengan jangka waktu pinjaman maksimal 36 bulan (3 tahun). Pinjaman KUR Mikro bisa diajukan tanpa perlu adanya jaminan atau agunan.
    • KUR Ritel yang diperuntukkan untuk pengusaha kecil dan menengah dengan jumlah plafon pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp 500 juta. Untuk jenis pinjaman KUR Ritel, Sahabat harus memberikan jaminan atau agunan saat mengajukannya.

    Pengajuan KUR itu sendiri harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mengetahui apa saja persyaratan dan proses pengajuannya sebelum menggunakan layanan pinjaman dana tunai ini. 

    Cara pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR):

    Sahabat bisa mengajukan KUR dengan cara offline maupun online. Umumnya, syarat dokumen yang harus dipenuhi meliputi:

    • Fotokopi KTP, NPWP, buku nikah (bagi yang sudah menikah dan berkeluarga)
    • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
    • Rekening koran atau buku tabungan
    • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
    • Proposal usaha (bagi yang usahanya belum berdiri)
    • Pas foto pribadi ukuran 3x4

    Proses pengajuan dan pencairan dana pinjaman KUR ini relatif lebih lama dibandingkan layanan pinjaman dana lain karena nantinya pihak bank atau penyedia pinjaman harus melakukan survei langsung ke lokasi usaha Sahabat terlebih dahulu.

    Baca juga: Vespa Sprint Sport “Eye Catching” Dibanderol Rp 42,5 JutaVespa Sprint Sport “Eye Catching” Dibanderol Rp 42,5 Juta

  4. Pinjaman dana tunai online 

    Saat ini layanan pinjaman dana tunai berbasis online pun kian diminati banyak kalangan. Ini karena banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan kemudahan kepada konsumen atau nasabah saat mengajukan pinjaman dana tunai. Biasanya perusahaan pembiayaan hanya meminta konsumen untuk mengisi data diri, mengunggah foto selfie, KTP, NPWP, dan sejenisnya. Bahkan, banyak pula yang menyediakan proses verifikasi yang sangat cepat. Melihat keunggulan layanan pinjaman dana tunai online tersebut, tak heran jika layanan ini jadi pilihan banyak orang. 

    Namun, sayangnya saat ini banyak sekali perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan pinjaman dana tunai secara ilegal. Perusahaan tersebut tidak kredibel karena tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akibatnya, banyak konsumen yang dirugikan atas layanan ini. Demi menghindari hal tersebut, maka sebaiknya Sahabat memilih layanan pinjaman dana tunai yang sudah legal dan terdaftar di OJK. 

    Cara pengajuan pinjaman dana berbasis online: 

    Sesuai dengan namanya, jenis pinjaman ini hanya bisa diajukan secara online. Syarat dokumen pengajuannya pun tidak rumit, biasanya Sahabat hanya perlu menyiapkan KTP, NPWP, slip gaji, dan rekening bank milik pribadi. Namun, Sahabat tetap harus berhati-hati karena biasanya bunga berlaku secara harian, sehingga besaran bunganya bisa memberatkan Sahabat sebagai nasabah. 

Baca juga: Berapa Modal Usaha Laundry? Ketahui Tips dan Sumber Pinjamannya Yuk!

Meski pinjaman dana cukup menggiurkan, tetapi Sahabat juga perlu persiapan yang matang untuk mengajukannya. Oleh karena itu, sebelum memilih jenis pinjaman, pelajari dengan baik layanan yang akan Sahabat ambil. Pilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya, kemudian baca syarat dan ketentuan yang berlaku dengan teliti. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN