Home / Berita Terbaru

5 Keuntungan Manasik Haji dan Umroh Bagi Para Jemaah

5 Keuntungan Manasik Haji dan Umroh Bagi Para Jemaah

05 April 2022 | Penulis : Adira Finance

Setiap umat muslim yang hendak menunaikan ibadah haji dan umroh ke Tanah Suci dianjurkan untuk melaksanakan manasik haji dan umroh terlebih dahulu. Biasanya kegiatan manasik ini diselenggarakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) atau agen travel yang bersangkutan. 

Mungkin Sahabat bertanya-tanya, memangnya apa keuntungan dari manasik haji dan umroh ini? Ternyata kegiatan manasik sangat bermanfaat bagi para jemaah haji lho. Sebab, melalui manasik haji dan umroh, nantinya Sahabat akan mengetahui mengenai tata cara, rukun, doa, syarat wajib, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan ibadah haji dan umroh. 

Apa itu Manasik Haji dan Umroh?

Sederhananya, manasik haji dan umroh merupakan serangkaian petunjuk yang dapat dilakukan ketika Sahabat akan menunaikan ibadah haji maupun umroh. Di dalam manasik haji ini Sahabat akan mempelajari mengenai hal-hal penting seputar ibadah haji dan umroh, seperti syarat wajib, tata cara, rukun, hal-hal yang dilarang, dan lain sebagainya. 

Biasanya KBIH atau agen travel mengadakan kegiatan manasik haji secara rutin agar para jemaah dapat memahami teori yang disampaikan. Selain teori, biasanya manasik haji dan umroh juga akan berbentuk praktik, sehingga memudahkan para jemaah untuk mempraktikannya sebelum pergi ke Tanah Suci. 

Praktik manasik haji dan umroh biasanya meliputi cara berpakaian ihram, niat, lempar jumroh, tawaf, dan lain sebagainya. Semua tata cara haji dan umroh biasanya akan dipelajari secara bersama-sama. 

Manfaat Manasik Haji dan Umroh

Manasik haji dan umroh ternyata lebih dari sekadar kegiatan biasa lho, Sahabat, ternyata manasik juga memberikan berbagai manfaat yang menguntungkan bagi kita, di antaranya: 

  • Mengetahui rangkaian ibadah haji dan umroh

    Pihak KBIH atau agen travel pasti akan memberikan informasi penting seputar pelaksanaan ibadah haji dan umroh kepada jemaah. Dengan begitu, Sahabat akan mengetahui rangkaian ibadah yang akan dilakukan nantinya. Sebaiknya Sahabat jangan sungkan untuk banyak bertanya mengenai hal-hal yang membingungkan, nantinya para pembimbing dari KBIH atau agen travel akan membantu dengan senang hati. 

  • Mengetahui doa-doa 

    Manfaat kedua sebenarnya berkaitan juga dengan poin pertama. Dengan mengikuti manasik haji dan umroh secara rutin, setidaknya Sahabat pasti tahu doa-doa yang biasa dilafalkan saat beribadah di Tanah Suci. Misalnya saja, Sahabat jadi tahu niat umroh, doa memasuki masjid, doa saat tawaf, sholat dua rakaat di depan maqom Ibrahim, doa meminum air zam zam, dan lain sebagainya. 

  • Mengetahui hal-hal yang harus disiapkan

    Saat mengikuti manasik haji dan umroh, Sahabat juga jadi tahu mengenai hal-hal atau perlengkapan yang harus disiapkan saat beribadah ke Tanah Suci. Sebagai contoh, Sahabat jadi tahu bahwa jemaah laki-laki harus mengenakan kain ihram tanpa jahitan atau bagi jemaah perempuan harus mengenakan pakaian yang menutupi aurat, dan lain sebagainya. 

  • Tidak kaget saat pertama kali ke Arab Saudi

    Dengan mengikuti manasik haji dan umroh, Sahabat juga akan mendapatkan informasi atau gambaran singkat mengenai kondisi di Makkah dan Madinah. Biasanya pihak KBIH atau agen travel akan menjelaskan situasi yang saat ini sedang terjadi di sana. Misalnya, cuaca di Makkah sedang dingin, maka jemaah dianjurkan untuk membawa jaket atau pakaian yang hangat. Selain itu, Sahabat juga bisa tahu kebiasaan orang Makkah atau Madinah, sehingga Sahabat bisa lebih menjaga diri saat terpaksa keluar hotel sendiri. 

  • Kenal dengan jemaah lainnya 

    Saat menunaikan ibadah haji dan umroh, pasti Sahabat akan bertemu dengan jemaah lain dari berbagai daerah, kan? Jika Sahabat berencana pergi sendiri tanpa ditemani keluarga, sebaiknya Sahabat mengikuti dulu manasik haji dan umroh agar bisa berkenalan dengan jemaah lainnya. Mengenal jemaah lainnya yang ada dalam KBIH atau agen travel yang sama dapat memudahkan Sahabat saat di Tanah Suci.

Yang tidak kalah penting, Sahabat juga harus memilih KBIH atau agen travel yang terpercaya, sehingga pelaksanaan manasik sampai keberangkatan ke Tanah Suci berjalan dengan baik. Pasalnya, saat ini banyak agen travel yang justru tidak tanggung jawab, sehingga yang jadi korbannya adalah para jemaah yang sudah terlanjur pergi ke Arab Saudi. 

Sahabat pasti tidak mau hal tersebut terjadi, kan? Untuk itu, pastikan memilih KBIH atau agen travel umroh yang terpercaya dan amanah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih agen travel, di antaranya:

  • Periksa izin Kemenag RI dari agen travel tersebut
  • Ketahui juga rekam jejaknya
  • Cermat saat mengetahui harga dan fasilitas yang ditawarkan
  • Ketahui durasi umroh yang dilaksanakan
  • Berapa lama durasi masa tunggunya?
  • Persiapkan visa dan dokumen lainnya secara matang 

Baca juga: Rincian Paket Umroh dan Cara Cepat Berangkat ke Tanah Suci

Penjelasan dari Rangkaian Manasik Haji dan Umroh

Berikut ini pengertian dari rangkaian manasik haji dan umroh berdasarkan Buku Tuntunan Manasik Haji dari Kemenag RI, antara lain: 

Umroh 

  • Pengertian Umroh

    Menurut bahasa, Umroh berarti ziarah. Menurut istilah, Umroh adalah mengunjungi Baitullah (Ka’bah) dengan melakukan tawaf, sa’i, dan bercukur (tahallul) demi mengharap ridha Allah. 

  • Hukum Umroh

    Menurut pendapat Imam Syafii dan Imam Hambali, hukum umroh adalah wajib satu kali seumur hidup bagi yang mampu. Sedangkan, menurut Imam Maliki dan Imam Hanafi, hukum umroh adalah sunnah muakkad. 

  • Waktu Menunaikan Umroh

    Ibadah umroh dapat dilaksanakan kapan saja, kecuali ada waktu-waktu yang dianggap makruh, yaitu saat haji wukuf di Arafah pada hari Arafah, hari Nahr (10 Dzulhijjah), dan hari-hari tasyriq. 

  • Syarat, Rukun, dan Wajib Umroh

    Syarat umroh di antaranya Islam, baligh (dewasa), berakal sehat, merdeka, dan mampu. Sementara itu, rukun umroh di antaranya ihram, tawaf, sa’i, mencukur (tahallul), dan tertib. Untuk wajib umroh yaitu berihram dari Miqat. Bila wajib umroh ini dilanggar, ibadah umroh seseorang sah, tetapi ia harus membayar dam.

Haji

  • Pengertian Haji

    Haji adalah berkunjung ke Baitullah (Ka’bah) untuk menunaikan amalan-amalan, di antaranya wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, tawaf di Ka’bah, sa’i, dan amalan lainnya demi mengharap ridha Allah. 

  • Hukum Haji

    Hukum haji adalah wajib bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat dan diwajibkan dilakukan sekali seumur hidup. Hukum haji yang dilakukan kedua atau kesekian kalinya adalah sunnah. 

  • Waktu Menunaikan Haji

    Ibadah haji harus dilaksanakan pada bulan haji atau Dzulhijjah, tepatnya ketika waktu wukuf di Arafah tiba (9 Dzulhijjah), hari Nahr (10 Dzulhijjah), dan hari-hari tasyriq (11, 12, dan 13 Dzulhijjah).

  • Syarat, Rukun, dan Wajib Haji

    Syarat haji di antaranya Islam, dewasa (baligh), berakal sehat, merdeka, dan mampu. Rukun haji meliputi ihram, wukuf di arafah, tawaf ifadah, sa’i, mencukur (tahallul), dan tertib. Sedangkan, wajib haji di antaranya ihram, mabit di Muzdalifah dan Mina, melontar jumrah, tawaf wada. 

Baca juga: 6 Syarat Wajib Umroh dan Rukunnya yang Harus Dipenuhi

Seperti yang Sahabat ketahui, pelaksanaan ibadah haji memiliki kuota dan masa tunggu yang cukup lama, sehingga banyak orang yang memilih untuk menunaikan umroh terlebih dahulu sebelum haji. 

Nah, kalau Sahabat ingin menunaikan umroh dulu, sekarang ada kemudahan yang bisa dimanfaatkan lho, yaitu menggunakan fasilitas Pembiayaan Syariah Umrah dari Adira Finance. 

Fasilitas Pembiayaan Syariah Umrah memudahkan Sahabat untuk menunaikan umroh dengan sistem pembayaran yang diangsur, tentunya sudah sesuai dengan prinsip syariat Islam dan menggunakan akad murabahah. Ingin tahu lebih banyak mengenai pembiayaan umroh? Cari tahu informasi lengkapnya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN