Home / Berita Terbaru

5 Tips Membeli Motor Klasik Bekas

5 Tips Membeli Motor Klasik Bekas

01 Agustus 2022 | Penulis : Adira Finance

Tren motor klasik atau motor tua memang masih diikuti oleh beberapa orang hingga saat ini. Para pecinta otomotif terutama kendaraan roda dua beberapa ada yang punya minat cukup tinggi dengan jenis motor ini. 

Uniknya, banyak merek motor saat ini yang mengeluarkan model terbaru dalam jenis motor klasik. Tidak jarang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga motor pada umumnya. Hal ini disebabkan karena model motor yang cukup kompleks meski kesannya klasik yang disesuaikan dengan teknologi mesin masa kini.

Meski begitu, beberapa orang yang punya minat dengan motor klasik, lebih suka dengan motor tua atau bisa dibilang dalam hal ini motor bekas. Buat mereka, ada seninya tersendiri merawat motor klasik yang umurnya sudah bertahun-tahun tapi masih bisa digunakan di zaman ini. Bahkan, banyak juga yang tidak hanya memiliki satu motor klasik, tapi mereka ternyata merupakan seorang kolektor yang mengoleksi banyak jenis motor klasik.

Nah, untuk membeli motor klasik bekas perlu memahami beberapa hal sebelum mantap untuk setuju membeli dengan si penjual. Mengingat umur motor yang tentu sudah tua, jangan sampai Sahabat hanya membawa rongsokan dan malah jadi rugi.

Jika saat ini Sahabat berniat untuk membeli motor klasik bekas, atau sedang berencana untuk menambah koleksi motor dengan motor klasik, simak beberapa hal berikut supaya prosesnya lebih lancar dan tepat guna.

Tips Membeli Motor Klasik Bekas

Simak beberapa hal berikut agar Sahabat tidak gegabah saat membeli motor klasik bekas:

  1. Periksa kondisi mesin 

    Kondisi mesin dan rangka motor klasik perlu dipastikan dengan baik. Karena jika pemilik sebelumnya minim melakukan perawatan tentu Anda sebagai pembeli akan membutuhkan biaya tambahan untuk perbaikannya.

    Fokus pada mesin, rangka dan kaki-kaki dibandingkan bodi motor klasik. Apalagi, suku cadang motor klasik terbilang susah untuk dicari lagi karena berasal dari tahun 90an sampai 2000an awal, bahkan ada yang berasal dari tahun yang lebih tua. Coba nyalakan mesin dan kendarai untuk memastikan masih stabil dan tidak goyang. Kesampingkan kondisi bodi, karena masih bisa dipoles atau dicat ulang supaya kondisinya lebih prima.

  2. Pelajari detail suku cadang

    Perbanyak referensi dan pengetahuan sahabat mengenai sejarah hingga detail suku cadang motor klasik yang akan Anda beli supaya terhindar dari penipuan. Sebab, karakter motor klasik tentu akan punya karakter yang jauh berbeda dari pada motor masa kini. Cari informasi dari berbagai sumber seperti internet, dan jika diperlukan tanya kepada ahlinya untuk informasi yang lebih valid.

  3. Periksa kelengkapan surat dan pajak

    Pastikan setidaknya Sahabat tau kondisi terakhir dari surat dan pajak motor. Sangat disayangkan banyak kasus penjual motor klasik yang baru menyampaikan di akhir kalau pajak motor mereka ternyata sudah mati atau kondisi lainnya. 

    Selain itu tanyakan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB. Perhatikan juga nomor rangka dan nomor mesinnya sesuai.

  4. Jangan tergiur dengan harga yang murah

    Biasanya saat penjual menjual motor klasik dengan harga murah, secara umum komponen motornya belum tentu dalam keadaan yang baik dan asli. Begitu pula dengan kelengkapan surat-suratnya.

    Jangan tergiur dengan harga murahnya saja ya Sahabat. Saat mengetahui harga, perhitungkan juga ongkos perbaikannya yang tentu membutuhkan banyak dana selain dana beli. Sesuaikan dengan kebutuhan juga, apakah motor ini nantinya akan dipakai untuk aktivitas sehari-hari atau sekedar untuk dikoleksi.

  5. Ajak penjual bertemu langsung

    Meski Sahabat mendapatkan informasi motor klasik dijual ini dari internet, penting untuk mengajak bertemu penjual secara langsung. Sehingga Anda bisa tahu karakter dan kekurangan motor klasik yang ingin dibeli. Selain itu Sahabat bisa menanyakan secara langsung sejarah motor ini dari pemilik sebelumnya.

Tips Merawat Motor Klasik

Jika motor klasik sudah berhasil Sahabat boyong ke rumah, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut untuk merawatnya. Pelajari bagaimana merawatnya supaya motor kondisinya tetap terjaga, bahkan bisa sebagai investasi jangka panjang. Simak beberapa hal berikut:

  1. Jangan sampai spare part berkarat

    Motor klasik memang punya daya tarik yang bisa dibilang abadi. Tapi menjaga komponennya tentu tidak mudah namun punya seninya tersendiri. Jangan sampai spare part korosi atau karat yang bisa jadi masalah besar untuk motor tua.

    Apalagi jika motor sering terkena air, pastikan Sahabat untuk selalu mengeringkan bagian yang berbahan besi agar tidak mudah karat. Termasuk rantai motor yang harus dilumasi oli secara berkala.

  2. Cek aki motor

    Aki motor pada dasarnya salah satu suku cadang yang paling rentan baik motor baru atau klasik. Jika aki motor terlalu tua, nantinya bisa banyak menimbulkan masalah sehingga ada baiknya untuk cek berkala kondisinya atau bahkan diganti dengan yang baru.

    Sebagai pilihan, Sahabat bisa membeli alat pengisi daya aki untuk isi ulang secara berkala. 

  3. Cek silinder dan piston

    Lumasi silinder dan piston secara berkala. Sebab dua komponen ini sangat berkaitan pada era motor di jaman motor klasik jadi yang terbaru. Sebagai pemiliknya, Sahabat wajib untuk cek berkala kondisinya sehingga motor tetap nyaman untuk dikendarai.

  4. Rutin memanaskan mesin motor

    Tidak berpatok pada penggunaan, ada baiknya meski motor hanya jadi koleksi untuk tetap rutin dipanaskan mesinnya. Oli yang tersirkulasi dengan baik akan bisa melumasi setiap sela komponen motor dan meminimalisir gesekan antar komponen.

  5. Jaga sistem pengapian

    Sistem pengapian perlu dilakukan untuk memastikan motor klasik tetap bisa dihidupkan. Karena sistem pengapian adalah komponen yang penting dalam motor tua. Sahabat bisa mulai dengan mengganti busi dengan kualitas tinggi atau rajin untuk membersihkannya.

Itulah sejumlah tips untuk Sahabat yang sedang berminat mempelajari motor klasik dan berencana untuk membelinya. Semoga bermanfaat!

Selain motor klasik, Sahabat sebenarnya bisa lho mendapatkan motor impian yang baru dan bekas (dengan maksimal usia kendaraan 9 tahun) dengan menggunakan layanan Kredit Motor dari Adira Finance. Adira Finance menawarkan kemudahan memiliki motor baru atau bekas secara kredit untuk berbagai pilihan merek, termasuk motor premium. Persyaratan dokumennya mudah, proses cepat, pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan Konsumen, jaringan pembayaran angsuran yang luas, dilengkapi perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri, sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang/ perwakilan, dealer, contact center dan media digital.

Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan Kredit Motor dari Adira Finance sudah pasti terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menggunakan layanan Kredit Motor dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan beragam kemudahan, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah.
  • Proses cepat, mudah, dan aman.
  • Pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan konsumen.
  • Jaringan pembayaran angsuran luas.
  • Dilengkapi perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri.
  • Sistem penyimpanan BPKB yang aman.
  • Layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang atau perwakilan, dealer, contact center, dan media digital.

Nah, buat Sahabat yang ingin mendapatkan motor klasik impian dengan cepat, bisa juga lho langsung mengajukan kredit motor di Adira Finance sekarang. Yuk, langsung ajukan di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN