Home / Berita Terbaru

6 Tips Menghemat Biaya Service Motor

6 Tips Menghemat Biaya Service Motor

01 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Saat memiliki kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari, maka Sahabat juga dianjurkan untuk merawat kendaraan tersebut dengan baik. Sebab, kendaraan yang terawat dengan baik berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan saat berkendara di jalan. Itulah sebabnya, Sahabat perlu melakukan service motor secara rutin untuk memastikan komponen di dalamnya masih layak jalan. 

Namun, tak sedikit pula yang jarang atau bahkan menolak untuk service motor di bengkel karena faktor biaya. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran saat service lho. Simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk! 

Bagaimana Menghemat Pengeluaran Saat Service Motor?

Berikut ini beberapa tips untuk menghemat pengeluaran saat service motor, antara lain:

  • Selalu gunakan suku cadang yang asli

    Selain untuk tetap menjaga performa motor supaya berfungsi dengan normal, suku cadang asli juga akan lebih awet jika dibandingkan suku cadang palsu. Meskipun suku cadang yang palsu lebih murah, tetapi kualitasnya tidak akan bertahan lama dan akhirnya Sahabat harus mengeluarkan uang lagi saat hendak service motor. Jika kondisi tersebut terjadi terlalu sering, justru akan menyebabkan Sahabat mengeluarkan biaya yang cukup besar. 

  • Cuci motor secara teratur

    Salah satu cara untuk menghemat biaya service motor yaitu dengan mencuci motor secara rutin dan teratur. Kebiasaan mencuci motor secara rutin dapat membuat berbagai macam komponen pada motor, seperti shockbreaker dan velg motor lebih awet. Mencuci motor juga dapat dilakukan sendiri di rumah, sehingga Sahabat tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk pergi ke tempat cuci motor.

  • Rutin melumasi rantai dengan minyak khusus rantai

    Upaya lain untuk menghemat biaya service motor yaitu dengan rutin melumasi rantai. Rantai merupakan salah satu komponen yang penting pada motor. Itulah sebabnya, rantai perlu dirawat sebaik mungkin dengan menggunakan pelumas khusus, seperti minyak rantai. 

    Ini karena rantai yang tidak dirawat dan jarang diberikan pelumas akan memunculkan karat dan mengakibatkan performa motor menurun, bahkan bisa saja rantai motor putus di tengah perjalanan jika tidak pernah diperiksa sejak lama. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk melumasi rantai dengan minyak yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. 

  • Rutin cek dan bersihkan busi

    Sahabat juga perlu mengecek dan membersihkan busi motor secara teratur. Kondisi busi dapat dicek secara berkala dan dapat dilihat apakah bagian ujung busi mulai terlihat menghitam atau tidak. Sahabat dapat membersihkan bagian busi motor dengan menggunakan sikat atau kain halus agar busi dapat berfungsi dengan maksimal. Sahabat juga dianjurkan untuk mengganti busi setiap speedometer 12.000 km. 

  • Bersihkan filter dan karburator secara teratur

    Cara menghemat biaya service motor yang lainnya yaitu dengan rutin membersihkan filter dan karburator dengan benar. Filter dan karburator merupakan 2 komponen penting untuk proses pembakaran sehingga perlu dijaga kondisinya secara teratur. Apabila pada 2 komponen ini terdapat kerak, maka kondisi motor kemungkinan akan semakin parah. Sahabat bisa membersihkannya dengan menyemprotkan cairan pembersih karburator melalui lubang busi. 

  • Rawat ban motor dengan tepat

    Selain fokus pada perawatan komponen mesin dan sejenisnya, Sahabat juga perlu merawat kondisi ban agar menghemat biaya pada saat service motor. Ini karena ban berperan penting bagi sebuah kendaraan. Kondisinya harus bagus supaya keamanan dan kenyamanan saat berkendara tetap terjaga dengan baik.

    Oleh karena itu, pastikan Sahabat menjaga kondisi ban dengan selalu mengecek atau memastikan tekanan angin, lakukan spooring dan balancing agar pengendaliannya tetap maksimal, gunakan sabun khusus untuk membersihkan ban, serta bersihkan sela-sela ban minimal 1 bulan sekali. Upaya-upaya tersebut bisa meminimalisir pengeluaran saat Sahabat service motor karena ban terawat dengan baik. 

Itulah beberapa tips menghemat biaya service motor yang bisa Sahabat lakukan untuk menekan pengeluaran. Yang terpenting adalah keamanan dan kenyamanan saat berkendara, oleh karenanya merawat motor menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan secara rutin. 

Waktu yang Tepat untuk Service Motor

Meskipun Sahabat sudah merawat motor sendiri, namun tetap saja yang namanya kendaraan perlu dirawat lebih maksimal oleh ahlinya. Maka dari itu, Sahabat juga perlu service motor ke bengkel untuk memastikan kondisi semua komponen dalam motor masih layak digunakan. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk service motor ke bengkel? Untuk mengetahui infonya, simak penjelasan di bawah ini, yuk! 

  • Berpatokan pada Speedometer

    Sahabat bisa melakukan service motor dengan berpatokan pada angka odometer yang ada di speedometer. Angka odometer yang ada pada speedometer ini menunjukkan sudah berapa jauh jarak yang ditempuh oleh sepeda motormu. Jarak ini juga bisa menunjukkan sejauh apa mesin motor Sahabat sudah bekerja.

    Dalam hal ini, Sahabat bisa melakukan service terhadap motor Sahabat tiap interval 2000-3000 km. Jangan lupa juga untuk mengganti oli motor Sahabat agar performa mesinnya semakin baik dan optimal setelah diservice.

  • Rutinlah bawa motor service ke bengkel

    Selain menggunakan patokan angka odometer pada speedometer, Sahabat juga bisa melakukan service motor dengan berpatokan pada bulan terakhir Sahabat service. Biasanya, service bisa Sahabat lakukan setiap 2-3 bulan sekali dalam setahun.

    Agar Sahabat tidak lupa, Sahabat bisa membuat catatan kecil pada kalendermu untuk mengingatkan Sahabat melakukan service pada motor Sahabat. Jangan sampai terlewat bulannya ya, agar seluruh komponen yang ada di dalamnya tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

  • Segera service motor ketika terdapat masalah

    Waktu yang tepat untuk melakukan service motor yang lainnya yaitu ketika sepeda motor Sahabat bermasalah. Sahabat sangat disarankan untuk segera melakukan service motor jika Sahabat menemukan ada yang tidak beres pada kondisi motor, entah itu busi, karburator, filter, atau komponen lainnya.

    Keterlambatan penanganan komponen yang rusak bisa berakibat fatal pada komponen yang lain. Hal ini dikarenakan antarkomponen dalam sepeda motor terhubung satu sama lain. Jika Sahabat tidak segera melakukan service motor, kemungkinan besar dapat menambah pengeluaran karena harus turun mesin. 

Itulah beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan sebelum service motor di bengkel. Sahabat bisa mengikuti tips sesuai angka speedometer atau dengan melakukannya secara rutin setiap beberapa bulan sekali, semua pilihan ada di tangan Sahabat. Namun yang pasti, jika Sahabat merasa ada yang tidak beres dengan motor Sahabat, segeralah service agar tidak menyebabkan komponen lain ikut rusak.

Apabila service motor sudah tidak bisa membantu Sahabat untuk memperbaiki motor tersebut, maka kemungkinan Sahabat bisa membeli motor baru atau bekas sesuai kebutuhan. Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada kemudahan dengan menggunakan kredit motor baru atau bekas dari Adira Finance. 

Kredit memudahkan Sahabat untuk mendapatkan motor impian dengan cepat dan mudah. Terdapat skema pembayaran, seperti persentase uang muka dan cicilan yang telah ditentukan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih. 

Perlu Sahabat ketahui bahwa memilih layanan kredit mobil harus dilakukan secara cermat karena saat ini banyak oknum yang justru merugikan konsumen. Bagi Sahabat yang ingin mengajukan kredit motor, pilihlah perusahaan pembiayaan yang aman, terpercaya, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satunya adalah Adira Finance

Dengan menggunakan layanan kredit motor dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan mobil impian yang baru atau bekas dengan persyaratan kredit yang mudah, tenor yang panjang, dan disertai perhitungan simulasi kredit yang memudahkan Sahabat untuk mengetahui berapa nominal dana dan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Yuk, ajukan kredit motor impianmu di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN