Home / Berita Terbaru

5 Cara Hemat Mengunjungi Wisata Budaya Populer di Dunia

5 Cara Hemat Mengunjungi Wisata Budaya Populer di Dunia

07 Maret 2022 | Penulis : Adira Finance

Di setiap negara pasti ada tempat wisata yang jadi incaran warga dunia, tak terkecuali wisata budaya yang kaya makna sejarah. Berbeda dengan wisata mainstream pada umumnya, wisata budaya bisa memberikan pengalaman yang lebih istimewa lho bagi para turis, khususnya jika Sahabat tertarik pada sejarah.

Selain melihat keindahan alam, bangunan-bangunan, dan kuliner yang nikmat, wisata budaya bisa memberikan pelajaran lebih dalam. Dengan begitu, Sahabat tidak hanya mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan, tetapi juga makna dari setiap tempat yang dikunjungi. Menarik banget, kan? Untuk itu, tidak ada salahnya lho berkunjung ke salah satu wisata budaya yang populer di dunia, minimal sekali seumur hidup. 

Rekomendasi Wisata Budaya di Dunia yang Hits

Dari sekian banyak wisata budaya yang ada di dunia, berikut ini beberapa rekomendasi tempat bersejarah populer yang bisa dikunjungi oleh Sahabat, di antaranya: 

  • New Delhi, India

    Salah satu wisata budaya paling populer di India adalah New Delhi. Berbagai kebudayaan, seperti masjid kuno, pasar tradisional, dan makam bersejarah bisa Sahabat temukan di daerah ini.

    New Delhi juga dekat dengan daerah varanasi dan khajuraho yang merupakan kawasan dengan dipenuhi oleh pahatan-pahatan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Sahabat bisa mengelilingi kota New Delhi dengan menggunakan kereta maharajas yang merupakan kereta api termewah di dunia lho. 

  • Kairo, Mesir

    Sering mendengar piramida agung giza? Ya, peninggalan bersejarah yang terkenal di dunia ini terletak di Kairo, Mesir. Piramida giza merupakan peninggalan dari era kerajaan lama Mesir yang dibangun sekitar 4.500 tahun lalu. Piramida giza merupakan struktur bangunan buatan manusia tertinggi di dunia hingga Katedral Lincoln selesai dibangun di Inggris pada abad ke-14. Itulah sebabnya, piramida giza termasuk wisata budaya di dunia yang sangat populer dan menjadi idaman para turis dari berbagai negara. 

  • Matera, Italia

    Mungkin sebagian dari kita masih cukup asing dengan nama kota yang satu ini. Tetapi, tahukah Sahabat ternyata kota Matera di Italia menghadirkan wisata budaya yang tak kalah istimewa lho. 

    Salah satu yang paling menarik dari kota ini adalah “sassi”, yaitu gua yang diukir di sisi bukit. Saat ini Sassi digunakan sebagai tempat tinggal, restoran, hotel, dan toko-toko. Menginap di salah satu Sassi bisa memberikan pengalaman yang berbeda karena Sahabat bisa mengenal sejara kota yang tak akan terlupakan. 

  • Kyoto, Jepang

    Siapa yang tidak ingin berlibur ke Jepang? Pasti sebagian dari kita ada keinginan setidaknya 1 kali untuk berkunjung ke Negeri Sakura ini. Selain menyuguhkan keindahan alam, Jepang juga kental dengan wisata budayanya. 

    Salah satu kota yang terkenal akan wisata budayanya adalah Kyoto. Sahabat bisa menemukan berbagai macam kuil, kerajaan, dan distrik bersejarah yang menakjubkan. Sahabat juga bisa melihat festival gion matsuri, salah satu festival bersejarah yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya pada bulan Juli.

  • Istanbul, Turki

    Saat mendengar negara Turki, pasti identik dengan kapadokia yang dipenuhi dengan keindahan balon udara. Selain itu, Turki juga menyuguhkan segudang wisata budaya yang tak kalah menakjubkan lho, salah satunya adalah Hagia Sophia. 

    Hagia Sophia merupakan bangunan bersejarah di Istanbul, Turki yang awalnya sebuah gereja katedral yang dibangun oleh Kekaisaran Romawi Timur. Pada tahun 1453, Hagia Sophia dikonversi menjadi masjid. Pada tahun 1985, bangunan ini menjadi museum dan dimasukkan ke dalam daftar warisan dunia UNESCO, sehingga menjadi salah satu wisata budaya paling terkenal di dunia. 

  • Khao kor, Thailand

    Sekarang kita beranjak ke bagian utara Thailand, tepatnya di Khao Kor, Phetchabun nih, Sahabat. Wilayah ini memiliki wisata budaya yang bernama Wat Pha Sorn Kaew, yaitu kuil bersejarah yang disebut dengan Temple on The Glass Cliff karena lokasinya berada di atas kota Khaem. 

    Wisata budaya ini terbilang cukup unik karena lantainya dipenuhi oleh potongan mozaik dengan desain arsitektur modern. Di bagian dalam kuil terdapat 5 patung Buddha yang berwarna putih yang berurutan dari ukuran kecil sampai besar, menyerupai boneka matryoshka dari Rusia. 

  • Athena, Yunani

    Di Athena terdapat kuil kuno yang menjadi salah satu wisata budaya pilihan turis di sejumlah negara. Kuil kuno ini disebut juga Parthenon yang menjadi simbol kekuatan Athena dan bukti peradaban Yunani.

    Selain kental dengan sejarah, Parthenon juga menawarkan pemandangan kota Athena dan reruntuhan di sekeliling kuil yang sangat menakjubkan. Selama berabad-abad, sebagian besar kawasan Parthenon dan bangunan di sekitarnya telah dihancurkan oleh perang dan pencuri. 

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya ada banyak wisata budaya dari negara lain yang wajib Sahabat kunjungi juga, termasuk wisata bersejarah yang ada di Indonesia. 

Apa Saja Tips Hemat Berkunjung ke Wisata Budaya di Dunia?

Sahabat punya rencana untuk berlibur ke destinasi budaya terkenal di dunia? Tetapi khawatir tidak ada budget yang memadai? Eits, tidak perlu khawatir ya, karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain: 

  1. Riset lokasi wisata budaya

    Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur, riset dan tentukan dulu lokasi wisata yang akan dikunjungi. Misalnya, Sahabat berencana berlibur ke Turki, cobalah untuk membuat daftar wisata-wisata yang akan dikunjungi di sana, seperti kapadokia, hagia sophia, dan lain sebagainya. 

    Selain riset seputar tempat, Sahabat juga harus sekalian riset untuk anggaran liburan di tempat wisata tersebut. Kira-kira kalau liburan ke sana perlu biaya berapa? Supaya lebih hemat lagi, Sahabat bisa cari tahu seputar promo dan diskon dari travel yang ada. 

  2. Buat itinerary dan budget yang jelas

    Setelah riset lokasi, harga, dan lain sebagainya, saatnya Sahabat membuat itinerary per hari dan estimasi budget yang harus dikeluarkan. Tips ini sangat penting untuk menekan pengeluaran tiba-tiba saat berada di negara tersebut. 

  3. Pesan jauh-jauh hari

    Tips selanjutnya yaitu memesan keperluan liburan, seperti transportasi, penginapan, dan tempat wisata dari jauh-jauh hari. Biasanya banyak promo atau diskon menarik yang bisa Sahabat manfaatkan bila memesan keperluan liburan dari jauh hari, dibandingkan memesan secara mendadak. 

  4. Utamakan kenyamanan

    Meskipun Sahabat sedang ‘menekan’ pengeluaran selama liburan, bukan berarti Sahabat tidak memperhatikan kenyamanan. Misalnya, Sahabat tetap harus memilih agen travel, transportasi, penginapan, dan pemandu wisata yang nyaman. Kalau Sahabat merasa nyaman saat berlibur, pastinya hati pun akan lebih senang juga, kan? 

  5. Manfaatkan fasilitas pembiayaan

    Ingin berlibur di tempat wisata budaya populer, tetapi uang di dompet atau rekening kurang cukup? Eits, Sahabat tidak perlu khawatir. Sekarang Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan, seperti Kredit Multiguna untuk mendapatkan pinjaman dana saat berwisata.

    Adira Finance menawarkan fasilitas pinjaman dana kredit multiguna dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, ada pilihan asuransi yang lengkap, dan keuntungan lainnya. 

    Dengan menggunakan Kredit Multiguna, Sahabat bisa menikmati waktu berlibur jadi lebih nyaman, aman, dan mudah. Yuk, langsung ajukan pinjamannya di sini.

Ajukan Kredit Multiguna

Selain kredit multiguna, Adira Finance juga menyediakan layanan kredit motor lho. Untuk Sahabat yang sedang mencari motor dengan cicilan yang ringan dan prosesnya cepat, langsung ajukan kredit motor.

Ajukan Kredit Motor

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN