Home / Berita Terbaru

6 Tips Membeli Motor Listrik Murah untuk Pemula

6 Tips Membeli Motor Listrik Murah untuk Pemula

16 Agustus 2022 | Penulis : Adira Finance

Saat ini, ada banyak pilihan motor listrik murah. Sebab jenis motor ini jadi salah satu opsi kendaraan yang dipakai oleh masyarakat. Bahkan beberapa merek ojek online sudah menggunakan motor listrik sebagai pilihan armada mereka untuk membawa penumpang.

Pilihan motor listrik murah ini juga didasari karena jenis kendaraan ini yang terbilang ramah lingkungan. Karena menggunakan teknologi listrik, sehingga tidak ada emisi gas buang dalam penggunaannya. 

Selain itu, berbeda dengan jenis motor konvensional, motor listrik tidak perlu melakukan penggantian oli secara berkala. Sebagai pengguna, Sahabat cukup mengecek kondisi rem dan bannya. Apalagi pengisian dayanya tidak membutuhkan suplai listrik yang besar.

Karena kelebihan inilah, banyak produsen otomotif yang berlomba-lomba untuk menawarkan produk motor listrik murah dengan berbagai varian. Mulai dibedakan dari model dan tipe, spesifikasi, hingga harganya. Selain itu, motor listrik juga diramal akan menjadi tren personal mobility device di masa depan. 

Apakah Sahabat juga tertarik untuk membeli motor listrik murah? Jika tertarik, mari simak tips membeli motor listrik murah berikut.

Tips Membeli Motor Listrik Murah Bagi Pemula

Berikut adalah sejumlah tips yang bisa Sahabat lakukan saat berencana akan membeli motor listrik murah:

  1. Merencanakan dan menentukan budget

    Sahabat perlu menghitung dulu berapa budget yang dimiliki sekalipun yang ingin dibeli adalah motor listrik murah. Sebab, dengan menghitungnya terlebih dahulu Sahabat akan dapat membelinya dengan lebih bijak dan tidak termakan dengan model atau fiturnya saja yang menggiurkan. Selain menghitung dana, penting untuk Sahabat melakukan riset harga untuk membandingkan tempat yang satu dengan yang lainnya.

    Berbagai pilihan motor listrik murah ada yang dibanderol dengan harga di bawah 20 jutaan.

  2. Mengenali produk yang dijual

    Saat sudah mengetahui besaran dana untuk membeli motor listrik, penting untuk Sahabat memahami motor yang akan dibeli. Ada banyak pilihan motor listrik murah dengan model dan spesifikasi yang beragam. Untuk itu, jika Sahabat sudah menentukan pilihan model atau merek yang akan dibeli, Sahabat juga perlu mencari tahu pasaran sparepartnya, review pengguna yang lebih dulu menggunakannya, serta bengkel resminya.

  3. Memiliki toko fisik

    Setelah yakin dengan pilihan motor listrik murah, pastikan Sahabat tau jika merek motor tersebut memiliki toko fisik. Sehingga saat membutuhkan layanan purna jual atau butuh memastikan garansi, Sahabat tau harus pergi kemana. Harus selalu waspada dan tanggap sehingga tidak terbuai dengan harga motor listrik murah.

  4. Menyesuaikan fitur dengan kebutuhan

    Meski membeli motor listrik murah, Sahabat tetap perlu memastikan seluruh spesifikasinya. Sesuaikan spesifikasi yang ditawarkan dengan kebutuhan Sahabat. Misalnya, jika akan menggunakan motor listrik ini untuk jarak yang jauh, berarti Sahabat perlu membeli motor listrik dengan kapasitas baterai yang besar.

    Fitur dasar lainnya yang terdapat di motor listrik juga perlu dicek, seperti alarm, koneksi bluetooth, jarak tempuh maksimal, daya beban atau kapasitas bagasi, konsumsi listrik dan lain sebagainya. Jangan lupa cek juga legalitasnya. Apakah motor listrik murah yang akan dibeli ini memang legal dan berasal dari produsen yang berstandar hukum dan nasional.

  5. Memilih motor listrik yang baterainya ditukar

    Baik motor listrik murah atau mahal, tentu Sahabat paham jika baterai adalah penyimpanan energi supaya motor listrik dapat digunakan. Mengisi daya baterai motor memang diperlukan ketika energinya sudah mulai menipis. Namun sebenarnya metode ini tidak efektif karena membutuhkan waktu berjam-jam sampai motor bisa digunakan kembali. Oleh karena itu, pilih motor listrik yang bisa memanfaatkan Swap Station sehingga Anda cukup menukar baterai dan waktu yang dibutuhkan lebih sedikit.

  6. Sadar betul konsekuensi penggunaan motor listrik

    Jika berencana membeli motor listrik murah, Sahabat perlu paham jika penggunaannya ini berbeda dengan jenis motor pada umumnya yang menggunakan bahan bakar minyak. Sehingga ada konsekuensi yang perlu disadari seperti memeriksa sisa baterai secara berkala, mengingat tempat pengisian daya motor listrik belum sebanyak pom bensin.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Motor Listrik Murah

Sedikit mengulang tips di atas, namun berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Sahabat pastikan saat membeli motor listrik murah:

  1. Memahami jenis baterai yang digunakan dalam motor listrik;
    • Lead Acid adalah jenis baterai yang punya massa berat dan ukuran yang tidak kompak
    • Lithium adalah jenis baterai yang ukurannya lebih sederhana dan ringkas.
  2. Memahami merk-merk motor listrik dan fitur-fitur yang ada di dalamnya
  3. Pastikan motor listrik murah yang Sahabat beli punya surat-surat lengkap seperti STNK dan jenis surat lainnya.
  4. Memastikan kredibilitas penjual yang baik dan memang direkomendasikan.
  5. Memilih merk motor listrik yang punya layanan purna jual yang baik. Sehingga memudahkan Sahabat saat membutuhkan solusi ketika motor listrik bermasalah.
  6. Riset harga. Variasi harga motor listrik murah sekalipun ada banyak! Pastikan sesuaikan harga dengan fitur yang ditawarkan ya.

Setelah menentukan pilihan motor listrik murah, Sahabat bisa dengan mudah mendapatkan motor listrik murah terbaik, baik yang baru maupun yang bekas dengan memanfaatkan layanan Kredit Motor dari Adira Finance. 

Persyaratan dokumennya mudah, proses cepat, pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan Konsumen, jaringan pembayaran angsuran yang luas, dilengkapi perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri, sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang/ perwakilan, dealer, contact center dan media digital.

Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan Kredit Motor dari Adira Finance sudah pasti terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menggunakan layanan Kredit Motor dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan beragam kemudahan, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah.
  • Proses cepat, mudah, dan aman.
  • Pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan konsumen.
  • Jaringan pembayaran angsuran luas.
  • Dilengkapi perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri.
  • Sistem penyimpanan BPKB yang aman.
  • Layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang atau perwakilan, dealer, contact center, dan media digital.

Nah, buat Sahabat yang ingin mendapatkan motor listrik murah dengan cepat, bisa juga lho langsung mengajukan kredit motor di Adira Finance sekarang. Yuk, langsung ajukan di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN