Home / Berita Terbaru

5 Tips untuk Bisnis Properti yang Lancar dan Menguntungkan

5 Tips untuk Bisnis Properti yang Lancar dan Menguntungkan

01 September 2022 | Penulis : Adira Finance

Bisnis properti adalah jenis bisnis yang sering kali dikenal dengan bisnis yang memiliki peluag untung besar. Apalagi setiap hari selalu ada orang yang mencari properti. 

Modal utama dari memulai bisnis properti adalah kemampuan berkomunikasi. Tentang bagaimana sebagai pebisnis, Sahabat bisa menawarkan dan menjual properti dengan baik dan semenarik mungkin.

Beberapa orang juga sering kali salah mengerti konsep dari bisnis properti. Pada dasarnya bisnis ini tidak kemudian mengharuskan kita untuk membeli atau membangun properti baru kemudian kita jual. Padahal Sahabat bisa jadi agen properti dengan menawarkan properti yang sudah ada kepada yang mencarinya. Sehingga modal yang dimiliki Sahabat untuk memulai bisnis ini bisa dialihkan ke hal lainnya supaya bisa lebih maksimal.

Peluang Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu jenis usaha yang akan bisa tetap berjalan di dalam situasi ekonomi apa pun. Untuk menjalaninya, ada beberapa peluang di bidang properti ini, di antaranya adalah:

  1. Developer Property

    Jika Sahabat memiliki modal yang besar, pengetahuan akan manajemen perusahaan, serta memiliki banyak koneksi di bidang real estate developer, peluang bisnis properti yang ini mungkin cocok. 

    Tentu tidak mudah menjadi seorang developer properti, karena membutuhkan banyak keahlian mulai dari analisis dengan lahan kosong potensial, hingga komunikasi dengan calon pembeli hingga kepada vendor. Belum lagi dibutuhkan keterampilan dalam memasarkan bisnis ini sehingga memiliki awareness yang baik di masyarakat. 

    Karena cukup rumit dan tidak sembarangan dalam memulai bisnis properti jenis yang ini, tentu keuntungan yang mungkin bisa diraih untuk menjalaninya sebanding dengan besarannya.

  2. Kantor agen properti

    Jika Sahabat memiliki modal yang cukup atau calon investor yang memadai, peluan bisnis properti yang ini mungkin bisa menarik. Namun, tentu di awal membukanya, Sahabat membutuhkan sejumlah usaha marketing dan penyebaran nama kantor sehingga diharapkan nantinya memiliki brand image dan terpercaya. Hal ini tentu dilakukan untuk menarik calon pembeli.

    Jangan lupa selalu ingat untuk menjaga prestasi sehingga nama bisnis Sahabat semakin menjaring lebih banyak client atau pembeli.

  3. Sewa properti

    Dalam hal ini, Sahabat bisa memanfaatkan apartemen atau rumah yang dimiliki tapi tidak dihuni. Sehingga aset-aset ini bisa menjadi penghasilan pasif.

  4. Agen properti

    Jika saat ini belum memungkinkan untuk Sahabat membuka kantor properti, Anda bisa mencoba untuk menjadi agen properti terlebih dahulu. Profesi ini bertugas untuk mencarikan calon pembeli atau penyewa untuk menemukan propertinya. Dari sini, seorang agen akan mendapatkan komisi sebagai keuntungannya. Jika nantinya sudah ahli dalam menjadi agen properti, siapa tahu bisnis properti Sahabat semakin meluas dan bisa membangun kantor Anda sendiri.

Tips Memulai Menjalankan Bisnis Properti

Buat Sahabat yang menjadi pemula dalam menjalankan jenis bisnis properti ini, Anda bisa lakukan beberapa tips di bawah ini guna melancarkan bisnis Sahabat di kemudian hari:

  1. Melakukan riset pasar

    Riset sebaiknya menjadi hal yang pertama kali Anda lakukan saat ingin memulai bisnis properti. Hal ini bertujuan agar Sahabat bisa mengetahui jenis properti yang saat ini tengah dicari oleh konsumen. Riset lebih mendalam dengan melihat harga, fasilitas infrastruktur di sekitarnya hingga lokasi propertinya.

  2. Melihat iklan properti berkala

    Ada banyak media yang memuat berbagai jenis iklan properti. Mulai dari internet, koran, hingga billboard di jalanan. Sahabat juga bisa mengumpulkan info dari relasi teman atau keluarga yang mungkin sedang menjual propertinya juga. Jangan lupa saat menawarkannya ke calon pembeli atau penyewa, Sahabat memperhitungkan pula komisi atau keuntungan untuk diri sendiri dengan sewajarnya.

  3. Memperluas networking

    Memperluas relasi dan networking dengan banyak orang perlu dilakukan Sahabat saat memulai bisnis properti. Sebab, hal ini bisa jadi kesempatan untuk memperluas jaringan kerja dari banyak bidang. Selain itu hal ini sekaligus meningkatkan skill Sahabat dalam berkomunikasi dan bernegosiasi.

  4. Melakukan promosi

    Promosi atau marketing bisa dilakukan untuk melebarkan nama usaha bisnis properti Sahabat agar bisa semakin dikenal masyarakat luas. Maksimalkan penggunaan media digital dan online yang semakin mudah dimanfaatkan saat ini. Sahabat juga bisa menggunakan website sebagai company profile atau sebagai media untuk mengenalkan usaha Anda ke khalayak luas. Selain itu Sahabat bisa membuat promosi berkala di sosial media dan media digital lainnya. Hal ini untuk membuka peluang customer yang masuk lebih banyak.

  5. Mengikuti pelatihan

    Untuk Sahabat yang baru memulai bisnis properti ini, penting untuk selalu berusana memenuhi diri dengan ilmu. Jangan sungkan untuk mengikuti kelas online sehingga Sahabat bisa mendengarkan banyak ilmu dari ahli serta mendengarkan pengalaman dari banyak pebisnis yang sudah memulai sebelumnya.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Properti

Berikut ini adalah keuntungan sekaligus beberapa hal yang jadi penyebab mengapa bisnis properti selalu dinilai menguntungkan:

  1. Risiko kerugian yang rendah

    Selain diklaim menjadi jenis bisnis yang menguntungkan, bisnis properti sering kali juga dinilai memiliki risiko kerugian yang rendah dibanding jenis usaha lainnya. Karena harga properti cenderung stabil.

  2. Harga jual properti yang selalu naik

    Harga properti cenderung naik di setiap tahunnya. Karena kebutuhan dan suplai tidak seimbang dengan ketersediaan lahan di saat-saat ini. Apalagi properti adalah sebuah aset yang tidak akan terpengaruh oleh inflasi, karena tidak berbentuk uang.

  3. Properti bisa menjadi aset

    Properti yang Anda miliki bisa menjadi aset penghasil uang karena bisa dijadikan bisnis properti yang harga sewanya bisa naik menyesuaikan tren pada waktu tersebut. 

Itulah sejumlah informasi mengenai bisnis properti. Selain mempersiapkan beberapa hal di atas, untuk memulai bisnis tentu Sahabat memerlukan modal sebagai awalan guna memperlancar perjalanan bisnis nantinya di kemudian hari, seperti promosi, menyewa kantor atau pengoptimalan yang lainnya.

Mempersiapkan modal tentu menjadi sebuah hal perlu perencanaan yang matang dengan memperhitungkan segala risiko dan keuntungannya. Untuk mempermudah Sahabat dalam mempersiapkannya, Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance. Fasilitas Kredit Multiguna ini akan memudahkan Sahabat untuk mendapatkan dana pinjaman.

Sahabat juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari fasilitas ini. Adira Finance menawarkan fasilitas pinjaman dana kredit multiguna dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, serta bisa memilih pilihan asuransi yang lengkap, dan keuntungan lainnya.

Di samping itu, Sahabat juga tak perlu khawatir karena fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi lebih aman dan terpercaya. Segera ajukan modal usaha Sahabat sekarang dengan langsung klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN