Home / Berita Terbaru

4 Pertimbangan Dalam Membeli Motor Touring

4 Pertimbangan Dalam Membeli Motor Touring

20 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Motor touring adalah salah satu jenis motor yang banyak diminati oleh pengendara pria. Apalagi saat akhir pekan atau di hari libur, banyak kumpulan pengendara motor touring yang menjelajahi jalan-jalan hingga keluar kota dengan mengendarai motor mereka yang secara bodi terlihat gagah dan mantap.

Tapi, ada banyak juga pengendara motor yang yang menggunakan motor touring bahkan untuk aktivitas mereka sehari-hari untuk perjalanan di dalam kota. Hal ini tentu bergantung pada selera dan referensi masing-masing ya.

Secara penampilan, motor touring memang cocok untuk digunakan pengendara pria. Bodinya biasanya besar dan gagah serta identik dengan tenaga mesinnya yang kuat. Kisaran harga motor touring juga beragam. Bergantung pada tipe, model, dan keluaran dari merek mana yang kemudian memengaruhi harga jualnya. Biasanya harganya dibandrol dari 50 jutaan hingga ratusan juta. Sehingga otomatis, harga motor touring bekas di bawah 50 juta, tergantung dengan kondisinya.

Tips Membeli Motor Touring

Nah, jika Sahabat sedang minat untuk membeli motor touring, ada baiknya untuk menyimak beberapa informasi berikut ini untuk membantu dalam mewujudkannya.

  1. Hemat bahan bakar

    Untuk memilih motor touring yang cenderung digunakan untuk jarak jauh, mempertimbangkan penggunaan bahan bakar jadi hal utama yang perlu dipikirkan. Penggunaan motor touring untuk menempuh jalan yang jauh dalam waktu yang lama tentu sejalan dengan konsumsi bahan bakarnya yang mempengaruhi budget Sahabat juga. Jadi memilih motor touring yang hemat bahan bakar jadi pertimbangan pertama ya.

  2. Volume tangki

    Setelah mempertimbangkan hal pertama, volume tangki motor touring penting untuk jadi pertimbangan. Sebab penggunaan motor touring untuk menjelajahi jalanan antar kota dan daerah tentu akan ada momennya Sahabat sulit untuk menemukan SPBU untuk mengisi bensin.

    Volume tangki yang besar akan lebih terasa untung dan aman sehingga saat mengendarai motor touring, Anda tidak perlu bolak-balik untuk mencari SPBU sehingga boros waktu dan juga dana.

  3. Posisi berkendara

    Jika dua hal di atas sudah sesuai dengan keinginan Sahabat, posisi berkendara di motor touring jadi hal penting ya. Perhatikan posisi jok dan stang motor pada posisi yang nyaman untuk Sahabat.

    Posisi duduk saat berkendara ini cukup penting karena biasanya motor touring akan digunakan untuk perjalanan dalam jarak jauh. Jangan pilih motor touring yang membuat posisi Anda terlalu membungkuk. Karena jika membungkuk dalam jangka waktu yang cukup lama, tubuh Anda akan pegal, sakit kepala dan lebih mudah untuk lelah di perjalanan.

  4. Fitur keselamatan

    Untuk keselamatan Sahabat selama touring, pilih motor touring yang menghadirkan fitur keselamatan yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Sahabat. Biasanya, motor touring diciptakan aman dikendarai dalam waktu lama sehingga biasanya dibuat agar mesin tidak cepat panas. Perhatikan juga cengkraman remnya serta fitur keselamatan lainnya.

Tips Merawat Motor Touring

Jika sudah mempelajari hal-hal di atas dan semakin mantap untuk membelinya, Sahabat juga perlu mengetahui bagaimana merawat motor touring yang tepat sehingga kondisinya tetap terjaga.

  1. Cuci motor 

    Saat nantinya Sahabat menggunakan motor touring, penting untuk mencucinya dengan sabun khusus pencuci motor. Hal ini perlu dilakukan mengingat motor touring yang sudah menempuh jarak jauh tentu kondisinya sangat kotor terutama bagian eksterior dan bodinya. Dengan mencuci motor Sahabat juga bisa sambil memeriksa kondisi motor lebih dekat dan mendetail.

  2. Ganti Oli

    Setelah digunakan untuk medan jauh, motor touring penting untuk segera diganti olinya. Sebab setelah perjalanan jauh, otomatis kualitas oli dan pelumasnya akan menurun dan kestabilan suhu mesin jadi menurun. Jika tidak segera diganti, hal ini bisa berdampak pada degradasi kualitas mesin motor yang bisa merugikan di jangka panjangnya.

  3. Periksa filter udara

    Setelah melalui perjalanan panjang, biasanya akan ada banyak kotoran yang menempel pada filter udara. Harus segera diganti, karena perannya cukup penting dalam penggunaan bahan bakar. Jika filter udara tidak segera dicek atau bahkan diganti, nantinya motor menjadi tidak bertenaga dan boros bahan bakar.

  4. Periksa rem motor

    Sebagai kendali dan kontrol kecepatan, tentu kondisi rem sudah berubah sejak motor touring digunakan untuk perjalanan jauh. Jika intensitas penggunaannya cukup sering bahkan intens, kondisi rem menjadi cepat aus dan perlu diganti dengan rem batu. Setidaknya, jika kondisinya masih baik, rem perlu dibersihkan dengan seksama apakah ada pasir dan batu yang menempel sehingga tidak mengganggu kerja rem itu sendiri.

  5. Periksa busi motor

    Secara anjuran, busi motor harus diganti setiap menginjak 7500 km. Jika kondisinya masih bagus, perlu dibersihkan dengan seksama terutama pada bagian kepala busi dengan menggunakan amplas. Sebab, jika busi motor mengalami kerusakan setelah motor touring digunakan, bisa jadi indikasi ada masalah di sistem pengapian.

Setelah memahami beberapa hal di atas dan saat ini sudah punya persiapan dana yang sudah sesuai, ada fasilitas yang bisa kamu manfaatkan agar perencanaan semakin berjalan dengan baik. 

Sahabat bisa dengan mudah mendapatkan motor touring impian, baik yang baru ataupun yang bekas hanya dengan menggunakan layanan Kredit Motor. Adira Finance menawarkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki motor baru atau bekas secara kredit, cukup dengan mengagunkan BPKB kendaraan bermotormu lho! 

Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan Kredit Motor dari Adira Finance sudah pasti terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menggunakan layanan Kredit Motor dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan beragam kemudahan, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah.
  • Proses cepat, mudah, dan aman.
  • Pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan konsumen.
  • Jaringan pembayaran angsuran luas.
  • Dilengkapi perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri.
  • Sistem penyimpanan BPKB yang aman.
  • Layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang atau perwakilan, dealer, contact center, dan media digital.

Nah, buat Sahabat yang ingin mendapatkan motor touring impian dengan cepat, bisa juga lho langsung mengajukan kredit motor di Adira Finance sekarang. Yuk, langsung ajukan di sini.

Selain itu, Sahabat juga bisa datang ke booth Adira di Jakarta Fair 2022. Beragam promo dari Adira untuk Sahabat bisa dinikmati dari tanggal 9 Juni - 17 Juli 2022. Apalagi ada promo tukar tambah untuk motor bekas dan motor baru selama berlangsungnya Jakarta Fair 2022. 

Selama Jakarta Fair 2022, dalam promo tukar tambah motor ini, Sahabat bisa berkesempatan mendapatkan tambahan cashback senilai 200.000 Adirapoin pada jam Flashdeal (setiap hari Senin sampai dengan Jumat pukul 12.00-14.00 WIB dan pukul 16.00-18.00 WIB selama periode event). Persetujuan bisa langsung di tempat, dan bahkan berkesempatan untuk mendapatkan merchandise menarik selama persediaannya masih ada. Untuk info persyaratan beserta penawaran promo lainnya selama Jakarta Fair 2022, Sahabat bisa cek di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN