Home / Berita Terbaru

5 Tips Jitu Agar Pengajuan Kredit Mobil Syariah Disetujui

5 Tips Jitu Agar Pengajuan Kredit Mobil Syariah Disetujui

20 November 2020 | Penulis : Adira Finance

Di tengah pandemi COVID-19, kebutuhan masyarakat akan mobil sepertinya tidak surut. Demi mengurangi laju penyebaran virus, banyak orang yang akhirnya memilih untuk menggunakan mobil pribadi dalam menunjang aktivitas hariannya.

Bagi kalangan milenial, mobil sudah seperti barang pokok yang harus segera dimiliki. Tingginya tingkat mobilitas menjadi salah satu alasannya. Dengan mengendarainya, tidak ada alasan hujan ataupun angkutan umum yang ditumpangi terlambat datang, Sahabat bisa langsung gas dan jalan menuju lokasi yang diinginkan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan mobil dengan mudah. Salah satu caranya adalah melalui mekanisme kredit mobil syariah atau pembiayaan mobil syariah. Sahabat bisa mempelajari tips pengajuan kredit mobil syariah agar bisa disetujui oleh pihak lembaga pembiayaan.

Dengan menggunakan skema kredit mobil syariah, Sahabat bisa menjadi lebih untung lagi. Karena prinsip yang dianut dalam skema tersebut adalah murabahah, alias keuntungan dari lembaga pembiayaan sudah diinformasikan dari awal.

Tidak ada syahwa sangka diantara Sahabat dan lembaga pembiayaan selaku kreditur. Semuanya berjalan transparan dan juga mudah.

Nah berikut merupakan 5 tips ampuh untuk Sahabat saat akan melakukan pengajuan kredit mobil syariah, agar disetujui.

1. Pahami persyaratannya

Ada beberapa lembaga pembiayaan yang memiliki persyaratan khusus untuk bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor. Seperti minimal pendapatan atau status karyawan, apakah sudah tetap atau masih kontrak.

Sahabat harus tahu betul apa persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa meminang kendaraan impian. Hal itu masuk dalam tips pengajuan kredit mobil syariah yang harus diketahui.

Galilah informasi sebanyak-banyaknya dari lembaga pembiayaan yang dituju. Dengan begitu, pengajuan kredit mobil syariah bisa lebih cepat diproses.

Beberapa hal yang kerap dilupakan oleh calon debitur adalah slip gaji ataupun cetak rekening Koran 3 bulan terakhir. Banyak orang yang hanya melampirkan slip gaji 1 bulan saja, ataupun cetak rekening Koran yang isinya hanya beberapa minggu.

Kebutuhan tersebut tetap harus dipenuhi oleh Sahabat. Karena hal itu merupakan berkas penting bagi analis kredit untuk menentukan profil risiko calon debiturnya. Jika hanya memberikan informasi 1 bulan terakhir, maka proses analisanya juga tidak berjalan efektif.

Jadi pahami betul apa yang dibutuhkan oleh lembaga pembiayaan, sehingga keinginan Sahabat untuk memiliki mobil bisa segera terealisasi.

2. Siapkan uang muka

Ada baiknya jika Sahabat sudah mengalokasikan sejumlah dana untuk disimpan dalam rekening dalam waktu yang lama. Nantinya, dana tersebut bisa digunakan untuk memenuhi pembayaran uang muka kendaraan.
Jangan gunakan rekening yang sama dengan rekening penampungan gaji. Dengan memiliki sejumlah dana yang mengendap cukup lama dan rutin dilakukan penambahan setiap bulannya, menandakan bahwa Sahabat adalah seorang yang cermat dalam mengelola keuangan.

Hal itu tentu akan berpengaruh positif terhadap penilaian pihak pembiayaan terhadap keuangan Sahabat. Uang muka untuk bisa mendapatkan kredit mobil syariah biasanya berkisar diantara 25% hingga 30%,

3. Jaga rekam jejak kredit

Hal berikutnya yang bisa dilakukan dalam tips pengajuan mobil kredit syariah adalah menjaga kualitas kredit. Ya, ini bukanlah proses yang serta merta bisa dilakukan. Sahabat harus bisa membuktikan kedisiplinan dalam pembayaran cicilan atas kredit yang sudah dimiliki sebelumnya.

Misal, Sahabat sudah memiliki kredit pemilikan rumah (KPR), usahakan untuk membayar angsurannya secara tepat waktu. Dengan menjaga kelancaran pembayaran, maka Sahabat akan dinilai sebagai nasabah yang disiplin dan juga amanah. Hal itu akan mempengaruhi proses pengajuan kredit mobil syariah yang diinginkan.

4. Gunakan sistem online

Masifnya perkembangan teknologi memang membuat proses bisnis berjalan cepat, termasuk dalam hal pembiayaan mobil syariah. Sahabat bisa memanfaatkan layanan online yang dimiliki oleh lembaga pembiayaan agar proses pengajuan bisa berjalan cepat.

Adira Finance adalah salah satu lembaga pembiayaan yang menyediakan layanan tersebut. Sahabat bisa mengaksesnya untuk mendapatkan simulasi kredit dan juga memperoleh informasi yang jelas terkait besaran suku bunga yang didapatkan.

Sahabat tidak perlu repot bolak-balik kantor cabang untuk mengurus kekurangan berkas. Tinggal klik dan semua bisa diselesaikan.

5. Pastikan unit mobil tersedia

Dalam tips pengajuan kredit mobil syariah berikutnya adalah memastikan ketersediaan unit kendaraan yang diinginkan. Jadi sebelum melakukan pengajuan kredit mobil syariah, Sahabat sudah harus menemukan mana kendaraan yang diincar.

Pelajari semuanya, mulai dari besaran pajak, konsumsi bahan bakar, apa kelemahan dan kekurangannya, kemampuan dalam menaklukan kodisi jalanan yang akan dilalui, spare part mudah dicari atau tidak, dan banyak informasi yang harus sudah Sahabat kumpulkan sebelum memutuskan meminang sebuah kendaraan.

Jadi pelajari semua hal terkait jenis mobil yang Sahabat inginkan. Setelah itu, pastikan ketersediaan unitnya. Barulah kemudian Sahabat bisa melakukan pengajuan kredit mobil syariah sesegera mungkin.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN