Home / Berita Terbaru

7 Peluang Bisnis Syariah yang Menguntungkan

7 Peluang Bisnis Syariah yang Menguntungkan

03 Januari 2022 | Penulis : Adira Finance

Bisnis syariah tampaknya sedang menjadi primadona yang saat ini sedang dilirik oleh sebagian besar orang, terutama bagi muslim entrepreneur yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara yang lebih berkah. Bagi Sahabat yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis syariah, tak ada salahnya untuk mencoba. 

Namun sebelum itu, bisnis syariah sebenarnya memiliki beberapa etika yang sebaiknya dilaksanakan sesuai dengan syariat agama Islam, mulai dari sistem keuntungan, pembayaran, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mengembangkan bisnis syariah dengan untung yang menjanjikan.

Nah, Sahabat tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai peluang bisnis syariah, termasuk etika dan cara mendapatkan modalnya dengan tepat. Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Saja Peluang Bisnis Syariah yang Menjanjikan?

Berikut ini beberapa peluang bisnis syariah yang bisa Sahabat kembangkan, antara lain: 

  • Salon muslimah

    Banyak muslimah yang terkadang enggan untuk melakukan perawatan atau sekadar potong rambut di salon karena terlalu bebas dimasuki oleh laki-laki atau orang yang bukan mahramnya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Sahabat bisa lho mengembangkan bisnis syariah dengan membuka salon khusus muslimah. 

    Salon dengan konsep ini umumnya tak mengizinkan lawan jenis untuk masuk, serta seluruh pegawai dan pelanggan pun harus wanita muslim. Untuk pelayanannya, Sahabat bisa menyediakan berbagai jenis perawatan dari ujung rambut sampai ujung kaki. 

    Dengan adanya salon khusus muslimah, pasti para wanita muslim pasti akan lebih nyaman dan tenang saat melakukan perawatan di luar rumah. Oleh karena itu, bisnis syariah salon muslimah ini bisa jadi peluang yang menguntungkan lho, Sahabat.

  • Bisnis properti syariah

    Bisnis properti syariah merupakan kegiatan jual beli atau sewa menyewa produk properti yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Oleh karena itu, pengembang yang menggeluti bisnis syariah ini harus selalu berpedoman pada aturan yang berlaku dalam Islam, sehingga segala aktivitasnya dijalankan tanpa melanggar syariat. 

    Dalam hal ini, pelaksanaan bisnis properti syariah adalah kegiatan jual beli atau sewa menyewa produk properti yang berpegang pada prinsip-prinsip syariah. Biasanya keutamaan pengembang atau developer bisnis syariah ini akan berbeda dengan pengembang konvensional karena tidak mengenakan biaya bunga, denda, dan penalti kepada konsumen, sebagai gantinya ada kesepakatan tertentu yang telah disetujui kedua belah pihak di awal kerjasama bisnis syariah ini.

    Bisnis syariah berupa properti memiliki potensi yang cukup besar, mengingat di Indonesia mayoritas muslim yang mulai terjun ke dalam bisnis syariah dengan untung yang menjanjikan, namun tetap sesuai syariat. 

  • Skincare dan kosmetik halal

    Saat ini bisnis syariah juga melebar ke dalam kategori skincare dan kosmetik halal. Hal ini tentu tak lepas dari peran mayoritas muslim di Indonesia yang mulai beralih memilih produk-produk halal agar lebih aman. 

    Di Indonesia, sudah mulai banyak produk skincare dan kosmetik halal yang diperjualbelikan. Bahkan, produk ini tak hanya berfokus pada perawatan kaum hawa saja, tetapi juga lelaki sudah mulai melirik produk ini.

    Nah, jika Sahabat memang berniat terjun ke dalam dunia skincare dan kosmetik halal, tak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis syariah ini karena peluangnya cukup besar.

  • Baju dan hijab syar’i

    Sama seperti produk skincare dan kosmetik halal, saat ini juga baju dan hijab syar’i semakin menarik hati sebagian besar muslimah di Indonesia. Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak perempuan yang mulai menggunakan hijab sehingga tak sedikit pula online shop yang memperjualbelikan produk ini untuk menjawab kebutuhan para muslimah untuk dapat beraktivitas dengan nyaman. 

    Melihat peluang yang cukup besar ini, Sahabat juga bisa mulai mengembangkan bisnis syariah dengan menjual baju dan hijab syar’i secara online yang dipasarkan melalui media sosial maupun marketplace. Sebelum mengembangkan bisnis syariah ini, Sahabat perlu menyusun strategi bisnis yang jelas agar bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

  • Wisata religi

    Satu lagi jenis bisnis syariah yang memiliki daya tarik tersendiri, yaitu jasa wisata religi. Peluang ini bisa sangat menguntungkan karena semakin banyak muslim di Indonesia yang ingin melakukan perjalanan religi di dalam negeri maupun luar negeri. Ada beberapa destinasi wisata religi yang biasanya jadi pilihan orang, seperti Turki, Yerusalem, Mesir, Maroko, Dubai, dan lain sebagainya. 

    Memang tidak mudah memulai bisnis syariah ini, ada beberapa persyaratan yang sebaiknya dilakukan oleh Sahabat, salah satunya adalah perizinan jasa travel wisata. Pastikan semua rencana bisnisnya dijalankan secara matang agar bisa menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen saat mencari destinasi wisata religi nasional hingga internasional. 

  • Travel haji dan umrah

    Sebagian besar umat muslim tentu memiliki impian untuk berangkat haji dan umrah. Nah, kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis syariah yang bisa Sahabat kembangkan. Namun, perlu diingat agar bisnis syariah travel haji dan umrah yang Sahabat jalankan sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama RI. 

    Itulah sebabnya, banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang untuk membangun bisnis syariah travel haji dan umrah. Selain mengurus perizinan, Sahabat juga harus mengembangkan travel haji dan umrah yang sesuai dengan hukum syariah.

  • Oleh-oleh haji dan umrah

    Meskipun Sahabat tidak berniat membuka travel haji dan umrah, tidak ada salahnya jika Sahabat hanya ingin membuka toko oleh-oleh haji untuk memenuhi kebutuhan para jemaah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, orang-orang yang berangkat haji dan umrah biasanya identik dengan memberikan oleh-oleh kepada keluarga dan kerabat. 

    Ada beragam jenis oleh-oleh haji dan umrah yang biasanya jadi pilihan, di antaranya air zam-zam, sajadah, tasbih, kurma, kismis, kacang Arab, gantungan kunci, coklat, dan souvenir lainnya. Jika Sahabat menyediakan berbagai jenis oleh-oleh haji dan umrah ini, pastinya banyak pula jemaah yang tertarik untuk membelinya.

    Pasalnya, para jemaah tidak mungkin membawa semua oleh-oleh dari Arab Saudi secara langsung karena cukup merepotkan. Nah, solusinya pasti mereka membeli oleh-oleh di Indonesia karena lebih mudah dan murah. Melihat peluang ini, Sahabat bisa mengembangkan bisnis syariah berupa oleh-oleh haji dan umrah yang dipasarkan secara online maupun offline lho. 

Bagaimana, Sahabat? Ada banyak bisnis syariah yang bisa jadi pilihan, bukan? Apapun jenis bisnis yang akan dijalankan, pastikan dulu untuk menyediakan modal bisnis yang memadai. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa modal tersebut memudahkan Sahabat untuk mengembangkan bisnis supaya dikenal oleh banyak orang. Jika Sahabat membutuhkan modal bisnis syariah yang mencukupi, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena ada layanan Pembiayaan AMANAH (Adira Multi Dana Syariah).

Pembiayan AMANAH merupakan salah satu produk syariah dari Adira Finance yang menyediakan pembiayaan dana untuk berbagai kebutuhan konsumtif maupun produktif. Kebutuhan konsumtif berupa dana wisata, pendidikan, renovasi rumah, kesehatan, perayaan, pernikahan, aqiqah, dan lain sebagainya. Sedangkan, kebutuhan produktif berupa modal bisnis syariah seperti yang dijelaskan di atas. 

Dengan Pembiayaan AMANAH, Sahabat dapat mengajukan pembiayaan dengan jaminan BPKB motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, jaringan pembayaran luas, dan tentunya sesuai syariat karena berlandaskan akad Al-Bai’ wa Al-Isti’jar. Menarik, kan? Jadi tunggu apa lagi? Yuk, langsung ajukan pembiayaan AMANAH di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN