Home / Berita Terbaru

6 Cara Menghilangkan Baret di Mobil yang Mudah

6 Cara Menghilangkan Baret di Mobil yang Mudah

05 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Cara menghilangkan baret di mobil ternyata bisa Sahabat lakukan di rumah. Namun, ada beberapa tips dan trik yang perlu diketahui agar mobil bisa kinclong kembali tanpa ada baret sedikit pun. 

Cara menghilangkan baret di mobil sebenarnya perlu diketahui oleh semua orang, tidak hanya sebatas orang yang menyukai dunia otomotif saja. Cara menghilangkan baret di mobil ini bisa menjadi salah satu tips untuk merawat mobil kesayangan tanpa merogoh kocek yang dalam karena tidak perlu pergi ke tempat servis. 

Baret atau yang bisa disebut goresan dapat muncul pada beberapa bagian mobil karena terdapat kesalahan dalam mengemudi maupun parkir. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap tampilan mobil yang akhirnya kurang bagus. Ada pula beberapa bahan kimia yang bisa digunakan untuk menghilangkan baret, di antaranya kompon, rubbing compound, cerium oxide, alkohol, face tonic, dan lain sebagainya. 

Namun, kali ini Sahabat tidak perlu khawatir dan terburu-buru untuk membawanya ke bengkel karena ada beberapa cara menghilangkan baret di mobil yang bisa dilakukan di rumah. Simak ulasannya di bawah ini, yuk! 

Cara Menghilangkan Baret di Mobil 

Berikut ini beberapa cara menghilangkan baret di mobil yang bisa Sahabat lakukan, di antaranya:

  • Hilangkan baret dengan obat nyamuk cair

    Cara menghilangkan baret di mobil yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan obat nyamuk cair. Mengapa perlu menggunakan obat nyamuk cair? Karena bahan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memudarkan hingga menghilangkan lapisan baret di mobil. 

    Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama, Sahabat perlu menyiapkan obat nyamuk cair secukupnya di dalam wadah. Lalu, tuangkan obat nyamuk cair ke atas lap berbahan halus yang kering. Pastikan lap tersebut benar-benar kering ya, Sahabat, karena jika basah, maka kandungan yang ada di dalam obat nyamuk cair akan hilang.

    Setelah itu, usaplah bagian baret dengan menggunakan lap dan obat nyamuk tersebut. Cara menghilangkan baret di mobil ini juga sebaiknya dilakukan dengan cara mengusap secara perlahan dengan gaya memutar hingga merata ke bagian yang tergores. Setelah diusap, tunggulah selama 15 sampai 20 detik. Selanjutnya, Sahabat perlu membilas bekas obat nyamuk cair tadi dan keringkan menggunakan lap. 

  • Hilangkan baret dengan kompon

    Cara menghilangkan baret di mobil yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan kompon. Kompon adalah bahan yang sering digunakan untuk memoles dan menyamarkan baret-baret halus pada bodi mobil. Sebagian orang memilih cara menghilangkan baret di mobil dengan menggunakan kompon karena lebih mudah dan hasilnya cukup baik. 

    Sahabat bisa menggunakan kompon berwarna putih untuk baret yang ringan. Sebab, kompon putih memiliki daya kikis yang sangat kuat. Sahabat membutuhkan lap atau kain untuk menghilangkan baret dengan kompon. 

    Langkah pertama, Sahabat perlu membersihkan bagian yang tergores dengan menggunakan air agar bekas kotoran bisa hilang. Kemudian, bersihkan air yang sudah dituang menggunakan lap sampai kering.

    Setelah kering, poles bagian mobil yang tergores menggunakan kompon poles. Supaya tidak cepat kering, Sahabat perlu mengolesnya menggunakan kompon dengan waktu yang cepat. Ini karena saat kompon sudah kering, maka akan mengeras dan kompon akan sulit untuk dibersihkan. 

    Lakukanlah polesan tersebut secara ringan dengan satu arah, agar cat mobil di bagian sekitarnya tidak terkikis. Setelah bagian baretnya sudah bersih, bilaslah menggunakan air dan keringkan.

    Baca juga: Ingin Beli Mobil Eropa? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu, Yuk!

  • Hilangkan baret dengan pasta gigi

    Cara menghilangkan baret yang lainnya yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Sebenarnya cara ini memang kurang efektif dibandingkan menggunakan kompon. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

    Penggunaan pasta gigi sebagai cara menghilangkan baret di mobil bisa dilakukan dengan mudah karena bahan ini pasti selalu ada di setiap rumah. Sebelum melakukan cara menghilangkan baret di mobil menggunakan pasta gigi, Sahabat perlu memastikan mobil dalam keadaan bersih.

    Cara pertama, Sahabat perlu membasahi kain lembut terlebih dahulu menggunakan air yang bersih. Setelah itu, tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebar goresan di mobil. Kemudian, gosok bagian yang baret menggunakan lap tersebut. Pastikan Sahabat menggosoknya dengan gerakan melingkar supaya hasil polesan sama rata.

  • Lakukan cat ulang

    Cat ulang merupakan salah satu cara menghilangkan baret di mobil yang lebih efektif dibandingkan menggunakan bahan lain, seperti obat nyamuk cair dan pasta gigi. Sebenarnya, pengecatan mobil akan lebih maksimal jika Sahabat melakukannya di bengkel. Akan tetapi, tidak jarang juga orang yang mampu mengecat mobilnya sendiri di rumah.

    Apabila ingin melakukan cara ini, Sahabat perlu berhati-hati karena cara menghilangkan baret di mobil yang satu ini bukan sesuatu yang mudah. Sebab, proses pengecatan memerlukan alat dan bahan khusus, serta dilakukan secara akurat oleh ahlinya. Maka dari itu, cara menghilangkan baret di mobil dengan langkah ini sebaiknya Sahabat lakukan di bengkel terdekat. 

  • Hilangkan baret dengan minyak rem

    Bahan selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan baret di mobil yaitu minyak rem. Minyak rem merupakan komponen yang berperan sebagai pelumas sistem pengereman di mobil, seperti cakram dan kampas rem. Di balik fungsi utamanya tersebut, minyak rem juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan baret lho. 

    Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menuang minyak rem secukupnya ke kanebo kering. Setelah itu, poles permukaan mobil yang terkena baret menggunakan kanebo tersebut. Selanjutnya, Sahabat perlu membersihkan bagian tersebut menggunakan lap yang kering hingga minyak rem terangkat. 

    Selain menggunakan kanebo, Sahabat juga bisa langsung menuangkan minyak rem ke bagian mobil yang tergores. Akan tetapi, cara menghilangkan baret di mobil ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari terpolesnya bagian mobil yang masih bersih. 

    Cara menghilangkan baret di mobil menggunakan minyak rem sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya saja Sahabat harus berhati-hati karena minyak rem mengandung bahan kimia yang cukup keras. 

    Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Pinjam Uang yang Aman dan Cepat Cair

  • Hilangkan baret dengan tipe wax 

    Cara menghilangkan baret di mobil yang bisa Sahabat lakukan selanjutnya yaitu dengan menggunakan tipe wax. Cara ini hanya dapat dilakukan jika goresan di mobil merupakan goresan kecil atau halus. 

    Terdapat 2 jenis tipe wax yang bisa digunakan, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan tipe wax dalam bentuk cair. Tipe wax cari dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena mengandung bahan yang bersifat abrasif.

    Meskipun demikian, Sahabat perlu berhati-hati saat menggunakan tipe wax cair karena jika menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan goresan semakin bertambah. Sedangkan, untuk tipe wax padat tidak mengandung bahan abrasif, sehingga lebih aman digunakan sendiri. 

Itulah beberapa cara menghilangkan baret di mobil yang bisa Sahabat lakukan sendiri di rumah. Menghilangkan satu atau dua goresan di mobil dengan sendiri memang cukup mudah, tetapi jika mobil sudah terlalu banyak baret, sebaiknya segera datang ke bengkel untuk diperbaiki oleh ahlinya. Dengan begitu, baret atau goresan tersebut bisa dihilangkan dengan cepat. 

Berbicara mengenai mobil dan perawatannya, mungkin di antara Sahabat ada yang berencana membeli mobil impian tetapi dana tunai tidak memadai. Nah, tidak perlu khawatir jika Sahabat sedang mengalami kondisi tersebut. Sebab, saat ini sudah ada kemudahan untuk membeli mobil baru atau mobil bekas dengan menggunakan layanan kredit mobil dari Adira Finance. Kredit mobil adalah layanan pembiayaan mobil baru atau bekas yang diperlukan oleh Sahabat, baik perorangan maupun perusahaan atau kelembagaan. 

Bagi Sahabat yang ingin mengajukan kredit mobil, pilihlah perusahaan pembiayaan yang aman, terpercaya, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satunya adalah Adira Finance

Dengan menggunakan layanan kredit mobil dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan mobil impian yang baru atau bekas dengan persyaratan kredit yang mudah, tenor yang panjang, dan disertai perhitungan simulasi kredit yang memudahkan Sahabat untuk mengetahui berapa nominal dana dan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN