Home / Berita Terbaru

6 Manfaat Air Zamzam yang Penting Bagi Tubuh

6 Manfaat Air Zamzam yang Penting Bagi Tubuh

01 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Manfaat air zamzam dipercaya baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, anggapan ini sudah ada sejak zaman dahulu hingga saat ini. Salah satu faktornya karena kandungan mineral yang cukup tinggi dalam air zamzam, sehingga manfaatnya cukup penting bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, kita simak fakta mengenai manfaat air zamzam, tata cara meminum sesuai sunnah, dan doa minum air zamzam pada artikel ini, yuk!

Apa Saja Manfaat Air Zamzam Bagi Kesehatan Tubuh?

Berikut ini beberapa manfaat air zamzam yang penting bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

    Manfaat air zamzam yang pertama yaitu dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. Manfaat air zamzam ini dijelaskan juga dalam salah satu sabda Nabi Muhammad SAW yang mengatakan: “Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air zamzam. Padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.” Manfaat air zamzam ini juga tidak lepas dari kandungan senyawa kimia di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

  2. Lebih sehat dibandingkan air biasa

    Manfaat air zamzam yang selanjutnya dipercaya lebih menyehatkan dibandingkan air minum biasa. Apabila Sahabat pernah mengonsumsi air zamzam, mungkin Sahabat bisa mengenali perbedaan rasa antara air zamzam dengan air biasa. Selain rasa, perbedaan juga muncul dari kandungan mineral di dalamnya. Manfaat air zamzam ini baik bagi kesehatan karena mengandung kadar mineral yang lebih kaya dibandingkan air biasa.

  3. Membantu menjaga kesehatan tulang 

    Manfaat air zamzam yang lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Manfaat air zamzam ini bisa didapatkan berkat kandungan kalsium di dalamnya yang cukup tinggi. 

    Seperti yang Sahabat ketahui, kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Manfaat air zamzam ini bisa Sahabat lihat dari kadar kalsiumnya, yakni sekitar 300-340 mg per liter. Sedangkan, air putih biasa hanya mengandung kalsium sekitar 28-32 mg per liter. 

  4. Membantu menurunkan kolesterol

    Manfaat air zamzam yang tak kalah penting yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol “jahat” dalam tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan nutrisi air zamzam yang mencakup beragam mineral dan senyawa lain, beberapa di antaranya adalah sodium, kalsium, magnesium, klorida, dan fluoride dalam jumlah yang tinggi.

  5. Membantu meningkatkan metabolisme

    Air zamzam juga dipercaya bermanfaat untuk menambah energi dan membantu memberi asupan sel-sel dalam tubuh. Ini karena kandungan magnesium dan kalsium yang cukup tinggi di dalamnya sehingga berperan untuk membantu memperkuat sel dan meningkatkan metabolisme. Maka dari itu, para jemaah Haji atau Umrah sebaiknya langsung minum air zamzam setelah menyelesaikan tawaf untuk terhindar dari dehidrasi dan mengembalikan tenaga. 

  6. Membantu melancarkan sirkulasi darah

    Manfaat air zamzam yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah dapat terganggu karena timbunan lemak di pembuluh darah akibat menerapkan kebiasaan gaya hidup yang tak sehat, salah satunya mengonsumsi makanan berlemak. 

    Supaya tidak mengalami penyumbatan pembuluh darah, sebaiknya Sahabat dianjurkan untuk rajin berolahraga, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta dapat minum air zamzam secara rutin. 

Meskipun manfaat air zamzam cukup beragam, tetapi sebaiknya Sahabat tidak menjadikan air zamzam sebagai pengobatan utama untuk mengatasi suatu penyakit. Akan lebih baik jika Sahabat konsultasi dengan dokter apabila mengalami gangguan kesehatan tertentu. Manfaat air zamzam tersebut hadir sebagai pendukung untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, bukan sebagai opsi yang utama dalam proses penyembuhan atau pemulihan penyakit. 

Adab Minum Air Zamzam

Manfaat air zamzam juga dipercaya akan lebih optimal jika seseorang meminumya sesuai dengan adab, cara minum, dan doa yang tepat. Berikut ini ada beberapa adab minum air zamzam yang perlu diketahui, antara lain:

  • Diawali dengan basmallah dan doa minum air zamzam

    Sama seperti melakukan berbagai aktivitas, sebelum minum air zamzam, Sahabat dianjurkan untuk mengucapkan bismillahirrahmanirrahim. Setelah itu dilanjutkan dengan mengucapkan doa minum air zamzam sambil menghadap kiblat. Berikut ini doa yang bisa Sahabat ucapkan agar manfaat air zamzam lebih terasa, yakni:

    “Allahumma innii as’aluka ilman naafian wa rizqan waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.”

    Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan sembuh dari segala penyakit.”

    Diriwayatkan pula bahwa Nabi Muhammad SAW sangat senang minum air zamzam, bahkan tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke sumur zamzam. Itulah sebabnya, manfaat air zamzam dipercaya dapat membantu mencegah penyakit, baik itu penyakit jasmani maupun rohani jika meminumnya secara rutin. 

    Baca juga: Apa itu Pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah? Ini Penjelasannya

  • Minum air zamzam dengan tangan kanan

    Dalam agama Islam, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk senantiasa menggunakan tangan kanan ketika hendak makan dan minum, termasuk saat minum air zamzam. Maka dari itu, adab meminum air zamzam sebaiknya dilakukan dengan menggunakan tangan kanan supaya mengikuti anjuran dari Nabi Muhammad SAW. 

  • Minum air zamzam dengan bernapas 3 kali

    Adab minum air zamzam yang selanjutnya yaitu dianjurkan untuk minum air zamzam dengan bernapas sebanyak tiga kali. Maksudnya adalah bernapas tiga kali di luar gelas dengan menjauhkan gelas tersebut dari mulut. Ini karena bernapas di dalam gelas termasuk perbuatan yang tidak dianjurkan. 

  • Minum air zamzam dengan posisi duduk

    Dalam agama Islam juga dianjurkan untuk duduk saat hendak makan atau minum. Ini merupakan salah satu sunnah Rasulullah yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Itulah sebabnya, salah satu adab minum air zamzam yaitu dengan posisi duduk, bukan berdiri apalagi berjalan. 

Itulah beberapa manfaat air zamzam dan adab saat meminumnya. Seperti yang Sahabat ketahui, air zamzam digunakan sebagai salah satu minuman pelepas dahaga saat orang-orang menunaikan ibadah Haji dan Umrah. 

Manfaat air zamzam sudah dikenal sejak zaman Rasulullah SAW dan masih dipercaya hingga saat ini. Tak heran jika orang-orang yang sedang pergi ibadah Haji atau Umrah selalu menyempatkan diri untuk meminum air zamzam karena memiliki khasiat yang luar biasa. 

Berbicara mengenai ibadah Haji dan Umrah, setiap muslim pasti ingin menginjakkan kaki di Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah tersebut. Namun sayangnya, karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir, pemerintah Arab Saudi masih membatasi orang-orang dari negara lain untuk datang ke tanah suci, termasuk Indonesia.

Bagi Sahabat yang berniat untuk pergi beribadah Umrah, sekarang ada lho kemudahan yang bisa dimaksimalkan dengan baik. Sahabat bisa memanfaatkan pembiayaan syariah paket umrah yang disediakan oleh lembaga keuangan, salah satunya Adira Finance

Layanan pembiayaan syariah umrah ini merupakan salah satu produk unggulan dari Adira Finance yang memudahkan calon jemaah Umrah untuk bisa pergi ke Tanah Suci tanpa harus menunggu terkumpulnya uang tunai atau tabungan terlebih dahulu. 

Sahabat yang menggunakan pembiayaan syariah umrah dapat langsung berangkat dengan berbagai jenis paket yang tersedia dari puluhan travel Umrah yang terpercaya. Layanan pembiayaan syariah ini cukup terjangkau karena pembayarannya dilakukan dengan cara diangsur sesuai dengan tenor yang telah ditentukan dengan menggunakan akad murabahah.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN