Home / Berita Terbaru

5 Tips Memilih HP Khusus Gaming yang Tepat

5 Tips Memilih HP Khusus Gaming yang Tepat

21 Oktober 2021 | Penulis : Adira Finance

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, termasuk kebutuhan saat menggunakan HP. Ada yang menggunakan HP untuk sekadar berkomunikasi dengan kerabat, ada yang untuk edit foto dan video, hingga ada yang menggunakan HP untuk bermain game. Apabila Sahabat termasuk salah satu orang yang sedang mencari HP khusus gaming, artikel ini bisa menjadi jawaban untuk memudahkan Sahabat saat memilih HP khusus gaming dengan tepat. 

Tips Memilih HP Khusus Gaming dengan Tepat

Saat memilih HP khusus gaming, sebenarnya harga bukanlah satu-satunya yang menjadi tolak ukur. Pasalnya, ada pula HP khusus gaming yang harganya justru relatif terjangkau, namun kualitasnya tak kalah bagus. Sahabat pasti penasaran kan bagaimana memilih HP khusus gaming yang tepat? Kita simak tipsnya di bawah ini, yuk!

  • Teliti bagian layar

    Layar merupakan bagian terpenting saat bermain game karena beberapa game membutuhkan perangkat spesifikasi tinggi agar grafis yang ditampilkan lebih maksimal dan game berjalan dengan lancar. 

    Sahabat juga perlu memerhatikan resolusi layar HP khusus gaming, minimal full HD yang setara dengan 1080p. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin bagus juga grafis yang terlihat. Namun, terkadang resolusi yang tinggi juga dapat berpengaruh terhadap konsumsi baterainya. 

    Selain itu, perhatikan juga ukuran layarnya sebelum Sahabat membeli HP khusus gaming. HP yang memiliki layar terlalu kecil akan menampilkan visual game yang kecil juga. Sementara, layar yang terlalu lebar juga tidak nyaman untuk Sahabat genggam saat memainkan game. Oleh karena itu, ukuran layar juga harus Sahabat perhatikan agar nyaman dan visual-nya menarik. 

  • Periksa kapasitas RAM, prosesor, dan GPU

    Sama seperti laptop gaming, HP khusus gaming juga sebisa mungkin memiliki kapasitas RAM yang besar agar performa game yang dihasilkan lebih maksimal. Untuk HP khusus gaming, sebenarnya RAM 4 GB juga sudah cukup. 

    Kualitas prosesor yang baik dan tinggi juga bisa memudahkan Sahabat saat bermain game. Untuk GPU atau graphics processing unit, Sahabat juga perlu memilih yang bagus. Biasanya apabila prosesor bagus, maka GPU-nya juga bagus. 

    Sampai saat ini, biasanya prosesor Snapdragon 625 atau di atasnya merupakan pilihan terbaik di kategori kelas menengah. Namun, jika Sahabat ingin prosesor yang lebih baik, tentu Sahabat harus memilih HP dengan prosesor kelas flagship seperti snapdragon 855+ hingga prosesor yang terbaru karena kualitas prosesornya pasti akan tinggi, tetapi harganya tentu tidak murah. 

    Maka dari itu, Sahabat perlu mempertimbangkan aspek-aspek penting ini dengan baik agar tidak salah memilih HP yang akan digunakan untuk bermain game. 

  • Kapasitas memori internal besar

    Memilih HP khusus gaming tak hanya membutuhkan grafis dan software yang baik saja, tetapi juga membutuhkan memori internal yang besar. Sebab, tak sedikit pula game yang harus menyimpan data dengan kapasitas yang cukup besar, sehingga memori internalnya pun harus mencukupi dengan baik. Apabila Sahabat memilih HP yang memori internalnya kurang cukup, biasanya perlu menghapus aplikasi-aplikasi lainnya.

    Baca juga: 10 Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh 

  • Kapasitas baterai besar dan tidak boros

    Sahabat pasti mengetahui bahwa kapasitas dan kualitas baterai sangat berpengaruh saat bermain game. Maka dari itu, salah satu tolak ukur memilih HP khusus gaming yaitu dengan mengetahui kapasitas dan kualitas baterai yang besar serta tidak boros. 

    Sahabat pasti ingin bermain game dengan lancar, bukan? Maka dari itu, sebaiknya hindari HP yang mudah panas dan baterainya boros. Sebab, banyak pula HP yang tidak diperuntukkan untuk game, sehingga akan mengganggu kenyamanan Sahabat saat menggunakannya. Selain memilih kapasitas baterai tinggi, Sahabat juga perlu mencari HP khusus gaming yang memiliki kemampuan fast charging. 

  • Perhatikan harga

    HP khusus gaming pastinya memiliki spesifikasi yang tinggi sehingga harganya cukup mahal. Akan tetapi, Sahabat tidak perlu khawatir karena masih bisa memilih HP khusus gaming harga menengah yang cukup mampu untuk memainkan game kesukaan Sahabat. Namun, ada kekurangan lain yang mungkin akan dialami oleh Sahabat, seperti bermain game pada pengaturan yang rendah (low) atau HP akan mengalami lag ketika bermain game. 

Jika Sahabat tetap ingin memilih HP khusus gaming dengan spesifikasi yang bagus dan harga cukup tinggi, tidak perlu khawatir karena Sahabat bisa memanfaatkan kemudahan layanan Kredit Elektronik dan Furnitur dari Adira Finance

Kredit Elektronik dan Furnitur merupakan jasa pembiayaan barang elektronik dan furnitur, seperti HP khusus gaming, TV, laptop, mesin cuci, tempat tidur, lemari, kulkas, alat olahraga, dan lain sebagainya. Pengajuan kredit untuk HP khusus gaming juga cukup mudah, aman, dan cepat lho, Sahabat. Bahkan, Sahabat juga bisa mengajukan kredit elektronik dan furnitur untuk membeli HP khusus gaming menggunakan aplikasi Adiraku sehingga lebih mudah dan praktis karena cukup mengajukan melalui HP saja. 

Yang tak kalah penting, persyaratan kredit ini pun cukup mudah lho. Berikut ini beberapa persyaratan calon konsumen Kredit Elektronik, Furniture, dan Gaget: 

  1. Konsumen perorangan karyawan (PNS atau swasta)
    • WNI
    • Lama bekerja minimal 1 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 55 tahun
    • Tempat tinggal bukan kost
    • Khusus rumah kontrak, waktu berakhirnya masa kontrak > akhir tenor kredit atau sudah tinggal di rumah tersebut minimal 2 tahun
  2. Konsumen perorangan wiraswasta dan profesional
    • WNI
    • Lama usaha minimal 1 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 60 tahun
    • Tempat tinggal bukan kost
    • Khusus rumah kontrak, waktu berakhirnya masa kontrak > akhir tenor kredit atau sudah tinggal di rumah tersebut minimal 2 tahun
  3. Konsumen perusahaan atau kelembagaan
    • Berbadan hukum di Indonesia
    • Lama usaha minimal 2 tahun

Namun, Sahabat perlu mengetahui bahwa persyaratan di atas dapat berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Untuk itu, Sahabat bisa membuka website Adira Finance atau aplikasi Adiraku sebelum mengajukan kredit untuk HP khusus gaming supaya pengajuan kreditnya lebih mudah dan cepat disetujui. 

Setelah mengetahui tips dan kemudahan layanan Kredit Elektronik dan Furnitur, Sahabat pasti penasaran dengan keunggulan dari layanan ini, bukan? Nah, Sahabat sebagai konsumen bisa mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Persyaratan kredit yang mudah dan proses cepat
  • Bunga kompetitif
  • Dukungan jaringan ratusan cabang atau kantor perwakilan Adira Finance di seluruh Indonesia
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan, wiraswasta, profesional, hingga kelembagaan
  • Terdapat kemudahan pembayaran angsuran 

Tak hanya itu, jika Sahabat mengajukan kredit untuk HP khusus gaming melalui aplikasi Adiraku, Sahabat bisa mendapatkan keuntungan lain, di antaranya promo menarik berupa cashback dan penawaran menarik lainnya, poin yang bisa ditukar dengan hadiah menarik, kredit instan, serta terdapat fitur jual cepat.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN