Home / Berita Terbaru

6 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

09 Agustus 2021 | Penulis : Adira Finance

Laptop yang lemot pasti akan mengganggu aktivitas Sahabat, apalagi jika sedang banyak tugas atau pekerjaan yang harus segera dikerjakan. Untuk itu, Sahabat perlu mengetahui penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab laptop lemot sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari ruang penyimpanan yang penuh hingga terkena virus atau malware. Untuk mengatasi masalah ini, Sahabat perlu mengetahui penyebab laptop lemot terlebih dahulu. Sebab, cara mengatasi setiap masalah pada laptop akan berbeda, tergantung dari faktor penyebabnya. 

Biasanya banyak orang akan melakukan refresh dengan cara mengklik kanan pada layar desktop, lalu memilih menu refresh atau menekan f5 pada keyboard. Cara tersebut dilakukan dengan harapan laptop tidak lemot lagi. 

Dibandingkan melakukan cara tersebut, sebaiknya Sahabat mengetahui dulu apa saja penyebab laptop lemot dari artikel ini. Simak penjelasannya sampai selesai, yuk!

Penyebab Laptop Lemot

Berikut ini beberapa penyebab laptop lemot yang biasa terjadi, di antaranya:

  • Hardisk penuh

    Salah satu penyebab laptop lemot adalah hardisk yang sudah terlalu penuh oleh berbagai macam program, aplikasi, data, dan lainnya. Perlu Sahabat ketahui, sistem operasi (baik itu windows maupun mac) membutuhkan kapasitas tersendiri untuk file sementara (temporary files), swap files, fragmentation, dan lain sebagainya. Saat kapasitas yang dibutuhkan sistem operasi itu tidak ada, maka inilah yang menjadi penyebab laptop lemot. 

    Untuk mengatasi penyebab laptop lemot karena hardisk penuh, Sahabat wajib mengurangi jumlah file yang tersimpan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menghapus file yang tidak penting, menghapus cache atau thumbnails, dan memindahkan file tersebut ke penyimpanan eksternal. 

  • Kapasitas RAM kecil

    Penyebab laptop lemot selanjutnya yaitu kapasitas RAM yang kecil. Ketika Sahabat sering membuka banyak program atau aplikasi dalam waktu bersamaan, RAM akan kekurangan kapasitas dan berpengaruh terhadap performa laptop yang digunakan.

    Untuk mengatasi penyebab laptop lemot karena RAM kecil, Sahabat bisa menambah kapasitas RAM. Saat ini sudah banyak laptop yang telah menyediakan slot dual-channel agar penggunanya bisa menambah kapasitas dengan mudah. Misalnya, laptop yang digunakan memiliki RAM 2GB, Sahabat bisa menambahnya menjadi 4GB. Begitu pula jika laptop memiliki RAM 4GB, Sahabat bisa menambahkan RAM-nya menjadi 8GB. 

  • Terkena virus atau malware 

    Virus atau malware merupakan musuh utama perangkat elektronik. Oleh karena itu, virus atau malware termasuk penyebab laptop lemot yang paling sering dialami oleh banyak orang. 

    Virus atau malware biasanya muncul saat Sahabat mengunduh file atau program dari situs website yang tidak aman. Bisa juga karena Sahabat membiarkan sembarang orang mengakses laptop untuk transfer data.

    Penyebab laptop lemot ini bisa semakin parah jika Sahabat jarang memperbarui sistem pengaman, seperti windows defender atau antivirus lainnya. Tak hanya membuat laptop menjadi lemot, virus atau malware juga bisa membuat perangkat lain jadi rusak. 

    Untuk mengatasi penyebab laptop lemot karena virus, Sahabat perlu meng-install antivirus yang terbukti efektif atau memperbarui sistem pengaman. Lalu, lakukan pemindaian untuk menemukan virus atau malware yang tersembunyi. Sahabat juga perlu berhati-hati saat akan mengunduh file dan transfer data ke laptop yang digunakan. 

  • Terlalu banyak install perangkat lunak (software)

    Saat ini software, program, atau aplikasi laptop memang bisa Sahabat dapatkan dengan mudah di internet. Bahkan, banyak software yang gratis sehingga Sahabat tinggal mengunduhnya untuk dipasang di laptop. 

    Namun sayangnya, sebagian dari Sahabat mungkin mulai terlena dengan kemudahan tersebut. Akibatnya, Sahabat jadi sering mengunduh software dengan kuantitas yang banyak dan berukuran besar.

    Kebiasaan tersebut bisa menjadi penyebab laptop lemot, lho. Ini karena software akan menyala dan programnya berjalan terus menerus. Jika sudah begini, RAM laptop akan penuh dan menjadi penyebab laptop lemot dan sering mengalami gangguan. Untuk mengatasi masalah ini, Sahabat perlu install software yang memang dibutuhkan, serta menghapus software yang sekiranya tidak terlalu penting. 

    Baca juga: 10 Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh

  • Hardisk sudah lama

    Setiap perangkat elektronik pasti memiliki masa pakai atau umur sesuai kemampuannya. Salah satu komponen yang berpengaruh adalah hardisk pada laptop. Oleh karena itu, salah satu penyebab laptop lemot yaitu karena umur media penyimpanan atau hardisk sudah tua, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

    Untuk mengatasi penyebab laptop lemot karena hardisk, Sahabat sebaiknya segera mengganti hardisk tersebut dengan yang baru. Namun sebelum itu, Sahabat perlu melakukan penyalinan data-data penting ke media penyimpanan lain. Selanjutnya, Sahabat bisa menggunakan HDD atau SSD untuk kinerja yang jauh lebih baik. Dengan begitu, penyebab laptop lemot akan teratasi dengan mudah. 

  • Jarang update OS

    Tahukah Sahabat bahwa salah satu penyebab laptop lemot adalah Windows atau MacOS yang jarang di-update lho. Oleh karena itu, Sahabat tetap perlu rutin memperbarui sistem operasinya. Update OS berguna untuk memperbaiki kekurangan yang sebelumnya ada pada laptop.

Cara Mencegah Laptop Lemot

Demi menghindari masalah laptop lemot, akan lebih baik jika Sahabat melakukan pencegahan sejak awal agar terhindar dari masalah tersebut. Nah, berikut ini beberapa cara mencegah laptop lemot yang perlu Sahabat lakukan: 

  • Pakai program atau aplikasi sesuai spesifikasi laptop
  • Uninstall program atau aplikasi yang tidak dibutuhkan
  • Wajib memakai antivirus pada laptop
  • Sesuaikan penggunaan program atau aplikasi
  • Tambah kapasitas RAM
  • Reset ulang Windows atau MacOS 
  • Pakai thermal paste pada prosesor
  • Pakai cooling pad di bagian bawah laptop
  • Ganti memori HDD menjadi SDD
  • Pakai aplikasi pemacu kinerja laptop
  • Lakukan pembersihan Drive C

Itulah beberapa pencegahan supaya laptop tidak lemot yang bisa Sahabat lakukan sejak pemakaian pertama. Namun, jika Sahabat sudah melakukan berbagai cara, tetapi laptop tetap lemot dan mengalami gangguan lain, maka sudah saatnya Sahabat laptop lama dengan yang baru. 

Penggunaan laptop baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi pasti akan mendukung aktivitas Sahabat untuk mengerjakan tugas, pekerjaan, atau untuk keperluan hiburan. Apalagi saat ini laptop menjadi perangkat elektronik yang sangat penting untuk menunjang aktivitas harian. Oleh karena itu, pemilihan laptop yang baik dan sesuai kebutuhan bisa jadi solusi yang tepat.

Nah, Sahabat tidak perlu khawatir saat ingin membeli laptop baru tetapi belum ada dana yang memadai. Sebab, saat ini sudah banyak kemudahan pinjaman dana dari perusahaan pembiayaan. Salah satu layanan bisa Sahabat manfaatkan, yaitu Kredit Elektronik dan Furnitur dari Adira Finance.

Dengan Kredit Elektronik dan Furnitur, Sahabat bisa memiliki smartphone, laptop, TV, kulkas, mesin cuci, sepeda, alat fitnes, barang elektronik lain, serta furnitur secara kredit dengan persyaratan yang mudah, proses cepat, bunga dan angsuran lebih ringan. 

Bahkan, pengajuan Kredit Elektronik dan Furnitur ini tidak diperlukan jaminan, sehingga Sahabat bisa dengan mudah mendapatkan barang impian. Selain itu, terdapat pilihan tenor pembiayaan yang bisa diambil, mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan. Layanan pinjaman dana dari Adira Finance sudah terjamin legal, terpercaya, dan aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN