Home / Berita Terbaru

6 Tips Menyiapkan Seserahan Pernikahan

6 Tips Menyiapkan Seserahan Pernikahan

15 September 2022 | Penulis : Adira Finance

Sahabat, apakah Anda tengah menyiapkan pernikahan? Apakah seserahan pernikahan termasuk dalam daftar hal yang harus dipersiapkan?

Seserahan pernikahan adalah sejumlah benda yang dipersiapkan dari pihak calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Seserahan pernikahan menjadi simbol keseriusan calon mempelai pria sekaligus menjadi tanda jika ia akan bertanggung jawab dengan memenuhi segala kebutuhan rumah tangga. 

Sebelum mempersiapkannya, penting untuk Sahabat memahami jika pemilihan benda dalam seserahan pernikahan memiliki makna dan doa baik untuk kesejahteraan calon mempelai di rumah tangganya kelak. Dalam persiapannya, sering kali calon mempelai wanita memilih atau bahkan meminta secara gamblang benda-benda apa saja yang dibutuhkan. Sehingga saat menjadi seserahan pernikahan diharapkan tepat guna dan sesuai dengan kebutuhannya. 

Seserahan pernikahan biasanya identik dengan adat Jawa. Dalam makna budaya Jawa, seserahan menjadi pengikat yang mengartikan jika kedua belah pihak sudah setuju untuk melanjutkan hubungan mereka ke jenjang yang lebih serius. Dalam pernikahan Jawa, sering kali seserahan pernikahan juga dikenal dengan istilah peningset.

Jika dilihat dari sisi agama Islam, seserahan adalah simbol tanggung jawab dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Tentu seserahan beda dengan mahar yang menjadi syarat sah dalam pernikahan secara Islam.

Meski dilihat dari sisi budaya Jawa atau agama Islam, pada dasarnya seserahan pernikahan diberikan dengan tujuan untuk menyenangkan pasangan, menunjukkan keseriusan dan sebagai tanda pengikat. Namun jangan sampai seserahan pernikahan ini menjadi ajang pamer.

Macam-Macam Barang untuk Seserahan Pernikahan

Berikut ini sejumlah barang-barang yang biasanya dijadikan seserahan pernikahan yang diberikan kepada calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita:

  1. Peralatan untuk ibadah

    Alat-alat ibadah termasuk dalam seserahan pernikahan sebagai simbol yang menggambarkan jika pernikahan ini nantinya akan senantiasa berpegang pada agama.

    Sebagai contohnya bagi umat muslim seserahan pernikahan bisa berupa mukena, sajadah, Al quran dan tasbih. Sementara untuk umat kristiani, seserahan pernikahan bisa berupa rosario, alkitab dan alat-alat lainnya.

  2. Pakaian

    Sebagai seserahan pernikahan, pakaian diberikan dalam satu setel. Mulai dari pakaian kerja, pakaian tidur hingga pakaian dalam. Supaya bisa diberikan sesuai dan tepat, biasanya calon mempelai wanita sudah memilih atau meminta terlebih dahulu yang sesuai dengan selera atau keinginannya.

  3. Perlengkapan dan alat mandi

    Seserahan pernikahan yang ini tentu seputar alat dan benda untuk kebersihan dan perawatan tubuh calon mempelai wanita. Mulai dari sabun, shampo, lotion dan lain-lain. Tidak perlu lengkap namun setidaknya berisi alat-alat yang paling penting untuk perawatan tubuh. 

  4. Kosmetik atau make up

    Seserahan pernikahan yang ini tentu sangat identik dengan calon mempelai wanita. Ternyata, ada doa dan maksud yang sangat baik di dalamnya yaitu agar perempuan selalu menjaga penampilan dan kecantikan di depan pasangannya. Seserahan pernikahan ini bisa berisi foundation, blush on, bedak, lipstik dan lain-lain,

  5. Set perhiasan

    Seserahan pernikahan perhiasan memiliki makna agar mempelai wanita bisa selalu bersinar dan bercahaya. Sahabat bisa memberikan satu set mulai dari gelang, kalung, cincin atau anting. Namun tentu pemberian perhiasan ini disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai pria. Seserahan perhiasan ini tentu berbeda dengan cincin pernikahannya ya.

  6. Tas

    Tas adalah salah satu benda yang identik dan pasti digunakan oleh setiap wanita. Itu sebabnya barang ini bisa kamu jadikan opsi seserahan pernikahan yang tepat. Pilih tas kerja atau tas pesta yang sangat identik dengan ciri khas wanita.

  7. Sepatu

    Selain tas, sepatu juga identik dan selalu digunakan oleh wanita. Biasanya yang dijadikan seserahan pernikahan adalah jenis sepatu yang memiliki hak tinggi yang biasanya digunakan oleh wanita. 

Tips Mempersiapkan Seserahan Pernikahan

Agar seserahan pernikahan yang disiapkan Sahabat bisa berguna dan direncanakan dengan baik, simak beberapa tips yang Anda lakukan saat mempersiapkannya:

  1. Tepat guna

    Seperti yang diinfokan sebelumnya, saat ini kebanyakan calon mempelai pria sudah menanyakan sebelumnya kepada calon mempelai wanita mengenai seserahan apa yang mereka inginkan. Hal ini tentu untuk mencegah ketidaksesuaian selera dan nantinya barang-barang yang ada dalam seserahan pernikahan ini akan berguna.

  2. Sesuaikan tema

    Supaya bisa dibawakan dengan dengan rapi dan cantik, Sahabat bisa menentukan warna dan tema dari setiap barang seserahan pernikahan yang dibeli. Misalnya untuk calon pengantin wanita berwarna merah muda, dan berwarna biru untuk calon pengantin pria. Jika Anda merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkannya, ada banyak jasa dekorator seserahan yang siap membuatkan sesuai dengan tema dan warna yang sudah kamu tentukan.

  3. Tidak harus mewah

    Sahabat tidak perlu mengacu pada merek tertentu saat membeli seserahan pernikahan. Bahkan di beberapa momen, warisan keluarga seperti kain batik menjadi lebih berharga dibandingkan tas yang harganya jutaan rupiah.

  4. Manfaatkan promo

    Saat mencari barang untuk seserahan pernikahan, bandingkan antara toko yang satu dengan yang lainnya. Apalagi e-commerce saat ini punya banyak promo yang bisa memotong budget untuk seserahan pernikahan ini. Cari barang diskon atau dengan promo tidak akan mengurangi makna dan esensi dari seserahan pernikahan kok!

  5. Dokumentasi

    Karena mempersiapkan seserahan pernikahan butuh waktu, tenaga dan budget yang tidak sedikit, jangan sampai lupa untuk mendokumentasikan seserahan pernikahan ini. Hal ini tentu menjadi bagian momen yang cukup sakral dan berharga di hari pernikahan.

  6. Menyiapkan budget

    Hal yang sering kali terlewatkan adalah biaya dekorasi. Penting untuk diingat, biaya budget yang dimaksud tidak hanya untuk barang-barang dalam seserahan pernikahan. Namun Anda juga harus menyiapkan budget untuk boksnya, dekorasi dan segala benda pemanisnya. 

Melihat sejumlah hal di atas, tentu bisa disimpulkan menyiapkan seserahan pernikahan perlu perencanaan yang matang serta budget yang tidak sedikit. Seserahan pernikahan termasuk bagian yang membutuhkan waktu, biaya dan tenaga dalam persiapan pernikahan. Jangan sampai salah langkah dalam perencanaannya atau Sahabat jadi menggunakan lebih banyak uang yang sudah dipersiapkan dalam budget. 

Untuk mempermudah Sahabat dalam mempersiapkan seserahan pernikahan, Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance. Fasilitas Kredit Multiguna ini akan memudahkan Sahabat untuk mendapatkan dana pinjaman.

Sahabat juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari fasilitas ini. Adira Finance menawarkan fasilitas pinjaman dana kredit multiguna dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, serta bisa memilih pilihan asuransi yang lengkap, dan keuntungan lainnya.

Di samping itu, Sahabat juga tak perlu khawatir karena fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi lebih aman dan terpercaya. Segera ajukan pinjaman dana untuk Sahabat sekarang dengan langsung klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN