Home / Berita Terbaru

7 Hal Ini Perlu Dipahami Sebelum Membeli Mobil Keluarga

7 Hal Ini Perlu Dipahami Sebelum Membeli Mobil Keluarga

08 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Memiliki mobil yang tepat untuk keluarga tentu akan memberikan kemudahan untuk aktivitas keluarga Sahabat. Meski begitu, ada banyak pertimbangan yang perlu Anda pahami sebelum akhirnya menentukan pilihan. 

Ada banyak jenis mobil keluarga. Mulai dari yang menawarkan mesin yang handal, irit bahan bakar hingga tempat duduk yang banyak meski ukuran mobil tidak terlalu besar. 

Jika saat ini Sahabat tengah berencana untuk membeli mobil keluarga, ada baiknya menyimak informasi ini dengan seksama agar dapat memilih mobil keluarga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

3 Jenis Mobil Keluarga

Berikut ini adalah beberapa jenis mobil keluarga yang perlu Sahabat ketahui sebelum menentukan pilihan:

  • MPV

    Multi Purpose Vehicle atau MPV adalah mobil multifungsi yang bisa digunakan untuk menampung penumpang atau angkutan barang. Bodinya mirip minibus sehingga cocok mengangkut penumpang dan jok belakangnya bisa dihilangkan sementara sehingga dapat memuat barang.

    Beberapa contoh MPV adalah Avanza, Xenia, Mobilio, Wuling Conferno, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander dan lain-lain.

  • Hatchback

    Jenis mobil keluarga ini adalah sedan tanpa buritan. Sedan biasanya punya bagian di belakang sebagai kompartemen terpisah yang digunakan sebagai bagasi. Nah bedanya jenis mobil hatchback bagasinya di bawah jok belakang mirip mobil MPV.

    Biasanya jenis mobil ini nyaman digunakan di dalam kota dengan medan mulus. Biasanya berkapasitas 4-5 orang penumpang.

    Adapun beberapa contoh mobil Hatchback seperti, Honda Jazz, Toyota Yaris, Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan lain-lain.

  • Station Wagon

    Untuk jenis mobil ini mirip dengan sedan. Namun mobil ini lebih panjang dan punya ruang kabin dan bagasi khusus yang lebih luas. Jenis mobil ini biasanya dirancang untuk perjalanan jauh dengan medan yang mulus. Sedangkan untuk kapasitas penumpang biasanya 4 hingga 5 orang.

    Beberapa contoh Station Wagon adalah Mazda 6 Estate, BMW 3 series, Mazda Vantrend dan lain-lain.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Keluarga

Setelah memiliki gambaran mengenai ragam jenis mobil keluarga yang bisa jadi pilihan Sahabat, beberapa hal di bawah ini juga perlu diperhatikan sebelum membeli mobil.

  1. Jumlah tempat duduk dan luas bagasi

    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah perhitungkan jumlah anggota keluarga dalam satu rumah. Penting untuk memilih mobil yang bisa menampung semua anggota keluarga. 

    Jika ada, jangan lupa hitung ART atau pengasuh yang biasanya membantu keluarga Sahabat. Umumnya masyarakat Indonesia banyak memilih mobil keluarga dengan 6 hingga 7 tempat duduk. Ada pula yang memilih 4 hingga 5 kursi jika hanya memiliki satu atau dua. 

    Jangan lupa melihat keleluasaan bagasi atau kabin mobil. Hal ini demi kenyamanan seluruh penumpang selama perjalanan supaya barang-barang yang dibawa bisa ditempatkan pada area yang terpisah dan tidak mengganggu.

  2. Fitur Keselamatan

    Mobil keluarga sangat perlu dipertimbangkan aspek keamanannya. Airbag adalah fitur yang wajib ada dalam mobil keluarga pilihan Sahabat. Pastikan juga setiap tempat duduk memiliki seat belt untuk keamanan tiap penumpang.

    Selain itu mobil masa kini banyak juga yang dibekali teknologi. Sahabat bisa mempertimbangkan beberapa fitur keamanan seperti ABS (anti-lock braking system), EDB (electronic brake distribution), dan BA (Brake Assist) yang mengoptimalkan sektor pengereman. Tidak lupa dengan teknologi alarm juga diperlukan untuk menghindarkan resiko pencurian.

    Semua fitur ini bisa Sahabat dapatkan dalam satu mobil. Atau juga beberapa fitur saja yang didapatkan dalam satu jenis mobil yang lain. Sesuaikan fitur keselamatan dalam mobil keluarga yang Sahabat pilih dengan potensi risikonya masing-masing. 

  3. Kapasitas Mesin

    Kapasitas mesin jadi hal yang perlu diperhatikan juga ya Sahabat. Biasanya nilai kapasitas mesin dinyatakan dalam satuan cc. Misalnya 1000 cc, 1500 cc atau 2000 cc. Nah, angka-angka ini lah yang menentukan seberapa bagus performa suatu kendaraan. 

    Mudahnya seperti ini; jika mobil keluarga nantinya akan memuat banyak orang, melalui jalur yang panjang juga berat, maka pilih jenis mobil keluarga dengan kapasitas mesin yang besar misalnya 1500 cc atau lebih. 

    Namun, jika penggunaan mobil keluarga hanya untuk transportasi di dalam kota dan ringan-ringan saja maka kapasitas mesin mobil keluarga di bawah 1500 cc tentu sudah cukup.

  4. Sistem transmisi

    Pada umumnya, sistem transmisi mobil ada yang manual atau matik. Masing-masing jenis sistem ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

    Matik biasanya cenderung mudah digunakan tapi biaya perawatan umumnya mahal. Sedangkan transmisi manual biasanya terkesan konvensional tapi perawatannya lebih murah.

    Nah, dari sini Sahabat bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Jika nanti supir keluarga adalah seorang pemula, mungkin transmisi matik bisa dipilih. Tapi jika nanti kebutuhan keluarga butuh berkendara jarak jauh, melalui medan yang berat dan lain-lain, mobil manual bisa jadi pilihan.

  5. Konsumsi Bahan Bakar

    Tingkat kebutuhan konsumsi bahan bakar sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Biasanya banyak orang yang menganggap mobil dengan cc tinggi artinya akan boros bahan bakar. Padahal ini bukan satu-satunya faktor penentu.

    Boros bahan bakar bisa disebabkan karena mesin bekerja terlalu keras, ban kurang angin sehingga perputarannya terhambat, atau muatan mobil melebihi kapasitas maksimalnya. Nah, pengeluaran keluarga bisa membengkak jika Sahabat salah memilih jenis mobil keluarga yang ternyata boros bahan bakar. Perhatikan dengan seksama jenis pilihan dan kondisi saat pemakaiannya ya.

  6. Perhatikan nilai jualnya

    Mobil keluarga yang dirawat dengan baik maka usia pemakaiannya pun bisa jadi lebih panjang dari perkiraan. Jangan sampai mobil keluarga dipakai dan dirawat hanya ketika bermasalah. Kemampuan optimalnya lama kelamaan akan menurun dan hal ini bisa beriringan dengan nilai jualnya.

    Penting untuk Sahabat menganggap mobil keluarga sebagai aset investasi. Dengan begitu, faktor perawatan diperlukan agar dapat dijual dengan harga yang terjaga saat nanti akan mengganti mobil keluarga baru atau di kondisi-kondisi tertentu.

  7. Sesuaikan Budget

    Jika sudah memenuhi banyak hal di atas, pada akhirnya tentu dana juga akan menentukan. Maka dari itu sangat penting untuk benar-benar memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. 

    Jangan lupa rencanakan juga untuk kondisi jangka panjangnya; untuk biaya perawatan seperti perawatan rutin, ganti oli, atau penggantian suku cadang yang harus diperkirakan.

    Mahal atau tidaknya suatu mobil keluarga tetap tergantung dengan kondisi finansial Sahabat. Maka rencanakan dana dengan baik supaya kebutuhan mobil keluarga ini bisa terealisasi dengan baik.

Untuk memudahkan Sahabat dalam membeli mobil keluarga yang tepat dan sesuai kebutuhan, fasilitas Kredit Mobil dari Adira Finance hadir sebagai solusi. Melalui fasilitas ini, Sahabat bisa mendapatkan pembiayaan untuk membeli mobil impian. Selain itu, Sahabat bisa mengajukan pinjaman dananya melalui aplikasi Adiraku. 

Adiraku merupakan sebuah aplikasi mobile yang dapat diakses menggunakan mobile platform Android maupun iOS yang memberikan kemudahan Layanan Adira Finance kepada Konsumen secara digital.

Aplikasi Adiraku menghadirkan berbagai layanan yang menguntungkan, di antaranya layanan kredit mobil baru atau bekas, kredit motor baru atau bekas, kredit elektronik dan furnitur, serta pembiayaan syariah Umrah. 

Sahabat cukup mengirimkan pengajuan dengan menggunakan handphone. Praktis, kan? Yuk, langsung install aplikasi Adiraku di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN