Home / Berita Terbaru

5 Tips Memilih Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Aman dan Mudah

5 Tips Memilih Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Aman dan Mudah

20 Mei 2021 | Penulis : Adira Finance

Tingginya kebutuhan sehari-hari membuat banyak orang memanfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit dari berbagai lembaga keuangan. Apalagi semenjak platform belanja online semakin menjamur, tak sedikit orang yang lebih memilih memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan cicilan tanpa kartu kredit karena dianggap lebih mudah. Pengajuan dan persyaratannya pun terbilang cukup praktis, tanpa harus menjadi nasabah di suatu bank dan tidak perlu menunjukkan persyaratan yang rumit. Pengajuan dan persyaratannya dianggap lebih praktis dibandingkan cicilan yang menggunakan kartu kredit. Lantas, apa itu cicilan tanpa kartu kredit? Secara ringkas, cicilan tanpa kartu kredit adalah sistem pembayaran berbasis online yang dapat digunakan untuk menalangi pengeluaran belanja, tanpa harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu dan akan ada tagihan yang harus dilunasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ada banyak kemudahan dari layanan cicilan ini, mulai dari kemudahan simulasi, pengajuan, serta persyaratan yang praktis dan proses cepat. Simulasinya pun cukup beragam, sesuai dengan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh Sahabat. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan simulasi pinjaman terlebih dahulu agar mengetahui bunga, jumlah cicilan, dan tenor pinjaman yang harus dibayar. 

Tips Memilih Jenis Cicilan Tanpa Kartu Kredit yang Aman 

Jika Sahabat berniat menggunakan layanan cicilan tanpa kartu kredit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan lembaga keuangan yang menyediakan layanan tersebut. Berikut ini beberapa tips dalam memilih layanan cicilan yang aman: 

  1. Pilih lembaga keuangan yang terpercaya

    Sebelum menggunakan layanan cicilan atau kredit jenis apapun, pastikan Sahabat memilih lembaga keuangan yang terpercaya. Caranya dengan melihat apakah lembaga tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum? Jika sudah, maka lembaga keuangan tersebut aman dan dapat jadi pilihan Sahabat dalam menggunakan layanan yang mereka sediakan. 

  2. Pilih jenis cicilan yang tidak membebankan

    Memilih lembaga keuangan yang terpercaya saja belum cukup lho. Sebaiknya Sahabat melihat juga jenis pinjaman yang disediakan oleh masing-masing lembaga. Sebab, ada pula lembaga keuangan yang justru cicilannya cukup membebankan para konsumen, mulai dari pengajuan dan syarat yang rumit, bunga tinggi, tenor pinjaman yang pendek. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk melihat jenis layanan pinjaman yang tersedia, cara pengajuan dan persyaratan, bunga, serta tenor dalam simulasi kredit yang ada di setiap lembaga keuangan. 

  3. Tentukan budget 

    Sebaiknya tentukan budget terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan cicilan tanpa kartu kredit di lembaga keuangan yang tersedia. Riset terlebih dahulu barang atau jasa yang ingin dibeli, kemudian pilih budget yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Sahabat. Dengan melakukan langkah ini, Sahabat bisa terhindar dari kesalahan dalam membeli barang yang terlalu mahal, padahal fitur atau spesifikasinya tidak sesuai dengan harga yang ditentukan. Akibatnya, Sahabat bisa lebih boros dari rencana awal. Meskipun pembayarannya menggunakan cicilan tanpa kartu kredit, namun langkah ini perlu dilakukan agar pelunasannya tidak membebani Sahabat. 

  4. Lakukan simulasi kredit sebelum mengajukan cicilan

    Sebelum menggunakan cicilan tanpa kartu kredit, Sahabat perlu melakukan simulasi kredit atau pinjaman terlebih dahulu ya. Langkah ini berguna agar Sahabat bisa mengetahui berapa estimasi besaran bunga dan tenor pinjaman yang ada. Dengan begitu, Sahabat bisa mengestimasikan berapa biaya yang harus dibayar setiap bulannya. 

  5. Perhatikan detail tagihan

    Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan detail tagihan. Dengan mencermati detail tagihan, Sahabat dapat memastikan tidak ada biaya tersembunyi atau hal lain yang dapat melonjakkan beban cicilan secara mendadak. Jadi, Sahabat bisa memperhitungkan apakah cicilan dapat dilunasi dengan lancar hingga tuntas atau tidak. 

Manfaat Menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Lembaga keuangan yang kredibel, serta sudah terdaftar dan diawasi OJK memberikan banyak manfaat untuk para konsumen yang membutuhkan barang atau jasa secara mendesak. Itulah mengapa lembaga keuangan ini dapat memudahkan Sahabat untuk bertransaksi dengan proses yang cepat. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat menggunakan cicilan tanpa kartu kredit, di antaranya: 

  1. Penuhi kebutuhan dengan aman dan nyaman

    Tak hanya memudahkan kegiatan belanja online dan meringankan beban keuangan, cicilan tanpa kartu kredit juga dapat menjadi alternatif pembayaran yang aman dan terpercaya. Keamanan dan kenyamanan menggunakan cicilan tanpa kartu kredit akan terjamin jika Sahabat memilih lembaga keuangan yang legal, kredibel, dan terdaftar di OJK. Lembaga keuangan yang legal dan kredibel pasti akan menunjukkan dengan rinci dan transparan mengenai biaya yang tercantum dalam tagihan. 

  2. Memenuhi kebutuhan secara mendesak

    Tidak semua orang mampu membeli barang atau jasa yang dibutuhkan dengan menggunakan uang tunai secara langsung, ada yang harus mengumpulkan uang terlebih dahulu selama beberapa waktu. Selain itu, pada kenyataannya akan selalu ada pengeluaran lain yang tak terduga dan muncul tiba-tiba, serta harus dibayar sesegera mungkin sehingga membuat beberapa orang menunda membeli barang atau jasa tersebut. Nah, cicilan tanpa kartu kredit hadir sebagai solusi di tengah kondisi tersebut. Manfaat cicilan kartu kredit dapat memudahkan Sahabat mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan secara mendesak tanpa harus menunggu waktu yang lama untuk uangnya terkumpul. Apalagi jika Sahabat sedang membutuhkan barang yang sangat penting untuk keperluan bekerja atau produktivitas sehari-hari. Dengan begitu, produk bisa segera Sahabat miliki dan digunakan untuk menunjang kebutuhan yang mendesak tanpa harus berlama-lama menabung. 

  3. Syarat dan pengajuan mudah

    Kelebihan lain dari cicilan tanpa kartu kredit adalah syarat dan pengajuannya yang mudah dan prosesnya cepat. Seperti sebutannya, jenis pinjaman ini tanpa memerlukan kartu kredit, sehingga Sahabat cukup mengajukan pinjaman dengan beberapa syarat ringan, seperti KTP dan beberapa berkas pribadi lainnya. Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi, tak butuh waktu yang lama untuk menunggu pengajuannya disetujui. Dengan begitu, Sahabat bisa lebih cepat menggunakan layanan ini untuk kebutuhan membeli barang atau jasa. 

  4. Fleksibel dan hemat waktu

    Cicilan tanpa kartu kredit bersifat fleksibel karena dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan apapun dan bisa digunakan di berbagai platform belanja online. Sahabat bisa mengajukan cicilan tanpa kartu kredit di manapun dan kapanpun karena bisa melalui smartphone, tanpa harus bolak-balik ke kantor lembaga keuangan yang bersangkutan untuk mengurus segala macam persyaratan yang diperlukan. 

Meski saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang memberikan layanan cicilan tanpa kartu kredit, tak sedikit pula orang yang meragukan layanan ini karena faktor keamanan. Pasalnya, banyak lembaga keuangan ilegal yang menawarkan layanan cicilan tanpa kartu kredit yang justru merugikan para konsumennya. Bahkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mendapat pengaduan sebanyak 5.421 pada Maret 2021 terkait layanan pinjaman online yang ilegal. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk memilih lembaga keuangan yang aman dan menyediakan berbagai jenis pinjaman untuk memudahkan para konsumennya.

Selain cicilan tanpa kartu kredit, sebenarnya ada jenis layanan pinjaman lain yang lebih aman dan terpercaya, yaitu Kredit Multiguna. Kredit Multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan pinjaman untuk barang atau jasa yang mudah, aman, dan cepat. Jenis pembiayaannya dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang konsumtif dengan tujuan penggunaan pembiayaan yang spesifik. Sahabat bisa memanfaatkan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Suku bunga dari kredit multiguna pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulan. Dengan begitu, Sahabat bisa mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan tanpa harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan dananya. 

 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN