Home / Berita Terbaru

4 Kelebihan Mobil Hatchback yang Perlu Diketahui

4 Kelebihan Mobil Hatchback yang Perlu Diketahui

30 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Mobil hatchback adalah salah satu jenis mobil yang menarik dan digemari oleh banyak masyarakat terutama di perkotaan seperti di Jakarta. Ada beberapa alasan kenapa jenis ini disukai dengan beberapa pertimbangan keunggulannya. 

Apalagi, mobil hatchback adalah jenis kendaraan yang dimiliki oleh hampir semua produsen atau pabrikan merek mobil. Tentu hal ini berkaitan dengan minat pasar sehingga jadi hal yang sangat menjanjikan bukan?

Mengenal Mobil Hatchback

Mobil hatchback adalah jenis mobil yang compact. Biasanya mereka hadir dengan memiliki dua lajur kursi pada kabinnya dengan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Makanya sering kali mobil hatchback disebut juga dengan sebutan sedan tanpa ekor. Dimensinya terbilang kecil namun banyak yang dilengkapi dengan performa tinggi dengan desain yang sangat tren.

Jenis desainnya pun beragam, mulai dari yang minimalis, stylish, sampai mewah. Sehingga jenis mobil sedan tanpa ekor ini sering kali menarik banyak jenis target pasar, Mulai dari anak muda, keluarga kecil, dan lain-lain. Sering kali mobil ini disamakan dengan jenis mobil city car. Namun, kedua jenis mobil ini ternyata berbeda ya Sahabat.

Kelebihan Mobil Hatchback

Di bagian ini mari lebih dekat lagi mengenal mobil hatchback. Ada beberapa alasan dan aspek yang jadi faktor kelebihan dari jenis mobil ini sehingga diminati dan disukai oleh kebanyakan orang. Apalagi jenis mobil ini juga termasuk populer dibanding jenis mobil lainnya. 

  1. Dimensi mobil yang kecil

    Jika kita melihat secara langsung, jenis mobil hatchback bisa dibilang kecil dan ringkas sehingga manuvernya nyaman untuk melewati jalanan dan kemacetan di kota. Manuver dari mobil hatchback juga terbilang aman karena meski kecil masih terlihat kokoh untuk digunakan.

  2. Mudah untuk mencari tempat parkir

    Masih terkait dengan dimensinya yang kecil, jenis mobil ini tentu memudahkan pemiliknya untuk mencari dan meletakkan kendaraannya di tempat parkir. Biasanya mobil dengan dimensi besar akan lebih sulit dalam hal parkir. Tapi hal ini bisa lebih diminimalisir dengan menggunakan jenis mobil ini.

  3. Performa mesin

    Jika dilihat dari mesin dan kenyamanannya, mobil hatchback punya performa mesin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis mobil city car. Sehingga sebagai pengendara akan lebih mantap saat menggunakannya. Tentu dengan performa mesin yang lebih tinggi, harganya punya lebih jika dibandingkan dengan harga city car. Namun, rasanya tentu sebanding jika performa yang diberikan lebih dan mampu memenuhi kebutuhan Sahabat dan keluarga.

  4. Manuver yang prima

    Mobil hatchback adalah jenis mobil yang juga dirancang untuk aktivitas dalam perkotaan, selain jenis mobil city car. Mobil ini dirancang untuk cocok mengarungi jalanan perkotaan yang relatif mulus. Meski begitu, model mobil ini dirasa masih mampu mengarungi jalanan perkotaan yang kadang tidak terduga seperti berlubang atau macet di jam-jam sibuk.

    Bodi mobil hatchback yang ramping dengan interior yang cukup lapang, mampu memudahkan mobil untuk melakukan manuver di jalanan. Apalagi sudah banyak jenis mobil ini yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang berteknologi tinggi. Manuver lebih terkontrol sehingga risiko kecelakaan bisa semakin dihindari.

Perbedaan Mobil Hatchback dengan Jenis Mobil Lain

  • Perbedaan mobil hatchback dengan liftback

    Mobil hatchback dan mobil liftback atau yang lebih sering dikenal dengan mobil sedan; sama-sama memiliki pintu bagasi dengan kaca belakang yang bisa dibuka ke atas. 

    Perbedaannya adalah atap pada hatchback sampai di belakang atas jok penumpang belakang sehingga kaca belakang lebih tegak. Sedangkan mobil liftback atapnya lebih pendek dan kaca bagasi lebih landai atau miring. Ruang kepala penumpang belakang pada liftback lebih sempit daripada hatchback, tetapi dengan bagian mobil di belakang yang lebih panjang, bagasi liftback lebih luas dan lapang.

  • Perbedaan mobil hatchback dengan city car

    Sebenarnya untuk membedakan kedua jenis mobil ini cukup rancu. Karena jika dilihat dari bentuk dan dimensinya sangat mirip dan hanya beda tipis. Pada dasarnya hatchback dan city car memiliki kapasitas empat sampai 5 penumpang, sama seperti jenis mobil city car. Namun perbedaan yang mencolok adalah tingkat kelapangan hatchback yang lebih luas dibandingkan city car. Sebab, jenis mobil city car lebih dirancang untuk mobil di perkotaan yang fleksibel, menyesuaikan dengan fungsinya.

    Selain itu, hal mencolok lainnya yang bisa jadi perbedaan adalah kapasitas mesin hatchback yang lebih tinggi dari pada city car. Pada mobil hatchback ada yang memiliki kapasitas 1400 - 1500 cc. Namun mobil city car biasanya di bawah kapasitas mobil hatchback.

Di Indonesia ada banyak model mobil hatchback yang hadir dari banyak merek mobil terkenal. Masing-masing diunggulkan oleh banyak hal, mulai dari harga, desain, hingga performa mesinnya.

Untuk harga paling rendah dari jenis mobil hatchback di Indonesia adalah di kisaran harga Rp 110 juta hingga Rp 1,35 Milyar untuk jenis mobil hatchback yang termahal.

Sahabat perlu cek lebih detail lagi untuk harga di kota Sahabat. Jangan lupa cari info mengenai promo, varian, spek dan bagaimana konsumsi bahan bakar mesinnya. Review dengan baik sebelum memutuskan mana mobil yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Rencanakan dengan baik pula mengenai budget. Cocokkan dengan kemampuan finansial Sahabat saat ini dan sesuaikan dengan urgensi kebutuhan hidup yang lain. Jangan lupa, membeli mobil tentu akan diiringi dengan biaya perawatan dan anggaran bahan bakarnya juga. Oleh karena itu sangat wajar jika sebelum membeli mobil, Sahabat perlu persiapan dan pertimbangan matang-matang agar kemudian tidak salah langkah.

Untuk memudahkan Sahabat dalam membeli mobil hatchback yang sudah sesuai dengan kebutuhan Sahabat dan keluarga, fasilitas Kredit Mobil dari Adira Finance hadir sebagai solusi. Melalui fasilitas ini, Sahabat bisa mendapatkan pembiayaan untuk membeli mobil impian. Adira Finance menawarkan kemudahan memiliki mobil baru dan bekas secara kredit untuk berbagai pilihan merek dengan persyaratan dokumen yang mudah, proses cepat, pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan Sahabat. Apalagi, dilengkapi dengan jaringan pembayaran angsuran yang luas, pilihan perlindungan asuransi yang lengkap, sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang/ perwakilan, dealer, contact center dan media digital. Selain itu, Sahabat bisa mengajukan pinjaman dananya melalui aplikasi Adiraku. 

Adiraku merupakan sebuah aplikasi mobile yang dapat diakses menggunakan mobile platform Android maupun iOS yang memberikan kemudahan Layanan Adira Finance kepada Konsumen secara digital.

Aplikasi Adiraku menghadirkan berbagai layanan yang menguntungkan, di antaranya layanan kredit mobil baru atau bekas, kredit motor baru atau bekas, kredit elektronik dan furnitur, serta pembiayaan syariah Umrah. 

Sahabat cukup mengirimkan pengajuan dengan menggunakan handphone. Praktis, kan? Yuk, langsung install aplikasi Adiraku di sini

Sebagai tambahan info, jangan lupa datang ke booth Adira di Jakarta Fair 2022 ya. Sahabat bisa bertanya secara langsung layanan pinjaman yang dimiliki oleh Adira dari tanggal 9 Juni - 17 Juli 2022. Info selengkapnya bisa cek di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN