Home / Berita Terbaru

6 Tips Membeli Mobil dengan Harga Mobil Bekas di bawah 50 Juta

6 Tips Membeli Mobil dengan Harga Mobil Bekas di bawah 50 Juta

20 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Apakah saat ini Sahabat tengah mencari harga mobil bekas di bawah 50 juta? Jika iya, wajib untuk menyimak pembahasan berikut hingga selesai.

Beberapa tips harus dipahami dan dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Apalagi jika budget Sahabat untuk harga mobil bekas di bawah 50 juta. Karena pada dasarnya membeli mobil bekas harus dilakukan dengan teliti agar tidak menyusahkan atau jadi merugikan di kemudian hari.

Angka penjualan mobil bekas di Indonesia terus meningkat hingga tahun 2019 termasuk untuk harga mobil bekas di bawah 50 juta. Hal ini menunjukkan jika pasaran mobil bekas masih banyak diminati.

Namun, buat beberapa orang seringkali masih merasa jika membeli mobil bekas apalagi harga mobil bekas di bawah 50 juta, nantinya akan mudah rusak dan pada akhirnya membutuhkan banyak biaya untuk perbaikannya. Belum tentu hal ini terjadi ya Sahabat, selama tidak gegabah dan melakukan beberapa tips yang akan kita bahas.

Tips Membeli Mobil dengan Harga Mobil Bekas di Bawah 50 juta

Sebelum memutuskan untuk mencari tahu harga mobil bekas di bawah 50 juta, simak beberapa tips berikut. Ingat ya Sahabat, perlu ketelitian dan kesabaran dalam melakukannya. 

  1. Periksa riwayat service mobil

    Memeriksa riwayat service tentu kita akan mendapat informasi lebih jelas apakah mobil tersebut dirawat secara berkala atau tidak. Di dalam dunia otomotif, jika suatu mobil rajin diservice tentu bisa dipastikan punya kondisi yang baik dan layak jalan. Hal yang lebih mendukung jika servis mobil dilakukan di bengkel resmi.

    Meski harga mobil bekas di bawah 50 juta namun riwayat servisnya baik, bisa dipastikan keadaan mobil baik dan jumlah kilometer yang tertera sudah menunjukkan angka yang paling tepat. Beberapa hal yang perlu dihindari, jika terdapat riwayat kecelakaan, banjir atau terlihat tidak terawat dengan baik.

  2. Periksa bodi kendaraan

    Meski harga mobil bekas di bawah 50 juta, penting untuk mendapatkan mobil yang kelengkapan bodinya baik. Periksa mulai dari panel pintu, kap mesin, kaca mobil, dan juga cat mobil.

    Patokan yang bisa Sahabat gunakan sebelum setuju dengan harga mobil bekas di bawah 50 juta adalah jika bodi mobil asli, struktur rangka utama dan catnya tidak ada perubahan yang berarti. Tapi jika pernah dirombak, biasanya warna cat sudah berubah dan beberapa bagian tampak tidak sama.

  3. Periksa interior mobil

    Sebelum tergiur dengan harga mobil bekas di bawah 50 juta, periksa juga interior mobil bahkan aksesorisnya.Sahabat bisa mulai dengan cek kondisi dashboard, kulit jok, karpet alas kaki, audio, hingga lampu di kabin. Pastikan semuanya masih berfungsi dan dalam kondisi yang baik. 

    Jangan lupa cek fungsi pendingin udara, sabuk pengaman, rem tangan, hingga lampu hazard. Dari memeriksa interior ini, Sahabat juga bisa menilai apakah mobil dengan harga mobil bekas di bawah 50 juta ini pernah terkena banjir atau tidak. Karena akan terlihat bekas kotoran atau sisa banjir lainnya yang biasanya sulit untuk dibersihkan.

  4. Periksa kondisi mesin

    Nah, sebelum memutuskan untuk setuju dengan harga mobil bekas di bawah 50 juta, periksa dengan baik kondisi mesin. Karena ini adalah hal paling penting dalam kendaraan. 

    Buka kap mesin dan coba nyalakan mobil yang akan dibeli. Perhatikan dengan seksama suara mesin dan komponen mobil lainnya. Jika muncul suara asing atau mencurigakan, bisa tanyakan langsung kepada penjual.

  5. Bawa mekanik atau teman yang ahli

    Jika Sahabat merasa bukan orang yang cukup ahli atau kurang peka dengan kondisi mobil, bisa ajak pihak lain seperti mekanik atau teman yang dirasa ahli dan paham dengan mobil.

    Meski harga mobil bekas di bawah 50 juta, jangan gegabah dan tetap cermat selama proses membelinya ya. Dengan membawa pihak lain, mereka bisa memeriksa dengan baik kondisi mobil. Bahkan lebih teliti untuk melihat celah kecil yang mungkin tidak akan diketahui oleh orang awam.

  6. Periksa dokumen mobil

    Hati-hati ya Sahabat dengan harga mobil bekas di bawah 50 juta. Jangan sampai harga miring tapi surat dan berkas dokumen mobil tidak lengkap. Cek dengan baik dan benar mulai dari nomor rangka, nomor mesin yang dicocokkan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor atau BPKB.

Daftar Harga Mobil Bekas di Bawah 50 Juta Berdasarkan Tipe

Meski budget Sahabat mendekati harga mobil bekas di bawah 50 juta, penting untuk menentukan tipe mobil yang diinginkan. Lagi pula, secara umum anggaran sebanyak 50 juta rupiah terbilang cukup terjangkau untuk mendapatkan mobil bekas. Berikut beberapa kisaran harga mobil bekas di bawah 50 juta:

  1. Mobil bekas model LCGC (irit BBM) tahun 2000-2017 dengan kisaran harga 35 juta - 48 juta rupiah
  2. Mobil sedan tahun 2002-2005 dengan kisaran harga 40 juta - 46 juta rupiah
  3. Mobil hatchback tahun 2003 dengan kisaran harga 45 juta - 50 juta rupiah
  4. Mobil MPV tahun 2006-2017 dengan kisaran harga 48 juta - 49 juta rupiah
  5. Mobil SUV tahun 2003-2004 dengan kisaran harga 46 juta - 47 juta rupiah 

Jika Sahabat berencana membeli mobil bekas dengan harga mobil bekas di bawah 50 juta namun dananya belum memadai, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kini Sahabat dapat manfaatkan layanan Kredit Mobil dari Adira Finance. Kredit mobil merupakan cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang bisa dicicil. Layanan ini memudahkan siapapun untuk mendapatkan mobil impian dengan lebih cepat dan mudah. Ada skema pembayaran, seperti persentase uang muka (DP) dan cicilan yang sudah ditentukan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih. 

Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan kredit mobil dari Adira Finance sudah pasti aman dan legal. Yang lebih spesial, persyaratan dan prosesnya juga cepat lho. Sebelum Sahabat mengajukan kredit mobil baru murah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

Di Adira Finance sendiri, ketentuan konsumennya terbagi ke dalam beberapa kategori, di antaranya konsumen perorangan karyawan (PNS atau swasta), konsumen perorangan wiraswasta dan profesional, serta konsumen perusahaan atau kelembagaan. Untuk mengetahui ketentuan konsumen Adira Finance, Sahabat bisa klik di sini

Sebagai tambahan info, jangan lupa datang ke booth Adira di Jakarta Fair 2022 ya. Beragam promo dari Adira untuk Sahabat bisa dinikmati dari tanggal 9 Juni - 17 Juli 2022. Apalagi ada promo tukar tambah untuk mobil bekas dan mobil baru selama berlangsungnya Jakarta Fair 2022 ini. 

Untuk mobil bekas, ada promo cashback 1.000.000 Adirapoin untuk konsumen yang melakukan pembelian mobil bekas melalui channel digital momobil.id & aplikasi Adiraku pada saat periode Jakarta Fair (PRJ) 2022. Tidak hanya itu, tapi ada penawaran gratis perawatan ban selama 1 tahun meliputi (tambal ban,isi nitrogen dan balancing), asuransi mesin selama 180 hari, bahkan berkesempatan mendapatkan merchandise menarik (selama persediaan masih ada). Yang lebih menyenangkannya lagi, persetujuan langsung di tempat sehingga prosesnya lebih cepat. Untuk info lebih lengkap beserta persyaratannya, Sahabat bisa cek di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN