Home / Berita Terbaru

8 Cara Jitu untuk Merawat Touchscreen HP

8 Cara Jitu untuk Merawat Touchscreen HP

20 Januari 2023 | Penulis : Adira Finance

Touchscreen HP adalah komponen utama dalam menggunakan smartphone. Karena hampir semua HP keluaran terbaru menggunakan layar sentuh atau touchscreen.

Jika sampai touchscreen HP bermasalah atau bahkan rusak, tentu akan mengganggu aktivitas Sahabat dalam menggunakan smartphone. Bisa-bisa seluruh jadwal Sahabat bisa terganggu karena smartphone tidak bisa digunakan. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka diperlukan cara perawatan yang tepat dalam menjaga kualitas dan fungsi touchscreen HP. Cara perawatannya pun tidak sembarangan ya Sahabat. Salah langkah justru bisa merusak dan mengganggu kualitas touchscreen HP.

Sebelum memahami cara-cara merawat touchscreen HP, ada baiknya Sahabat memahami apa itu touchscreen dan kelebihannya.

Apa itu touchscreen HP?

Dilihat dari pengertian atau definisinya, touchscreen adalah bahasa Inggris yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah layar sentuh.

Touchscreen ini bekerja dengan sentuhan menggunakan jari tangan atau pena digital pada tampilan layar smartphone. Semua HP modern saat ini sudah menggunakan teknologi touchscreen. Alasannya karena touchscreen lebih praktis dan efisien dalam penggunaannya.

Di dalam layar touchscreen HP, mampu memuat banyak informasi serta pilihan kegiatan yang bisa Sahabat lakukan di dalam smartphone. Sahabat bisa menyentuhnya saja, tanpa perlu menggunakan alat bantu seperti keypad.

Seiring pemakaian smartphone, touchscreen HP yang tidak dirawat dengan baik lama-lama bisa tidak responsif bahkan rusak. Hal ini bisa dikarenakan touchscreen HP sudah terlalu kotor atau faktor lainnya.

Namun hal ini tentu bisa dihindari dengan perawatan menggunakan cara yang tepat serta dilakukan berkala. Sehingga touchscreen HP bisa terjaga kualitas dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat Touchscreen HP

Berikut adalah sejumlah cara yang tepat dan bisa Sahabat coba lakukan di rumah untuk merawat touchscreen HP, yaitu:

  1. Menggunakan lapisan pelindung

    Lapisan pelindung atau screen protector atau anti gores adalah hal yang penting untuk melindungi smartphone dari goresan hingga benturan. Meski tidak menginginkan hal tersebut terjadi, namun saat benturan terjadi minimal yang tergores adalah lapisan pelindung dan bukan layar touchscreen HP.

  2. Membersihkan touchscreen HP 

    Meski sudah menggunakan lapisan pelindung, ada baiknya tetap membersihkan layar touchscreen HP secara rutin. Gunakan kain halus atau lap yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

    Sahabat juga bisa menggunakan cairan khusus untuk layar LCD, hand sanitizer dan sebagainya. Jangan lupa untuk menjaga kualitas touchscreen HP, lap layar smartphone dengan perlahan ya.

  3. Menggunakan softcase atau hardcase

    Jika lapisan pelindung anti gores melindungi layar touchscreen HP, softcase atau hardcase melindungi tubuh ponsel. Bahkan banyak juga jenis softcase maupun hardcase yang menutup hingga bagian layar.

  4. Tidak menggunakan kuku

    Saat menggunakan smartphone, usahakan untuk tidak menggunakan kuku saat menyentuh layar touchscreen HP. Karena kuku bisa mengakibatkan goresan yang bisa berujung layar menjadi cepat rusak.

    Perlu juga sahabat ketahui; dalam layar touchscreen HP ada lapisan pembungkus yang dibuat dari bahan indium tin oxide dan memiliki arus listrik menuju sensor. Sehingga layar smartphone hanya merespon sentuhan jari, bukan kuku atau benda lain.

  5. Tidak menekan touchscreen HP dengan kuat

    Touchscreen HP dibuat dengan untuk memiliki sifat sensitif dan responsif. Sehingga tidak perlu menekan touchscreen HP begitu kuat saat menggunakan atau saat membersihkannya. 

    Jika ditekan terlalu kuat tentu berbahaya bagi panel touchscreen HP yang bisa berujung pada kerusakan.

  6. Jauhkan smartphone dari benda yang mengandung magnet

    Saran ini sebenarnya sudah banyak diberi tahu oleh produsen smartphone namun seringkali lupa dilakukan oleh penggunanya.

    Jangan menyimpan smartphone di dekat benda yang mengandung magnet seperti televisi, komputer, radio atau barang elektronik lainnya. Sebab, magnet bisa merusak komponen logam pada smartphone, khususnya bagian touchscreen HP.

    Jika sering berada di dekat benda yang mengandung magnet, touchscreen HP lama-lama kualitasnya akan memburuk bahkan muncul garis atau titik-titik pada touchscreen.

  7. Tidak menyimpan smartphone sembarangan

    Kerusakan touchscreen HP bisa terjadi jika Sahabat menyimpannya di sembarangan tempat. Seperti kantong celana atau masuk ke dalam tas tanpa memperhatikan barang lain di dalamnya. Sehingga touchscreen HP bisa tergores atau bahkan tertindih benda lain.

  8. Menghindari touchscreen dari paparan sinar matahari

    Paparan sinar matahari terik bisa membuat panel dalam touchscreen HP mudah terkelupas dan lunak. Jadi, Sahabat jangan biarkan HP terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama ya.

Nah, itulah sejumlah cara merawat touchscreen HP yang tepat dan aman. Silahkan mulai dilakukan untuk mencegah kerusakan dan menjaga kualitas pemakaian smartphone.

Namun, bagi Sahabat yang saat ini smartphone-nya sudah rusak karena touchscreen sudah tidak berfungsi atau rusak, Sahabat tak perlu khawatir lagi karena dapat memanfaatkan fasilitas pembiayaan Kredit Elektronik dari Adira Finance.

Kredit Elektronik merupakan jasa pembiayaan produk-produk elektronik seperti smartphone, televisi, kulkas, komputer, mesin cuci, serta furnitur seperti lemari, spring bed, alat olahraga, dan berbagai produk elektronik lainnya yang diperlukan konsumen dengan jaringan pembayaran angsuran yang luas, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang/perwakilan, merchant/toko, contact center, dan media digital.

Adira Finance menawarkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki alat fitness rumah, produk elektronik, serta furnitur secara kredit dengan proses cepat, mudah, dan aman. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cukup mudah bukan untuk mengajukan Kredit Elektronik dengan fasilitas dari Adira Finance? Yuk, langsung ajukan kreditnya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN