Home / Berita Terbaru

6 Tips Memulai Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

6 Tips Memulai Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

22 April 2021 | Penulis : Adira Finance

Bisnis frozen food atau makanan beku memang tidak ada matinya. Sebab, makanan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus selalu dipenuhi setiap hari. Ini menunjukkan setiap hari orang pasti mengonsumsi dan menghabiskan makanan dengan aktivitas yang berulang. Konsumsi yang berulang ini merupakan potensi pasar yang besar sehingga menciptakan permintaan yang tinggi pula. Kini, ada beragam jenis bisnis makanan yang bisa menjadi peluang untuk menambah pundi-pundi uang, salah satunya adalah bisnis frozen food atau makanan beku.

Kebutuhan akan frozen food atau makanan beku sedang mengalami peningkatan, terutama di momen bulan Ramadhan dan pandemi covid-19. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan orang-orang yang membutuhkan makanan praktis, baik dalam cara pembuatan, penyajian, hingga mengonsumsinya. Bisnis kuliner seperti frozen food memiliki peluang yang besar karena banyak sekali jenis-jenis frozen food yang bisa jadi pilihan, mulai dari makanan khas Indonesia hingga mancanegara, hampir sebagian besar sudah bisa dijadikan sebagai bisnis frozen food atau makanan beku. Banyaknya variasi pangan akan lebih mudah untuk mengembangkannya dan Sahabat jadi punya banyak pilihan produk untuk dijual. Pastikan untuk memilih jenis makanan yang diminati oleh target pasar dengan menonjolkan keunggulan dan nilai jual produk (unique selling point) dibandingkan kompetitor yang menjual produk serupa. Selain itu, bisnis kuliner juga ada di semua kalangan ekonomi, sehingga cukup mudah untuk menentukan target pasar sesuai dengan jenis bisnis frozen food atau makanan beku yang Sahabat pilih. 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, bisnis frozen food atau makanan beku pun termasuk bisnis yang fleksibel. Jumlah produk yang akan diproduksi dapat disesuaikan dengan jumlah modal yang dimiliki, serta saat memulainya juga bisa memaksimalkan peralatan yang telah dimiliki. Oleh karena itu, bisnis frozen food dapat dijadikan peluang usaha bagi Sahabat yang ingin mendapatkan penghasilan di bulan Ramadhan ini. Mengingat banyak orang yang membutuhkan makanan praktis untuk sahur, sehingga kehadiran frozen food akan memudahkan mereka saat mengolah, menyajikan, dan mengonsumsi makanan di waktu yang terbatas. Tak hanya itu, frozen food juga memiliki batas waktu konsumsi yang cukup panjang jika dimasukkan ke dalam kulkas, sehingga bisa diolah beberapa kali untuk memenuhi kebutuhan makanan harian konsumen.

Tips Memulai Bisnis Frozen Food

Meskipun bisnis frozen food terlihat sangat potensial, namun Sahabat juga tetap harus menyiapkan beberapa hal penting saat memulai bisnis ini. Dengan persiapan yang matang, bisnis frozen food yang Sahabat jalankan pun bisa menguntungkan hingga jangka panjang. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips memulai bisnis frozen food yang bisa Sahabat lakukan, antara lain: 

  1. Tentukan jenis produk

    Seperti yang sudah dijelaskan, Sahabat perlu menentukan jenis produk yang tepat saat mengembangkan bisnis frozen food. Penentuan produk yang tepat akan memudahkan langkah-langkah penting lainnya yang kemudian akan Sahabat ambil untuk memastikan bisnis frozen food ini akan berjalan lancar sesuai target yang ditetapkan. Ada banyak jenis frozen food yang bisa dipilih, seperti olahan daging sapi, daging ayam, siomay, bakso, nugget, dimsum, kentang goreng, suki, dan lainnya. 

  2. Siapkan peralatan utama

    Saat menghitung modal awal, Sahabat juga bisa persiapkan pula peralatan utama yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis frozen food ini. Fokuskan anggaran modal untuk membelanjakan peralatan utama yang penting terlebih dahulu, seperti mesin pembeku untuk menyimpan stok frozen food. Namun, Sahabat juga masih bisa meminimalisir pengeluaran diawal dengan memaksimalkan peralatan yang sudah dimiliki, seperti freezer dalam kulkas. Jika peminat produk frozen food cukup potensial dan meningkat, maka bisa mengalokasikan anggaran untuk membeli peralatan baru yang dibutuhkan. Sahabat bisa berinvestasi sedikit lebih besar dengan membeli mesin pembeku makanan berkualitas terbaik agar mendukung bisnis frozen food hingga jangka panjang. 

  3. Tentukan metode pengemasan

    Hal penting selanjutnya yang harus dipikirkan dalam mengembangkan bisnis frozen food adalah menentukan metode pengemasan makanan. Sebab, pengemasan yang baik akan menentukan kualitas dari produk yang dijual. Oleh karena itu, pilihlah kemasan dengan kualitas terbaik dan khusus makanan agar konsumen pun puas saat membelinya. Perlu Sahabat ketahui, plastik pembungkus untuk frozen food biasanya tidak memiliki pori sehingga makanan akan tahan lebih lama. Frozen food juga harus divakum saat dikemas agar tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan, beri juga label pada kemasan dan tanggal kedaluwarsa agar konsumen mengetahui kapan harus mengonsumsi frozen food tersebut. 

  4. Maksimalkan teknologi digital

    Operasional bisnis frozen food akan lebih mudah jika Sahabat memanfaatkan teknologi digital yang beragam. Saat ini ada banyak platform dan fitur-fitur yang bisa memudahkan para produsen untuk memasarkan produk makanan bekunya, serta konsumen saat membeli produk tersebut. Sahabat bisa maksimalkan penggunaan media sosial, marketplace, dan aplikasi pengiriman barang instan. Dengan begitu, Sahabat juga bisa menjangkau lebih banyak target pasar dalam menjual produk frozen food, serta pengirimannya pun bisa lebih cepat dan mudah. Apalagi saat ini sudah ada fitur pembayaran non-tunai yang semakin memudahkan para konsumen saat berbelanja. Teknologi digital seperti inilah yang akan memudahkan Sahabat untuk mengembangkan bisnis frozen food hingga jangka panjang. Satu hal lain yang tak kalah penting yaitu berikan pelayanan terbaik untuk para konsumen agar mereka puas dan percaya. Dengan begitu, Sahabat bisa mendapatkan konsumen loyal untuk yang bisa jadi peluang melebarkan bisnis lebih besar lagi kepada konsumen baru lainnya. 

  5. Miliki izin edar resmi

    Saat membeli produk makanan, banyak orang yang cukup skeptis dalam memilih makanan yang akan mereka konsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya Sahabat mengikuti regulasi yang ada agar menjamin bahwa produk yang dijual aman. Ini juga berperan penting untuk meningkatkan kepercayaan di mata konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pastikan untuk memiliki izin edar resmi bisnis frozen food Sahabat sebelum dijual luas di pasaran. Selain izin edar resmi, Sahabat juga perlu mengumpulkan berbagai testimoni dan review dari konsumen yang telah puas dengan produk yang mereka beli. Testimoni ini akan menarik perhatian lebih banyak orang untuk tertarik membeli frozen food yang Sahabat jual. 

  6. Perhitungkan modal bisnis dengan baik

    Modal menjadi salah satu faktor penentu keberlangsungan bisnis frozen food untuk ke depannya. Sebaiknya Sahabat menghitung anggaran modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Hitunglah apa saja kebutuhan yang diperlukan, termasuk biaya yang harus dikeluarkan jika Sahabat bekerjasama dengan pemasok bahan baku bisnis frozen food tersebut. Jika Sahabat memiliki kendala dalam mengumpulkan modal, sekarang ada beragam pilihan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah. Bahkan, Sahabat cukup memproses pinjaman tersebut hanya melalui aplikasi di smartphone, sehingga tidak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Cukup gunakan aplikasi Adiraku dari Adira Finance yang menyediakan berbagai fitur layanan, salah satunya kredit multiguna untuk kemudahan modal usaha. Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal bisnis digital yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa menggunakan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan memanfaatkan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Kredit multiguna ini bisa diajukan dengan bunga rendah dan tenor panjang, sehingga tidak memberatkan Sahabat saat proses pembayaran cicilannya. Lebih baik transaksi di rumah saja dengan Adiraku, Sahabat dan keluarga tidak perlu khawatir dan tetap terlindungi!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN