Home / Berita Terbaru

5 Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dicoba

5 Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dicoba

22 April 2021 | Penulis : Adira Finance

Ingin merintis usaha modal kecil untung besar? Sekarang bukan hanya sekadar mimpi lho. Menjadi seorang wirausahawan dengan usaha modal kecil untung besar bisa terwujud asalkan ada kemauan dan usaha. Selain itu, dalam menjalankannya pun Sahabat perlu tetap konsisten dan komitmen agar bisnisnya semakin berkembang. Ada banyak cara dan ide usaha yang bisa Sahabat kembangkan meski hanya dengan modal kecil. Apalagi dengan adanya teknologi yang semakin pesat, sehingga banyak pula kemudahan yang bisa dimaksimalkan untuk merintis usaha modal kecil untung besar meski hanya dari rumah saja. 

Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

Merintis sebuah usaha memang susah-susah gampang ya, Sahabat. Namun, jika dijalani dengan serius dan tekun, usaha modal kecil-kecilan justru akan menambah pundi-pundi rupiah bagi Sahabat. Berikut ini lima jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa dipilih: 

  1. Reseller atau Dropshipper 

    Jenis usaha modal kecil untung besar ini semakin diminati banyak orang. Saat ini orang berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal yang tidak terlalu besar. Nah, menjadi reseller atau dropshipper adalah salah satu pilihan tepat bagi Sahabat. Bahkan, sekarang banyak pula produsen yang menyediakan berbagai macam jenis produk yang bisa dijual kembali oleh para reseller atau dropshipper, mulai dari produk rumah tangga, makanan, elektronik, aksesoris, pakaian, dan lainnya. 

    Modal usaha untuk menjadi reseller atau dropshipper terbilang sangat minim. Bahkan, ada pula produsen atau distributor yang menyediakan paket bisnis tanpa modal sama sekali. Meskipun reseller dan dropshipper sama-sama memasarkan produk jualan orang lain, akan tetapi sistem kerjanya agak berbeda lho, Sahabat. Reseller biasanya turut menyediakan produk-produk yang sudah dibeli dari produsen atau distributor, lalu menjual kembali dengan kesepakatan harga tertentu. Sedangkan, dropshipper cukup menjual produk produsen atau distributor secara online, tanpa harus membeli produknya terlebih dahulu. 

    Jenis usaha modal kecil untung besar ini terlihat cukup mudah dilakukan. Namun, Sahabat tetap harus cermat memilih produsen atau distributor yang menjanjikan, agar dapat mengembangkan bisnis hingga jangka panjang. Sebab, banyak pula produsen atau distributor yang justru memberatkan para reseller dan dropshipper dengan target-target yang ada. 

  2. Pelayanan Jasa

    Usaha modal kecil untung besar selanjutnya adalah pelayanan jasa bisnis yang berasal dari keahlian tertentu. Ada banyak jenis pelayanan jasa yang bisa Sahabat pilih, seperti pelayanan jasa desain grafis, menulis, fotografi, kursus online, pembuatan website, laundry, jasa titip (jastip) pembelian barang, dan lainnya. Menjual produk jasa memang berbeda dibandingkan jualan produk yang terlihat. Akan tetapi, usaha modal kecil untung besar ini bisa bermanfaat dan terbukti dapat dirasakan oleh pengguna jasa tersebut karena mereka merasa terbantu oleh jasa yang Sahabat berikan. 

    Modal untuk membuka jenis usaha ini cukup beragam, ada yang tanpa modal hingga harus mengantongi modal yang cukup besar. Begitu pula dengan harga pelayanan jasa yang ditawarkan, tarifnya pun akan berbeda tergantung dengan jenis jasa, tingkat kesulitan, dan fakta lain yang mempengaruhinya. 

    Kelebihan merintis usaha modal kecil untung besar yang satu ini adalah fleksibilitas, baik dari segi waktu maupun tempat. Sebab, Sahabat bisa menjalankannya kapan pun dan di manapun, tanpa harus ada tempat khusus. Biasanya, para penyedia jasa memaksimalkan promosi secara online yang bisa dimulai dari media sosial pribadi dan website atau platform khusus pelayanan jasa. Meski terlihat sangat mudah, namun bisnis pelayanan jasa juga memiliki tantangan tersendiri, yaitu harus ada strategi promosi dengan testimoni pengguna jasa karena bisnis ini sifatnya hanya bisa dirasakan oleh pelanggan. Oleh karena itu, semakin puas testimoni pengguna jasa, maka semakin optimal juga promosi yang bisa Sahabat lakukan. 

  3. Penyewaan Alat

    Penyewaan alat atau barang juga bisa termasuk usaha modal kecil untung besar lho. Modal menyediakan sewa alat memang bervariasi, karena disesuaikan dengan jenis barang yang sebelumnya dibeli oleh pemilik. Modalnya akan sangat kecil atau bahkan tanpa modal jika pemilik sudah memiliki berbagai macam alat yang akan disewakan. Sebaliknya, modal akan semakin besar jika Sahabat belum memiliki alat yang akan disewakan. Oleh karena itu, jenis usaha modal kecil untung besar ini bisa dimaksimalkan oleh orang-orang yang sebelumnya sudah memiliki barang-barang yang akan disewakan. Supaya mendapatkan untung berlipat, Sahabat bisa menyewakan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan kualitasnya masih bagus. 

    Beberapa contoh barang yang dapat disewakan antara lain perlengkapan bayi yang sudah tidak terpakai, seperti stroller, car seat, atau box bayi karena masa penggunaannya cenderung lebih singkat. Sementara, banyak para orang tua muda yang membutuhkan barang tersebut, namun jika membeli sendiri membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan menyewa. Selain itu, barang lain yang bisa disewakan adalah barang elektronik, seperti kamera, lensa, tripod, untuk kebutuhan fotografi. Tak hanya itu, barang-barang untuk camping juga bisa disewakan kepada orang-orang dengan harga yang sudah disesuaikan. Sistemnya bisa diberlakukan secara berjangka, misalnya harian, mingguan, atau bulanan. Cara promosi usaha modal kecil untung besar ini pun terbilang cukup mudah, Sahabat bisa memanfaatkan teknologi digital melalui dunia maya yang jangkauannya lebih luas. 

    Baca juga: Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan, Cocok untuk 4 Bisnis Kekinian Ini

  4. Bisnis Barang Bekas

    Peluang bisnis bisa datang dari mana saja, salah satunya dengan menyulap barang bekas menjadi usaha modal kecil untung besar yang menjanjikan. Bahkan, jenis usaha ini bisa dimaksimalkan hanya dengan modal kejelian dan kreativitas Sahabat. Ada banyak jenis bisnis barang bekas yang bisa Sahabat maksimalkan, seperti menjual baju bekas yang masih layak pakai, menjual barang elektronik melalui forum jual beli, menjual kembali pakaian sisa export dengan mengikuti tren, dan masih banyak lagi ide bisnis lainnya. 

    Apalagi saat ini teknologi digital semakin berkembang, Sahabat bisa memasarkan barang bekas ini melalui media sosial pribadi hingga e-commerce. Modal untuk merintis bisnis ini memang bervariasi, tergantung jenis bisnis yang Sahabat pilih. Selain itu, bisnis barang bekas bisa dikembangkan dengan menjual daur ulang plastik bekas, tong bekas, dan kardus menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih. Oleh karena itu, kreativitas sangat dibutuhkan untuk memulai usaha modal kecil untung besar ini. 

  5. Bisnis Pre Order 

    Usaha modal kecil untung besar yang sayang untuk dilewatkan adalah bisnis barang pre order (PO). Jenis usaha modal kecil ini tidak sama dengan yang ready stock, karena prosesnya harus menunggu beberapa waktu untuk bisa mendapatkan barang tersebut. Akan tetapi, bisnis barang pre order (PO) banyak diminati para pemula karena tidak memerlukan banyak modal atau bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Namun, banyak pula kekurangan dalam menjalani usaha modal kecil untung besar ini. Sistem PO menuntut konsumen harus sabar menunggu barang yang mereka pesan, sehingga penting bagi penjual untuk mengutamakan kualitas barang yang dijual. Selain itu, penting juga bagi penjual untuk menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Sebelum Sahabat memulai usaha modal kecil untung besar ini, pastikan untuk memahami dengan baik produk yang akan dijual dan teliti dalam membidik target konsumen. 

Itulah beberapa jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa jadi pilihan. Untuk sahabat yang ingin berbisnis namun bingung harus mulai dari mana, berikut ini cara memulai bisnis bagi para pemula: 

  • Tentukan jenis bisnis yang sesuai
  • Lakukan riset pasar
  • Alokasikan modal bisnis secara tepat
  • Promosikan usaha modal kecil lewat media sosial

Dalam mengembangkan usaha modal kecil untung besar, Sahabat memerlukan modal agar bisnis tersebut bisa berkembang hingga jangka panjang. Nah, Sahabat tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara mendapatkan modal untuk bisnis, mulai dari tabungan pribadi, pinjam ke keluarga atau teman, menjual aset, dan kredit multiguna. Perlu Sahabat ketahui, kredit multiguna bisa jadi pilihan tepat bagi Sahabat yang membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis semakin besar. Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal bisnis digital yang mudah, aman, dan cepat. Pilihlah kredit multiguna yang terpercaya, seperti Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Dengan memaksimalkan layanan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Bahkan, suku bunganya pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulan. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya dapatkan pinjaman modal bisnis dengan kredit multiguna dari Adira Finance

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN