Home / Berita Terbaru

5 Jurus Ampuh Kumpulkan DP Buat Beli Mobil Murah

5 Jurus Ampuh Kumpulkan DP Buat Beli Mobil Murah

19 November 2020 | Penulis : Adira Finance

Buat Sahabat millennial, memiliki mobil merupakan impian. Mobil yang dibeli dari hasil keringat sendiri memiliki rasa yang berbeda dengan mobil yang diberikan oleh orang tua. Ada perjuangan disitu, ada semangat disitu dan ada rasa bangga atas berhasilnya Sahabat mewujudkan mimpi secara mandiri. Bagian tersulit dalam proses membeli mobil adalah mengumpulkan uang muka atau down payment (DP). Berikut merupakan jurus ampuh untuk bisa mengumpulkan DP buat beli mobil murah.

Sulitnya mengumpulkan DP beli mobil murah adalah karena banyaknya kebutuhan yang tidak disaring. Disaat sudah terkumpul sedikit, hasrat mulai tergoda untuk memiliki gadget baru, lenyap sudah perjuangan. Atau ada juga saat sudah terkumpul DP, ada keluarga yang membutuhkan.
Itu mengapa, memiliki mobil juga merupakan hal yang sentimental bagi beberapa orang. Membincang mobil tidak hanya membicarakan performa ataupun desain semata. Melainkan bagaimana usaha yang dilakukan untuk bisa bangkit dan berjuang guna mewujudkan mimpinya.

Memang, jika dilihat rata-rata uang muka untuk pembelian mobil berkisar di angka 20% hingga 30%. Jika harga satu unit mobil berada di kisaran Rp300 juta, berarti paling tidak Sahabat harus mengumpulkan uang untuk DP mobil murah sekitar Rp 60 juta hingga Rp 90 juta.
Jumlah yang lumayan cukup banyak bukan. Oleh karena itu perlu strategi jitu agar mobil impian Sahabat tidak hanya menjadi mitos. Wujudkan segera agar Sahabat bisa membayarkan DP mobil murah yang Sahabat inginkan.

1. Investasikan di Reksadana

Keadaan ekonomi seperti saat ini membuat banyak orang khawatir. Namun percayalah, kondisinya tidak seburuk yang kita takutkan. Ekonomi masih bisa berjalan begitu pula dengan arus investasi. Membincang investasi, sebagai sarana untuk mengumpulkan DP mobil murah Sahabat menggunakan instrumen tersebut untuk menambah pundi-pundi dana Sahabat.

Melalui reksadana, dana Sahabat akan dikelola oleh manajer investasi yang Sahabat pilih. Sahabat juga bisa menentukan sektor mana yang dipilih untuk di investasikan. Mulai dari saham, obligasi, Surat Utang Negara (SUN), Deposito, pasar uang atau kombinasi dari semuanya.
Apalagi jika melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sampai sekarang masih berada di level supportnya menunggu untuk kembali rebound. Jadi sepertinya, reksadana merupakan medium yang menarik untuk Sahabat membenamkan dana guna mencukupi DP mobil murah. Imbal hasilnya juga lebih tinggi ketimbang tabungan ataupun deposito.

Namun yang perlu diingat adalah, prinsip dasar dari investasi itu sendiri. JIka Sahabat siap untuk menerima keuntungan, Sahabat juga harus siap untuk menerima kerugian. Rasanya tidak adil dan terlalu sempurna jika Sahabat hanya mengharapkan untung tanpa melihat faktor lainnya.
Jenis investasi ini banyak dipilih oleh Sahabat muda karena kemudahannya. Sahabat bisa mengakses beberapa platform investasi digital melalui telepon seluler. Lalu persoalan data diri bagaimana?

Semuanya bisa diurus secara paperless. Jadi Sahabat hanya perlu membuat dan melampirkan beberapa data pendukung sebagai bahan verifikasi. Sahabat juga bisa memilih termasuk dalam investor seperti apa Sahabat, apakah konvensional, moderat atau high risk.

2. Buka rekening tabungan autodebet

Jurus selanjutnya yang bisa Sahabat gunakan untuk mengumpulkan DP mobil murah adalah melalui tabungan autodebet. Disitu Sahabat bisa menentukan berapa besaran dana yang bisa ditarik oleh pihak bank untuk kemudian dipindahkan ke tabungan lain.

Namun, karena banyaknya kemudahan dalam fitur fitur tersebut, biasanya peraturannya bakal mengikat. Misalnya Sahabat baru bisa mencairkan dana tersebut setelah 12 bulan, jika dicairkan dalam kurun waktu tersebut Sahabat bakal diganjar pinalti.

Tetapi rasanya jenis tabungan seperti ini cocok untuk Sahabat yang gatal jika melihat saldo di rekening. Buat tanggal pendebetan berbarengan dengan tanggal gajian Sahabat. Jadi Sahabat tidak akan begitu merasa kehilangan.

Selain itu, dengan Sahabat juga jadi bisa memprioritaskan kebutuhan dana untuk DP mobil murah. JAdi Sahabat segera meminang mobil impian Sahabat kelak.

3. Buka Deposito

Deposito merupakan salah satu bentuk penyimpanan dana diluar tabungan yang juga banyak diminati oleh banyak orang. Suku bunganya yang lebih tinggi dari tabungan menjadikan Deposito sebagai produk bank terlaris setelahnya.

Sahabat bisa mendapatkan bunga deposito mulai dari 6% hingga 7%. Tergantung dari jumlah dana yang Sahabat benamkan. Tenornya juga beragam, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun. Jangka waktu tersebut juga bisa diperpanjang secara otomatis dengan permintaan Sahabat.

Sahabat bisa membuat rekening deposito melalui internet banking ataupun datang langsung ke bank yang Sahabat percayai. Namun tentunya Sahabat harus memiliki sejumlah dana terlebih dahulu untuk bisa dibenamkan di Deposito.

Buatlah deposito dengan tenor 3 bulan dengan sistem roll over. Jadi bunga dari deposito akan langsung ditambahkan ke deposito Sahabat untuk kemudian diperpanjang secara otomatis sesuai dengan perjanjian awal Sahabat dengan bank, jadi dana Sahabat bakal bertambah secara otomatis.

4. Jadi trader saham

Langkah ini merupakan langkah yang paling cepat untuk bisa mengumpulkan cuan atau untung. Sehingga Sahabat tidak perlu berlama-lama menunggu untuk mendapatkan mobil idaman.

Untuk bisa memulainya yang terpenting adalah Sahabat harus memiliki kemampuan untuk menganalisa dan melihat pergerakan pasar dan industri. Rajinlah membaca berita ekonomi, karena harga saham sangat berpengaruh terhadap sentimen seperti politik, keamanan dan kepercayaan publik kepada pemerintah.

Setelah itu Sahabat tinggal membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Pilihlah perusahaan sekuritas yang memang sudah Sahabat kenal betul bagaimana rekam jejaknya. Jangan hanya memikirkan keuntungan semata ya.

JIka itu semua sudah dilakukan Sahabat sudah mulai bisa melakukan perdagangan saham. PIlihlah saham yang memang memiliki kondisi fundamental yang baik. Jangan sampai terkecoh oleh isu beredar yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya.

Untuk memudahkan Sahabat sebagai investor pemula, pilihlah saham yang masuk dalam kategori blue chip. Selain itu ada banyak indeks saham yang juga bisa Sahabat jadikan acuan untuk berinvestasi, mulai dari indeks LQ45, Sri-kehati, Infobank dan lain sebagainya.

5. Menjadi trader komoditas

Mirip dengan saham, Sahabat juga harus memiliki informasi yang cukup tentang ekonomi. Rajinlah membaca di berbagai platform media kredibel, sehingga Sahabat tidak menerima informasi yang salah.

Disini barang yang diperjualbelikan adalah logam, energi, pertanian dan peternakan. Terdapat dua lembaga yang menjadi bursa tempat transaksi perdagangan komoditas tersebut, adalah Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX).

Dengan berbagai medium tersebut, Sahabat bisa menjadi lebih cepat untuk mengumpulkan DP untuk beli mobil murah. Namun tetap, prinsip investasi harus Sahabat pegang teguh, dimana Sahabat sudah siap untuk untung, Sahabat juga harus siap untuk mengalami kerugian.

Dengan perhitungan yang baik, maka kemampuan Sahabat untuk mengumpulkan dana guna DP mobil mudah akan lebih cepat ketimbang hanya Sahabat benamkan di tabungan atau bawah tempat tidur saja.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN