Home / Berita Terbaru

6 Sumber Pinjaman Modal Usaha

6 Sumber Pinjaman Modal Usaha

25 Mei 2021 | Penulis : Adira Finance

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk merintis bisnis. Namun, tak sedikit pula yang sulit mewujudkan keinginannya tersebut karena kendala di pembiayaan. Padahal, saat ini sudah banyak pinjaman modal usaha yang memudahkan setiap orang untuk merintis bisnis online maupun offline. Pinjaman ini bisa Sahabat dapatkan dari berbagai sumber dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sahabat cukup memilih sumber pinjaman mana yang sekiranya cocok untuk membantu Sahabat dalam menjalankan bisnis dari awal.

Sumber Pinjaman Modal Usaha

Berikut ini beberapa sumber pinjaman modal usaha yang bisa Sahabat pilih, antara lain:

  1. Pinjaman modal usaha dari keluarga atau teman

    Pinjaman modal usaha bisa didapatkan dari keluarga atau teman dekat. Sumber pinjaman ini memang terlihat mudah, namun ternyata ada beberapa hal yang harus Sahabat perhatikan, salah satunya dengan melakukan perjanjian tertulis antara kedua belah pihak serta menjalin hubungan yang baik selama proses pelunasan pinjaman tersebut. Oleh karena itu, Sahabat bisa membuat skema pinjaman dengan cara profesional yang mencakup informasi jumlah dana, batas tenggat waktu, keuntungan atau pengembalian yang didapatkan oleh pihak yang meminjamkan modal usaha tersebut. 

  2. Pinjaman modal usaha dengan menggadaikan barang

    Sumber pinjaman modal usaha juga bisa Sahabat dapatkan dengan cara menggadaikan barang atau aset di perusahaan gada. Biasanya, barang atau aset yang dapat digadaikan berupa emas, kendaraan, atau alat elektronik rumah tangga. Pihak pegadaian akan menentukan nilai dari barang-barang yang layak digadai untuk memberikan pinjaman modal usaha kepada Sahabat. Pilihlah perusahaan gada yang sudah legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perlu Sahabat ketahui, biasanya jangka waktu pinjaman yang diberikan oleh perusahaan gadai tidak sepanjang tenor yang diberikan oleh lembaga keuangan lainnya. 

  3. Pinjaman modal usaha berbasis online 

    Seiring perkembangan dunia digital, maka semakin banyak pula pinjaman modal usaha berbasis online. Bahkan, banyak pula orang yang memanfaatkan layanan ini karena persyaratannya dianggap praktis dan cepat. Kendati demikian, Sahabat tetap harus hati-hati karena sudah banyak laporan yang masuk ke OJK mengenai lembaga pinjaman online yang ilegal dan merugikan banyak konsumen. Pastikan memilih lembaga keuangan yang sudah legal dan kredibel agar terhindar dari penipuan. 

  4. Pinjaman modal usaha di koperasi

    Sahabat juga bisa mendapatkan pinjaman modal untuk usaha dari koperasi simpan pinjam. Namun, sebagian koperasi hanya menyediakan layanan ini khusus untuk para anggotanya saja. Layanan pinjaman tidak bisa diberikan kepada orang di luar anggota. Oleh karena itu, jika Sahabat berniat menggunakan sumber pinjaman ini, pastikan untuk bergabung dulu dengan koperasi simpan pinjam agar mendapat dana tunai yang diinginkan. 

  5. Pinjaman modal usaha dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

    Sumber pinjaman modal usaha yang masih diminati banyak kalangan adalah kredit tanpa agunan atau KTA. Layanan pinjaman ini biasanya disediakan oleh lembaga perbankan. Biasanya layanan KTA bisa digunakan khusus para nasabah bank yang bersangkutan. Oleh karena itu, jika Sahabat ingin mendapatkan pinjaman dana dengan KTA, maka Sahabat harus menjadi nasabah di salah satu bank yang menyediakan layanan ini. Jika memilih layanan ini, Sahabat harus cermat untuk mengetahui berapa besaran suku bunga yang diberikan. Hindari memilih layanan KTA dengan suku bunga yang sangat tinggi, karena akan menyulitkan saat proses pelunasan.

  6. Pinjaman modal usaha dengan kredit multiguna

    Kredit Multiguna bisa menjadi solusi bagi Sahabat saat ingin mendapatkan pinjaman modal usaha yang relatif mudah, aman, dan prosesnya cepat. Dengan Kredit Multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Cara ini cukup mudah digunakan karena aset tersebut tetap bisa digunakan untuk mendukung mobilitas dan memperluas usaha yang dikembangkan. Bahkan, pengajuan pinjaman modal usahanya bisa Sahabat lakukan hanya dari rumah, cukup dengan menggunakan smartphone. Caranya dengan menggunakan aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur layanan pinjaman dana, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, hingga kredit multiguna. Proses pengajuan dan pencairan pinjaman dana akan lebih mudah tanpa harus keluar rumah. Sahabat juga tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terpercaya dan aman digunakan. 

    Baca juga: 6 Manfaat Perencanaan Usaha Demi Keberhasilan Bisnis

Keuntungan Pinjaman Modal Usaha

Dengan menggunakan layanan pinjaman untuk modal usaha, Sahabat bisa mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya: 

  • Mendapatkan dana dengan cepat

    Seperti yang sudah Sahabat ketahui, pinjaman untuk modal usaha bisa memberikan kemudahan untuk mendapatkan dana dengan lebih cepat. Hal ini jelas menjadi keuntungan layanan pinjaman karena tak semua orang memiliki dana tunai yang cukup untuk menjalankan sebuah bisnis dari awal. Modal usaha pun cukup relatif, tidak semua bisnis membutuhkan modal yang kecil. Ada pula jenis bisnis yang membutuhkan modal yang cukup besar, sehingga pinjaman dana bisa menjadi solusinya. 

  • Mempercepat perkembangan usaha

    Modal memainkan peran yang besar saat menjalankan bisnis dari nol. Itulah mengapa pinjaman untuk modal usaha memudahkan Sahabat untuk mempercepat perkembangan bisnis hingga jangka panjang. Dengan adanya dana dari hasil pinjaman, kebutuhan terkait bisnis yang Sahabat jalankan pun akan terpenuhi dengan lebih cepat. Salah satu contohnya, saat Sahabat harus menyediakan stok barang yang cukup banyak, menambah jenis produk yang terjual, mempekerjakan karyawan baru, dan foto produk sebagai materi promosi. Semua kegiatan tersebut membutuhkan dana yang memadai agar berjalan dengan baik. 

  • Operasional usaha jadi lebih lancar

    Pinjaman modal usaha juga dapat menjadi penopang untuk memperlancar operasional usaha yang Sahabat jalankan lho. Operasional bisnis ini mencakup biaya-biaya rutin yang harus dibayar setiap bulannya, misalnya biaya internet, biaya listrik, biaya sewa tempat, dan lainnya. Meskipun operasional yang lancar berkaitan dengan manajemen yang baik, namun pinjaman modal juga berperan dalam mendukung kelancaran bisnis online maupun offline yang Sahabat jalani.

  • Arus kas jadi lebih sehat

    Tahukah Sahabat bahwa pinjaman modal usaha juga bisa membantu arus kas bisnis menjadi lebih sehat. Dana dari pinjaman tersebut bisa Sahabat maksimalkan bila terjadi hal-hal yang tak terduga saat menjalankan bisnis. Sebab, menjalankan bisnis itu layaknya roda yang berputar, ada masa di mana bisnis berada di titik terendah karena berbagai faktor. Kehadiran dana pinjaman di awal bisa membantu membangkitkan lagi bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. 

Kekurangan Pinjaman Modal Usaha

Selain keuntungan, pinjaman dana modal usaha juga memiliki kekurangan yang perlu Sahabat ketahui, antara lain: 

  • Harus memenuhi syarat dan ketentuan dari lembaga keuangan

    Pinjaman dana untuk modal usaha disediakan oleh beragam lembaga keuangan yang ada. Masing-masing lembaga ini memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para calon konsumen yang ingin mengajukan pinjaman. Sahabat tidak bisa mengajukan pinjaman begitu saja karena sudah pasti dananya tidak akan cair. Oleh karena itu, pastikan Sahabat memilih sumber pinjaman yang sesuai dan mengikuti setiap syarat serta ketentuan yang berlaku agar mendapatkan dana yang diharapkan. 

  • Terdapat suku bunga

    Kekurangan dari pinjaman modal usaha adalah adanya suku bunga yang harus dibayarkan selama masa pelunasan. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak layanan pinjaman modal dengan suku bunga yang relatif rendah. Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Sahabat melakukan simulasi terlebih dahulu agar mengetahui berapa bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya, berapa lama tenor atau jangka waktu pinjaman, seperti apa mekanisme pelunasannya, dan apakah ada biaya tambahan lain atau tidak. Dengan begitu, Sahabat bisa mengetahui detail informasi mengenai dana yang harus dibayarkan setiap bulannya. 

Dari penjelasan mengenai sumber, keuntungan, dan kekurangan pinjaman modal untuk usaha ini, apakah Sahabat semakin yakin untuk mengajukan pinjaman dana? Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan memilih lembaga keuangan yang kredibel dan terpercaya agar transaksi yang dilakukan aman.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN