Home / Berita Terbaru

6 Tips Pinjam Uang Online yang Aman Agar Terhindar dari Penipuan

6 Tips Pinjam Uang Online yang Aman Agar Terhindar dari Penipuan

29 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Layanan pinjam uang online tengah menjadi pilihan oleh sebagian orang untuk mendapatkan dana secara cepat. Tak heran jika semakin banyak pula perusahaan pembiayaan yang bermunculan dengan menjanjikan berbagai kemudahan kepada konsumennya. Namun sayangnya, dari sekian banyak perusahaan pembiayaan, tak sedikit pula yang justru ilegal. Akibatnya, banyak orang yang menjadi korban karena oknum yang tak bertanggung jawab.

Dari kasus tersebut, Sahabat harus semakin teliti saat menggunakan layanan pinjam uang online di aplikasi atau website tertentu. Meskipun di awal tampak mudah, namun layanan pinjam uang online yang ilegal justru bisa merugikan, apalagi jika Sahabat menghadapi kendala saat melakukan pembayaran angsuran. 

Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mengetahui tips aman saat menggunakan pinjam uang online melalui website atau aplikasi dari perusahaan pembiayaan. Tak hanya aman, sebaiknya layanan pinjam uang online tersebut pun menghadirkan proses pengajuan yang anti ribet alias mudah dan cepat cair. Pastinya Sahabat ingin mendapatkan pinjaman dana yang praktis, cepat, dan tidak merugikan, kan? Untuk itu, kita simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk! 

Apa Saja Tips Pinjam Uang Online yang Terpercaya 

Seperti yang telah disebutkan, aman saja tidak cukup untuk menjadi tolak ukur saat memilih layanan pinjam uang online. Sahabat juga perlu memerhatikan hal-hal lainnya, mulai dari syarat dan ketentuan yang jelas, transparansi pembayaran angsuran dan bunga, tenor pinjaman, dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas, berikut ini beberapa tips memilih layanan pinjam uang online yang terpercaya dan mudah, antara lain: 

  1. Pilih aplikasi pinjam uang online yang terdaftar di OJK

    Sebelum mengajukan pinjaman melalui layanan pinjam uang online, Sahabat perlu memastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar, memiliki izin, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK berperan sebagai lembaga pengawas resmi kegiatan finansial di seluruh Indonesia. 

    Dengan mengajukan pinjaman melalui layanan pinjam uang online, maka Sahabat akan terhindar dari penipuan dan jerat bunga yang tidak manusiawi akibat ulah perusahaan pembiayaan yang ilegal. Hal tersebut dikarenakan OJK akan mengawasi seluruh kegiatan operasional perusahaan pembiayaan yang resmi dan memberikan sanksi jika melanggar peraturan. Lantas, apa jenis aplikasi pinjam uang online yang sudah terdaftar dan diawasi OJK? Jawabannya adalah aplikasi Adiraku

    Adiraku adalah aplikasi pinjam uang online yang menyediakan berbagai layanan atau fitur pembiayaan dana untuk beragam kebutuhan, salah satunya adalah layanan pinjaman dana multiguna. Layanan ini memberikan kemudahan kepada Sahabat untuk mendapatkan pinjaman dana untuk kebutuhan produktif seperti modal usaha hingga kebutuhan konsumtif untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, pernikahan, sunatan, wisata, aqiqah, dan lain sebagainya. 

    Layanan pinjam uang online di aplikasi Adiraku memberikan banyak manfaat bagi konsumen, di antaranya log in cukup dengan nomor HP, bayar angsuran mudah, praktis, dan lebih menguntungkan, serta terdapat promo dan poin untuk konsumen. 

    Proses pengajuan pinjaman dana multiguna juga terbilang praktis karena menggunakan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil Sahabat miliki. Tak perlu khawatir karena sistem penyimpanan BPKB-nya pun aman, sehingga Sahabat masih bisa leluasa menggunakan kendaraan untuk mendukung mobilitas. 

  2. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan

    Tips kedua yang harus diperhatikan yaitu menentukan kebutuhan pinjaman yang akan digunakan. Sahabat harus pastikan terlebih dahulu pinjaman uang tersebut untuk apa? Apakah untuk modal usaha, biaya pendidikan, biaya pernikahan, kesehatan, wisata, atau untuk pembelian barang-barang tertentu? Dengan mengetahui kebutuhan, maka Sahabat juga akan mengajukan pinjaman uang sesuai dengan tujuan.

    Setelah menentukan kebutuhan, alangkah lebih baik lagi jika Sahabat mengajukan pinjam uang online sesuai dengan kemampuan. Menggunakan layanan pinjam uang online sesuai kemampuan dapat memudahkan Sahabat untuk membayar angsuran di kemudian hari. Sebaiknya hindari meminjam uang dalam jumlah yang sangat banyak, tetapi Sahabat tidak bisa mengembalikannya kembali. 

  3. Penuhi syarat dan ketentuan 

    Sahabat pasti ingin mengajukan pinjaman uang yang prosesnya cepat cair, kan? Proses ini memang dipengaruhi oleh syarat dan ketentuan sesuai masing-masing perusahaan pembiayaan. 

    Setiap perusahaan pembiayaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, sehingga Sahabat harus lebih cermat membaca syarat dan memenuhinya. Bila Sahabat sudah paham syarat dan ketentuan, serta mengajukan pinjaman sesuai syarat tersebut, maka akan mempercepat proses verifikasi dan pinjaman pun cepat cair. 

  4. Ketahui tenor pinjaman dan bunga yang harus dibayarkan

    Langkah selanjutnya yang tak kalah penting saat mengajukan pinjam uang online adalah mengetahui nominal angsuran, tenor pinjaman, dan besaran bunganya. Penting untuk memilih perusahaan pembiayaan yang menunjukkan transparansi perihal hal tersebut. Sebab, saat ini sudah banyak pula perusahaan pembiayaan ilegal yang awalnya menjanjikan kemudahan, tetapi nyatanya justru merugikan konsumen bunga yang sangat tinggi. 

    Biasanya perusahaan yang menyediakan layanan pinjam uang online terpercaya akan menjelaskan secara rinci mengenai nominal angsuran, bunga, dan tenor pinjamannya di awal saat pengajuan sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran angsuran di kemudian hari. 

  5. Tersedia beragam kemudahan 

    Selain aman, terpercaya, syarat mudah, dan transparansi, Sahabat juga perlu memilih aplikasi pinjam uang online yang menyediakan beragam kemudahan bagi konsumennya. Misalnya, aplikasi Adiraku memberikan kemudahan kepada konsumen karena cukup mengajukan pinjaman dana melalui HP. Apalagi log in-nya pun cukup menggunakan nomor HP Sahabat sendiri. 

    Selain layanan pinjam uang online yang cepat cair, aplikasi Adiraku juga memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor, baik itu motor baru atau bekas maupun mobil baru atau bekas melalui fitur Kredit Motor dan Kredit Mobil. 

    Tak sampai di situ lho, kemudahan lainnya yaitu terdapat fitur unggulan lain yaitu Pembiayaan Umrah sehingga berangkat Ibadah Umrah jadi lebih mudah, tanpa harus menunggu waktu yang lama untuk mengumpulkan dana tunai atau saldo tabungan. 

    Eits, Sahabat butuh HP baru, laptop, TV, lemari, kasur, atau barang elektronik dan furnitur lainnya? Tenang saja, di aplikasi Adiraku pun Sahabat bisa mengajukan pinjaman dengan proses yang cepat, mudah, dan aman lho. Bagaimana? Aplikasi Adiraku menyediakan layanan pinjam uang online yang mudah dan menguntungkan, bukan? 

    Kehadiran aplikasi Adiraku ini merupakan wujud kepedulian Adira Finance terhadap masyarakat agar bisa mengakses layanan pinjaman dana yang mudah dan cepat. Aplikasi ini juga sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap perkembangan dunia digital yang telah menyediakan beragam kemudahan kepada konsumen sejak 31 tahun yang lalu, dan komitmen ini akan terus dikembangkan demi para konsumen Adira. 

  6. Memiliki layanan konsumen

    Satu hal yang bisa jadi pertimbangan Sahabat sebelum mengajukan pinjaman uang yaitu kehadiran layanan konsumen dari perusahaan pembiayaan. Layanan ini sangat penting dan dibutuhkan bila Sahabat mengalami kendala atau bingung saat melakukan pengajuan dan pembayaran angsuran.

    Dengan hadirnya layanan konsumen, Sahabat bisa bertanya seputar layanan atau fitur yang dipilih sehingga tidak keliru dalam mengaksesnya. 

    Selain itu, layanan konsumen yang mudah diakses oleh konsumen pun menjadi salah satu tolak ukur bahwa perusahaan pembiayaan tersebut memang resmi dan diakui oleh OJK. Layanan konsumen ini umumnya berupa online chat, alamat email, layanan customer service melalui nomor tertentu, serta alamat kantor yang jelas. 

Itulah beberapa tips yang dapat memudahkan Sahabat saat memilih layanan pinjam uang online yang aman dan anti ribet. Sekarang tunggu apalagi? Yuk, saatnya Sahabat ajukan pinjaman uang yang mudah, cepat, aman di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN